Image default
Bisnis

Mentan SYL Tantang Eksportir Genjot Ekspor Produk Pertanian hingga 3 Kali Lipat

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) baru saja melakukan pelepasan ekspor komoditas pertanian, berupa pakan ternak (pellet) di Dermaga 1 PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari Flour Mills, Jakarta Utara, Rabu (27/11/2019). Pellet yang akan dijadikan produk olahan gandum ini dikirimkan ke Filipina dalam jumlah 7.700 ton dan nilainya mencapai Rp 132 miliar. Ekspor komoditas satu ini dilakukan dalam upaya meningkatkan volume ekspor demi mendorong pertumbuhan ekonomi makro.

SYL menegaskan bahwa komoditas pertanian Indonesia sangat potensial untuk diekspor. Oleh karena itu ia mendorong agar ekspor produk pertanian terus digenjot untuk meningkatkan perekonomian bangsa. "Hari ini kita buktikan Indonesia sebagai negara besar, memiliki potensi pangan yang menjanjikan. Sehingga besok kehidupan kita harus lebih baik dari apa yang dicapai sampai hari ini," ujar SYL, pada kesempatan tersebut.

Ia pun mengapresiasi kontribusi besar yang telah dilakukan Bogasari dalam mendorong pertumbuhan perekonomian melalui produknya. "Oleh karena itu, Kementan dengan pihak Bogasari memiliki tekad yang sama bisa melakukan sesuatu yang langsung berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa ke depan," jelas SYL. Menurutnya, apa yang telah dilakukan Bogasari merupakan bukti bahwa Indonesia bisa mengekspor kebutuhan untuk gandum.

Seperti yang dilakukan Bogasari yang telah re ekspor, bahkan pelepasan kali ini adalah kapal ke 50 yang membawa sebanyak 7.700 ton pellet ke Filipina. Kementerian Pertanian, kata SYL, akan mendorong agar kedepannya ekspor bisa dilakukan hingga 3 kali lipat. "Oleh karena itu, kegiatan ekspor seperti ini harus dienginering terus sehingga lonjakan ekspor harus tiga kali lipat dari kondisi ekspor saat ini," kata SYL.

Dorongan tersebut dilakukan melalui upaya diplomasi bisnis dengan berbagai pihak, baik dengan para pelaku usaha di dalam dan luar negeri. "Tentu saja Kementan bersama pelaku usaha terus melakukan upaya upaya baik diplomasi bisnis dengan pihak luar negeri maupun kesiapan kesiapan internal," tegas SYL. Dalam acara tersebut, turut hadir pula Direktur Indofood Fransiscus Welirang serta Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Berita Terkait

Kemenhub Beri Sanksi Operator & Maskapai yang Melanggar Imbas Kepadatan Bandara Soekarno-Hatta

Maya Rosfi'ah

Asalkan. . . Indonesia Berpeluang Besar Jadi Tujuan Relokasi Investasi dari China

Maya Rosfi'ah

Shoh Enterprise Resmikan Studio Shoh Entertainment di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Meroket Rp 14.000 Jadi Rp 765.000 Per Gram

Maya Rosfi'ah

Ini Kata YLKI Driver Ojol Tak Boleh Angkut Penumpang selama PSBB

Maya Rosfi'ah

Ralali Kampanye Harbignas Buat Pengusaha Milenial Dan Umkm

Maya Rosfi'ah

41 Triliun di Bisnis Trading Minyar Gara-gara Ulah Trader Ini Mitsubishi Rugi Hingga Rp 4

Maya Rosfi'ah

JNE Pecahkan Rekor MURI Pembagian Liwetan Terbanyak di Perayaan HUT Ke-29

Maya Rosfi'ah

Menteri Erick Thohir Sudah Ingatkan Perihal Kursi Panas Bos BUMN Kasus Proyek Fiktif

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment