Image default
Techno

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir meminta kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk menyosialisasikan produk yang memancarkan radiasi tinggi. Hal itu guna menghindari potensi penyakit yang dihasilkan oleh pancaran radiasi. "BAPETEN mempunyai tugas mensosialisasikan kepada rakyat Indonesia produk produk apa saja yang ada radiasinya," katanya saat membuka acara Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan 'Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir', di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Menurutnya, selama ini mayoritas masyarakat tak peduli terhadap barang atau produk yang menghasilkan radiasi. Ia juga melihat peran edukasi yang kurang dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya pancaran radiasi terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu, selain melakukan sosialisasi, Menteri Nasir meminta BAPETEN untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya pancara radiasi.

"Banyak alat yang digunakan yang mengandung radiasi, tapi tidak tahu betapa pentingnya, selalu tidak pernah diedukasi masyarakat itu," ujarnya. "Kalau kita sudah tahu semua dipublish kepada masyarakat sehingga masyarakat akan memahami 'oh ini adalah barang yang mengandung radiasi'," pungkasnya. Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) bekerja sama dengan Kepolisian Republik lndonesia (POLRI) dalam rangka penegakan hukum ketenaganukliran.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut dilakukan oleh Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono dengan Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran. Acara digelar sebelum pembukaan Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan ”Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir”, di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Berita Terkait

Redmi Note 8 hingga Redmi Note 8 Pro Harga Terbaru HP Xiaomi Bulan Oktober 2019

Maya Rosfi'ah

Alfamart & Booth Ovo ATM Cara Top Up atau Mengisi Saldo Ovo Cash Melalui Driver Grab

Maya Rosfi'ah

Shopee Donasi 1 Miliar menuju PMI Bantu Tanggulangi Penyebaran COVID-19

Maya Rosfi'ah

Apple Bolehkan Karyawan Bekerja di Rumah demi Hindari Virus Corona Asyik

Maya Rosfi'ah

Samsung Galaxy A70 Resmi Tersedia di Gerai Ponsel Mulai 10 Mei, Harga Rp 5,8 Juta

Maya Rosfi'ah

Spek Mirip S10, Galaxy A90 5G Masuk Golongan Flagship

Maya Rosfi'ah

Mulai Vivo Y91C Rp 1 9 Jutaan 5 jutaan hingga V17 Pro Rp 4 Update Daftar Harga HP Vivo Maret 2020

Maya Rosfi'ah

Simak Spesifikasi Asus Rog Phone II Ponsel Para Gamers Harga HP Desember 2019 Terbaru & Lengkap

Maya Rosfi'ah

Berikut Tempat Pre-ordernya Harga & Spesifikasi Oppo Find X2 & Oppo Find X2 Pro di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment