Image default
Nasional

Menkes Terawan Ingatkan agar Waspadai Penyakit Pasca Banjir

— Banjir yang merendam sebagian wilayah di kawasan Jabodetabek akibat hujan lebat sejak awal tahun 2020 kini mulai surut. Walaupun air mulai surut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan masyarakat harus tetap waspada penyakit pasca banjir. Terawan menyebutkan penyakit pasca banjir biasanya terkait lingkungan yang kotor seperti leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus yang terdapat pada air banjir.

“Kemarin (saat peninjauan korban banjir) kita lihat banyak bangkai tikus, waduh berarti air bersih yang harus segera di sediakan karena sumur kan pada tenggelam,” kata Terawan saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020). Penyakit karena kencing tikus ini bisa mengakibatkan masalah pernafasan seperti batuk, masalah pencernaan, nyeri otot, iritasi, hingga sakit kepala. Menkes Terawan pun mengimbau agar saat membersihkan bekas banjir masyarakat tetap memproteksi diri dengan rajin mencuci tangan dengan air bersih dan memakai alas kaki.

“Kita ajarkan tentang cuci tangan pakai alas kaki, supaya kalau ada yang lecet tidak masuk dari situ (kencing tikusnya) karena dia bisa masuk dari pori pori, mata konjungtiva (selaput lendir) dan sebagainya,” tutur Terawan. Selain akibat kencing tikus, Menkes Terawan juga mengingatkan tentanh ancaman penyakit diare yang juga bisa dicegah dengan memperhatikan kebersihan diri dan makanan. “Hipotermia (kedinginan) sudah lewat,sekarang ancaman soal diare dan soal leptospirosis dan itu terus kita akan gaungkan. Cara cara mencegah terjadinya penyakit yang ada di itu ya,” pungkas Menkes Terawan.

Berita Terkait

Masa Jabatan Presiden wajib Dibatasi Agar Tidak Memunculkan Otoritarian & Fasisme Perludem

Maya Rosfi'ah

Survei IPO Prediksi Prabowo Kalah Jika Ikut Pilpres 2024

Maya Rosfi'ah

Jaksa Agung Tidak Tahu Status Kewarganegaraan Djoko Tjandra

Maya Rosfi'ah

Materi SD Kelas 1-3 Belajar dari Rumah TVRI Jawaban Soal pada Hari Apa Rania akan Kembali menuju Rumah

Maya Rosfi'ah

Mulai Pukul 08.00 WIB buat PAUD Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Rabu 10 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Terus Lakukan Negosiasi Arab Saudi Stop Sementara Jemaah Umrah Jubir Wapres

Maya Rosfi'ah

Bandung & Surabaya Hujan Petir Prakiraan Cuaca Jabodetabek & 33 Kota Besok Kamis 23 Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Kemenkeu Siap Bagi-bagi Pulsa buat PNS Sebesar Rp 200 Ribu Per Bulan Kabar Gembira Lagi buat PNS

Maya Rosfi'ah

Jokowi Disarankan Beri Porsi Kewenangan Lebih Besar menuju Ma’ruf Amin Tangani Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment