Image default
Nasional

Modusnya Sunat Dana & Sembako 16 Kasus Penyelewengan Bansos Covid-19 di Sumut Ditelisik Polisi

Polda Sumatera Utara sedang menyelidiki 16 kasus terkait dugaan penyelewengan dana bansos Covid 19 di daerahnya. Kasus tersebut tersebar di beberapa kabupaten dan kota di wilayah hukumnya. "Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara telah mengkompulir informasi tentang adanya dugaan penyelewengan bantuan sosial bagi warga terdampak Covid 19 di beberapa Kabupaten dan Kota di wilayah Propinsi Sumatera Utara," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setyono di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Rinciannya, kasus itu paling banyak ditemukan di Medan dan Langkat dengan masing masing 3 kasus. Sisanya, kasus tersebut terjadi di 8 daerah lainnya di Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, Awi memaparkan, motif yang biasa ditemukan adalah pemotongan dana Bansos Covid 19 yang sengaja dilakukan perangkat desa.

"Pemotongan dana bansos sengaja dilakukan oleh perangkat desa setempat dengan maksud asas keadilan bagi yang tidak menerima bansos dimana hal tersebut sudah diketahui dan disetujui sebelumnya oleh penerima bansos," jelasnya. Motif lainnya, Awi menuturkan pemotongan dana bansos yang dilakukan oknum ketua RT. Dalam kasus ini, pelaku sering menganggap pemotongan itu sebagai 'uang lelah'.

"Pemotongan dana bansos dilakukan untuk uang lelah para oknum Ketua RT dan perangkat desa lainnya," katanya. Lebih lanjut, Awi mengatakan motif selanjutnya yang biasa ditemukan adalah pengurangan timbangan paket sembako. Menurut Awi, pihaknya masih terus menyelidikan terkait kasus tersebut.

"Sampai dengan saat ini petugas masih terus melakukan penyelidikan dengan pengumpulan fakta fakta terkait dugaan adanya pemotongan dana bantuan sosial tanpa mengganggu jalannya pendistribusian bantuan sosial bagi warga yang membutuhkan," katanya. Berikut sebaran 16 kasus terkait penyelewengan bantuan sosial Covid 19 yang sedang ditangani di wilayah Sumatera Utara: 1. Polrestabes Medan 3 kasus

2. Polresta Deli Serdang 2 kasus 3. Polres Langkat 3 kasus 4. Polres Tebing Tinggi 1 kasus

5. Polres Simalungun 2 kasus 6. Polres Pematangsiantar 1 kasus 7. Polres Dairi 1 kasus

8. Polres Tobasa 1 kasus 9. Polres Samosir 1 kasus 10. Polres Madina 1 kasus

Berita Terkait

Hipmi Gelar Musda Secara Virtual Kali Pertama

Maya Rosfi'ah

DPRD DKI Minta Dinkes DKI Tak Abai Soal Ancaman DBD Di Tengah Wabah Corona

Maya Rosfi'ah

Begini Kata Ahli Herbal Unair Ampuhkah Kunyit & Jahe buat Tangkal Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Berkas Penyidikan Segera Rampung, Penyuap Romahurmuziy Sebentar Lagi Disidang

Maya Rosfi'ah

Minggu Ini & Dua Minggu menuju Depan Pemerintah Tetap akan Larang Mudik Presiden

Maya Rosfi'ah

Pengacara Rizieq Shihab Sebut Imam Besar FPI Sabtu Ini Tiba di Indonesia demi Reuni PA 212

Maya Rosfi'ah

Login di www.pln.co.id & via WhatsApp Simak 2 Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis PLN

Maya Rosfi'ah

 Peradilan Novel Baswedan Sesat Jika Tak Bisa Temukan Siapa Dalang Penyerangan Eks Pimpinan KPK

Maya Rosfi'ah

Komisi Kejaksaan Kirim Panggilan Kedua buat Jaksa Pinangki

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment