Image default
Nasional

Menkes Terawan Ingatkan agar Waspadai Penyakit Pasca Banjir

— Banjir yang merendam sebagian wilayah di kawasan Jabodetabek akibat hujan lebat sejak awal tahun 2020 kini mulai surut. Walaupun air mulai surut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan masyarakat harus tetap waspada penyakit pasca banjir. Terawan menyebutkan penyakit pasca banjir biasanya terkait lingkungan yang kotor seperti leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus yang terdapat pada air banjir.

“Kemarin (saat peninjauan korban banjir) kita lihat banyak bangkai tikus, waduh berarti air bersih yang harus segera di sediakan karena sumur kan pada tenggelam,” kata Terawan saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020). Penyakit karena kencing tikus ini bisa mengakibatkan masalah pernafasan seperti batuk, masalah pencernaan, nyeri otot, iritasi, hingga sakit kepala. Menkes Terawan pun mengimbau agar saat membersihkan bekas banjir masyarakat tetap memproteksi diri dengan rajin mencuci tangan dengan air bersih dan memakai alas kaki.

“Kita ajarkan tentang cuci tangan pakai alas kaki, supaya kalau ada yang lecet tidak masuk dari situ (kencing tikusnya) karena dia bisa masuk dari pori pori, mata konjungtiva (selaput lendir) dan sebagainya,” tutur Terawan. Selain akibat kencing tikus, Menkes Terawan juga mengingatkan tentanh ancaman penyakit diare yang juga bisa dicegah dengan memperhatikan kebersihan diri dan makanan. “Hipotermia (kedinginan) sudah lewat,sekarang ancaman soal diare dan soal leptospirosis dan itu terus kita akan gaungkan. Cara cara mencegah terjadinya penyakit yang ada di itu ya,” pungkas Menkes Terawan.

Berita Terkait

Kendari Berawan Sepanjang Hari Jumat 29 November 2019 Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Penangkapan Djoko Tjandra Bisa Tepis Keraguan Publik Atas Penegakan Hukum

Maya Rosfi'ah

Semuanya Lolos Seleksi Internal 7 Perwira Polri Ikut Seleksi Deputi Penindakan KPK

Maya Rosfi'ah

Divonis 8 Tahun Penjara, Karen Agustiawan Banding

Maya Rosfi'ah

Berikut Persyaratannya Cara Dapat Bantuan Rp 600 Ribu buat Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Maya Rosfi'ah

Jawaban Soal Bagaimana Proses Terjadinya Pencernaan Makanan dalam Sistem Alat Pencernaan Kita

Maya Rosfi'ah

Ini kisah Tenaga Medis Covid-19 yang Rindu Rayakan Lebaran dengan Keluarga 3 Bulan Tak Pulang

Maya Rosfi'ah

Pembatalan Tiket Bisa Dilakukan Online PT KAI Kurangi Perjalanan Kereta di Tengah Corona

Maya Rosfi'ah

Sido Muncul Sumbang 4 Ribu Botol Kapsul JSH menuju RSPAD Gatot Soebroto

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment