Image default
Bisnis

Menteri Teten Siapkan Tiga Fase Pemulihan Koperasi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menyiapkan tiga fase atau program pemulihan koperasi dampak pandemi Covid 19. Teten menjelaskan fase pertama pihaknya melakukan restrukturisasi dengan mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yakni penundaan angsuran selama 12 bulan. "Sampai saat ini telah dilakukan restrukturisasi kepada 40 mitra koperasi. Ini sudah 100 persen, dengan fasilitas penundaan pokok, penundaan jasa, pengurangan jasa, perpanjangan waktu, dan penambahan fasilitas pinjaman atau pembiayaan," katanya dalam agenda Penyaluran Dana Bergulir Untuk Koperasi Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

"Total outstanding sebesar Rp 135,7 miliar," ucap Teten. Teten bilang LPDB tidak dikenai bunga selama masa penundaan pembayaran. "LPDB memberi subsidi bunga sebesar 100 persen selama satu tahun," terang mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut.

Kedua, fase alokasi dana tambahan Rp 1 triliun. Menurutnya, pembiayaan ini khusus disalurkan kepada koperasi dengan bunga 3 persen menurun atau sekitar 1,5 persen flat per tahun. "Ini untuk menjangkau sekitar 4,8 juta UKM anggota koperasi," bebernya.

Teten menyebut bantuan pembiayaan tersebut saat ini sudah tersalur Rp 381,4 miliar. Selanjutnya fase pertumbuhan atau penyiapan sejumlah kebijakan guna memudahkan akses pembiayaan koperasi dan UKM dengan bunga ringan dan pendampingan. "Dari exercise kami dengan KSP dan BMT. Kami melihat koperasi ini bisa menjadi mitra pemerintah dengan penyaluran yang murah dan mudah bagi UMKM. Ini juga menjadi bagian upaya kami membangun kelembagaan membangun pembinaan ke depan," pungkas Teten.

Berita Terkait

Menteri Erick Thohir Sudah Ingatkan Perihal Kursi Panas Bos BUMN Kasus Proyek Fiktif

Maya Rosfi'ah

Bisnis Obat Resep DVL Tumbuh 31 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Angkasa Pura Logistik Sewa Pesawat ATR 72-500F Pelita Air Kembangkan Bisnis Kargo

Maya Rosfi'ah

Tol Layang Japek Perlu Batasi Kecepatan & Bebas Truk ODOL Pengamat

Maya Rosfi'ah

Begini Penjelasan Bos CPRO Terkait Harga Sahamnya yang Masih Gocap Bertahun Tahun

Maya Rosfi'ah

Generasi Milenial Jadi Target Pasar Pengembang Properti

Maya Rosfi'ah

Presiden Minta Negara ASEAN Perkuat Konektivitas Barang & Jasa Pulihkan Ekonomi

Maya Rosfi'ah

Menteri Sri Mulyani akan Sampaikan Risiko PPh Badan Penghasilan Diturunkan ke Presiden

Maya Rosfi'ah

Cara Tepat Mengelola Bonus Agar Lebih Bermanfaat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment