Image default
Bisnis

Menhub dan Menko Luhut Tinjau Stasiun KA Pelabuhan Kuala Tanjung

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Stasiun Kereta Api (KA) Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2019). Hingga kini progres pembangunan Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung sudah mencapai 97.30 persen. "Stasiun ini langsung terhubung dengan Pelabuhan. Jalurnya dari Sei Mangkei Pelabuhan Kuala Tanjung. Dari Belawan juga bisa, tapi dari Sei Mangkei yang utama," kata Menhub Budi Karya usai mengunjungi stasiun KA Pelabuhan Kuala Tanjung.

Menurut Budi, dengan adanya Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung distribusi logistik akan lebih dekat. Sehingga harga bisa lebih murah dan terjangkau. "Rute biasanya ke Belawan itu kan jauh kalau ke sini (Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung lebih dekat dan lebih murah karena kapalnya besar besar di sini," ucap Menhub. Saat ini angkutan barang dari KEK Sei Mangkei harus melewati Pelabuhan Belawan sejauh 140 km dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

Dengan adanya jalur kereta api Bandar Tinggi Kuala Tanjung, maka angkutan barang tidak akan melewati Pelabuhan Belawan tetapi melewati Pelabuhan Kuala Tanjung dengan jarak tempuh menjadi 40 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Dengan panjang lintasan 21,5 km, proyek ini akan mendukung konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei menuju Pelabuhan Kuala Tanjung dan sebaliknya, sesuai dengan program pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya kawasan terpadu industri, pelabuhan, dan kereta api. Langkah itu dilakukan untuk terciptanya pelayanan jasa terpadu yang membuat semua layanan menjadi cepat dan biaya menjadi lebih murah dan efisien.

Keberadaan angkutan KA ini juga diharapkan dapat meningkatkan potensi perekonomian yang ada di sekitar wilayah tersebut. Selain itu,dalam pengerjaan jalur di Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung terdapat juga program padat karya dan melibatkan 100 pekerja dari wilayah sekitar.

Berita Terkait

Laba Emiten Properti PT Urban Jakarta Propertindo Tbk Melesat 466 Persen Kinerja Kinclong

Maya Rosfi'ah

Harga Minyak Langsung Jatuh ke Level Terendah Pasca Donald Trump Naikkan Tarif Meksiko

Maya Rosfi'ah

BNI Sekuritas Gandeng Global Wakaf Hadirkan Layanan Wakaf Saham

Maya Rosfi'ah

Benarkah Pembatasan Pembelian Gas LPG 3 Kg Bakal Rugikan UMKM

Maya Rosfi'ah

Menko Luhut Tegaskan Belum Ada Kerja Sama Antara Ping An Insurance dengan BPJS Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Contek Cara Banananina Beriklan Hemat di Medsos Kian berhasil di Tahun ke-10

Maya Rosfi'ah

Zilingo Ikuti Pameran Tekstil Terbesar di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Penjelasan Bea Cukai atas Temuan Spare Part Ilegal Harley Davidson di Pesawat Garuda

Maya Rosfi'ah

5 Triliun dari BPJS Kesehatan Menkeu Ancam Tarik Suntikan Dana Rp 13 Jika Iuran Batal Naik

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment