Image default
Kesehatan

Mengenal Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jadi Penyebab Ria Irawan Meninggal

Dunia hiburan kembali berduka, artis peran sekaligus penyanyi Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1/2020). Suami Ria Irawan, Mayky Wongkar menyebut, istrinya mengembuskan napas terakhir pada pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Mayky Wongkar mengatakan, sebelum meninggal dunia istrinya mengalami kondisi kritis.

"Iya barusan (Ria Irawan meninggal), pas azan subuh, memang kondisinya sudah kritis," kata Mayky Wongkar dikutip dari , Senin (6/1/2020). Diketahui, Ria Irawan telah menjalani perawatan di rumah sakit lantaran menderita kanker kelenjar getah bening sejak Agustus 2019. Kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Unggahan terakhir Ria Irawan sebelum meninggal dunia Senin pagi 6 Januari 2019. Berpose Dikutip dari , gejala kanker kelenjar getah bening yakni munculnya pembengkakan seukuran kacang polong atau anggur di area tertentu. Pembengkakan tersebut bertekstur halus, tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap.

Munculnya pembengkakan akan disertai disertai gejala gejala lain berupa demam tinggi, sakit perut, batuk, dan keringat dingin saat malam hari. Apabila mengalami pembengakakan serta gejala gejala di atas lebih dari tiga minggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Ciri ciri kanker kelenjar getah bening dibedakan menjadi dua jenis, yakni limfoma Hodgkin dan limfoma non Hodgkin.

Kedua jenis tersebut mempunyai ciri ciri yang sedikit berbeda. Ciri ciri kanker kelenjar betah bening non Hodgkin di antaranya, penderitanya akan mengalami pembengakak kelenjar getah bening pada area leher, ketiak atau selangkangan. Pada bagian perut akan merasa sakit atau sudah merasa kenyang meskipun hanya makan dengan porsi sedikit, dan berat badan akan menurun drastis.

Selain itu penderita juga akan mengalami nyeri/tertekan di bagian dada dan sesak napas. Sedangkan pada penderita kanker kelenjar getah bening Hodgkin umumnya tidak akan merasakan ciri cirinya. Ciri cirinya yang paling menonjol yakni, penderita akan merasakan sakit pada kelenjar getah benih setelah meminum minuman yang mengandung alkohol. Sementara itu, kelenjar getah bening umumnya menyatu di berbagai daerah di bagian tubuh di antaranya di belakang telinga, leher, pangkal paha, dagu, dan ketiak.

Kelenjar getah bening bertanggung jawab untuk menyaring darah dan melakukan fungsi imunologis. Kelenjar getah bening tidak dapat dilihat dan dirasakan kecuali ketika mengalami pembengkakan.

Berita Terkait

Kripik Kentang Hingga Minuman Soda 11 Daftra Makanan yang Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

TCSC-IAKMI akan Dukung Pelarangan Secara Iotal Penggunaan Rokok Elektronik

Maya Rosfi'ah

Deretan Kebiasaan Sehari Hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Tubuh, Termasuk Pakai Sandal Jepit

Maya Rosfi'ah

Manfaat Luar Biasa Ubi Ungu bagi Kesehatan: Lancarkan Pencernaan hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Maya Rosfi'ah

Ibu dengan Banyak Anak Kata Peneliti Cenderung Awet Muda, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

5 Inovasi Produk Makanan Terbaik buat Membantu Menanggulangi Stunting & Anemia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment