Image default
Pendidikan

Mudahkan Siswa Belajar di Rumah buat Cegah Corona Cara Ikut Ruangguru Sekolah Online Gratis

Cara mengikuti program ruang guru yang bertajuk Sekolah Online Ruangguru Gratis! Pandemi virus corona atau Covid 19 ini telah menjadi isu nasional di Indonesia. Sekolah sekolah di Jawa Tengah, Jakarta, hingga Jawa Barat diliburkan untuk 14 hari ke depan.

Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengurangi persebaran virus corona yang cukup meresahkan masyarakat. Hingga membuat para pelajar kini harus menyiapkan alternatif cara belajar tanpa harus keluar rumah. Informasi tersebut diketahui dalam unggahan di akun Instagramnya, @ruangguru, Minggu (15/3/2020).

Sekolah Online dari Ruangguru ini bisa diakses langsung di aplikasi Ruangguru. Program ini merupakan bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan pandemi COVID 19.⁣⁣⁣ Lewat program Sekolah Online Ruangguru Gratis ini, siswa bisa mengikuti proses pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching).

Program belajar ini berlangsung setiap Senin hingga Jumat. Dilansir dari laman resmi, , sistem belajar ini akan berlangsung mulai besok, Senin (16/3/2020). Siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 12.00 WIB.

Dalam aplikasi, akan disediakan 15 kanal live teaching untuk berbagai mata pelakaran. Pelajaran yang diajarkan tersebut telah sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS).

Setelah melakukan program teaching, siswa bisa langsung mempraktikkannya langsung dalam fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis. Dikutip dari akun Instagram resminya, untuk mengikuti program Sekolah Online Ruangguru Gratis!, simak tutorialnya berikut ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menunduh aplikasi Ruangguru di App Store atau Play Store.

Buka aplikasi Ruangguru, lalu isikan data dirimu. Apabila sudah memiliki akun bisa langsung 'masuk' dengan kolom yang berada di sebelah kanan. Selanjutnya, buka aplikasi dan klik ikon Sekolah Online Ruangguru.

Pada halaman utama aplikasi Ruangguru, klik ikon Sekolah Online Ruangguru yang ditandai lingkaran merah. Untuk menonton Live Teaching sesi Sekolah Online Ruangguru yang sedang berlangsung akan tertera di bagian 'Tayang Hari Ini'. Live Teaching tersebut bisa langsung ditonton dan dipilih sesuai dengan jenjang pendidikan.

Bisa pilih sesuai jenjang kelas kamu, misalnya, SD, SMP, SMA IPA, atau SMA Soshum. Atur notifikasi agar tidak ketinggalan kelas. Saat kelas dimulai, ada notifikasi sehingga siswa tak akan ketinggalan materi.

Untuk mengaktifkan notifikasi, klik lambang lonceng pada masing masing video yang akan ditonton. Lambang lonceng diletakkan di sisi kanan bawah pada video live tersebut. Sesi Sekolah Online Ruangguru yang telah selesai ditonton bisa diputar kembali.

Caranya pun cukup mudah, yakni klik tab ‘Selesai’, kemudian cari sesi dengan tulisan ‘Tonton Ulang’. Dengan cara ini, tidak akan ketinggalan sesi materi dai tutor Ruangguru.

Berita Terkait

UIC College Dukung Ajang Lomba Matematika

Maya Rosfi'ah

#SelasaBahasa Ajak Anak Muda Gunakan Bahasa Indonesia di Media Sosial

Maya Rosfi'ah

Harapan buat Meningkatkan Kompetensi Siswa Digitalisasi Pendidikan

Maya Rosfi'ah

Extramarks Indonesia dan Sekolah Al Azhar Syifa Budi Jalin Kerjasama Inovatif

Maya Rosfi'ah

Kronologi Viral ‘Ngesot’ Naik tangga hingga Minum Air Muntahan Ospek Mahasiswa Baru

Maya Rosfi'ah

Besok Ditutup, Pelamar Sejumlah Instansi Sekdin 2019 Tiba Tiba Membengkak, Ada Sampai 35 Kali Kuota

Maya Rosfi'ah

LENGKAP! Bacaan & Niat Puasa Senin – Kamis Berikut Arti & 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Maya Rosfi'ah

299 dari Penerima Beasiswa Budi Luhur Kembali Mewisuda 1.759 Mahasiswanya

Maya Rosfi'ah

Scan KTP & Ijazah Hingga Foto Selfie 6 Dokumen Wajib yang wajib Disiapkan Sebelum Daftar CPNS 2019

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment