Image default
Internasional

Mulai Hari Ini 70 Masjid di Singapura Ditutup Selama 5 Hari

Sebanyak 70 masjid di Singapura akan ditutup selama lima hari untuk pembersihan mulai Jumat (13/4/2020) hari ini. Tidak ada penyelenggaraan salat berjamaah diadakan pada hari Jumat ini di Singapura. Dikutip dari situs straitstimes.com Jumat (13/3/2020), kebijakan ini diambil Singapura sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona, setelah dua warga Singapura terinfeksi usai menghadiri acara tabligh akbar di Selangor, Malaysia.

Sekitar 90 warga Singapura menghadiri pertemuan yang digelar pada akhir Februari 2020 itu. Beberapa orang dari mereka menjadi jemaah di sejumlah masjid setempat. Penutupan sementara masjid di Singapura disampaikan Dewan Agama Islam Singapura (Muis), Kamis (12/3/2020).

Dewan mengatakan pada Kamis kemarin sudah empat masjid ditutup untuk dilakukan pembersihan. Masjid yang sudah ditutup untuk kegiatan keagamaan adalah masjid Jamae Chulia di South Bridge Road, masjid Al Muttaqin di Ang Mo Kio, masjid Hajjah Fatimah di Beach Road, dan Masjid Kassim di Changi Road. Pada konferensi pers pada hari Kamis sore, Menteri Urusan Muslim Masagos Zulkifli mengatakan empat masjid telah diidentifikasi sebagai masjid di mana seorang peserta pertemuan itu, telah dipastikan terinfeksi, sering datang ke masjid tersebut.

Masagos, yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air, mengatakan keputusan menutup semua masjid di Singapura dibuat karena kebutuhan untuk melindungi masyarakat, terutama jamaah seperti orang tua yang lebih rentan dan berisiko lebih besar. "Kita perlu melindungi diri kita sendiri, komunitas kita dan orang orang yang kita cintai. Dan lebih lagi mengetahui dampaknya, efek dari Covid 19 pada manula," katanya. "Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang datang ke masjid adalah pensiunan, orang orang senior, dan oleh karena itu kami pikir penting untuk untuk saat ini mencegah jemaat besar di masjid masjid kami," kata dia.

MUIS menambahkan hari Kamis semua kegiatan masjid, seperti kuliah dan kelas agama, akan dibatalkan hingga 27 Maret. Muis mengatakan kegiatan komunal seperti salat berjamaah dapat mengekspos jemaah untuk penularan virus oleh orang yang terinfeksi tidak curiga. Komite Fatwa, yang diketuai Mufti Nazirudin Mohd Nasir, yang memberikan panduan agama kepada umat Islam di sini, telah memungkinkan penutupan masjid dan penangguhan salat Jumat di mana kebutuhan muncul untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Komite fatwa telah melihat hal ini dari banyak sudut dan telah mengeluarkan fatwa untuk memungkinkan penutupan masjid, serta penangguhan salat berjamaah, doa sehari hari dan termasuk salat Jumat, di mana kebutuhan muncul." "Ketika itu adalah sangat penting bagi kami untuk terus melindungi masyarakat dan melindungi yang rentan," kata Dr Nazirudin. "Umat Muslim harus melakukan salat zuhur siang hari sebagai ganti salat berjamaah di hari Jumat," kata Muis dalam sebuah pernyataan.

Untuk khotbah Jumat reguler, pesan pesan tentang bimbingan agama akan tersedia secara online. Sebelumnya pada hari Kamis, Masagos mengatakan di Facebook bahwa Kementerian Kesehatan sedang mengidentifikasi dan menyelidiki orang orang Singapura yang menghadiri pertemuan tersebut, yang berlangsung di Masjid Seri Petaling di pinggiran Kuala Lumpur dari 27 Februari hingga 1 Maret, dan melibatkan sekitar 10.000 orang dari beberapa negara. Dari pertemuan Jama'at Tabligh itu, Kementerian Kesehatan Brunei mengidentifikasi 11 warganya terinfeksi virus corona.

Pihak berwenang Malaysia sekarang melacak sekitar 5.000 warga Malaysia yang menghadiri acara tersebut. Ia percaya bahwa acara tabligh di Kuala Lumpur melibatkan sekitar 10.000 orang dari beberapa negara. "Kita harus mengikuti apa yang kita butuhkan untuk Singapura, dan apa yang kita butuhkan untuk Singapura. Kita tidak hanya melindungi umat Islam, kita melindungi bangsa," katanya.

Berita Terkait

Taifun Faxai di Kanto Jepang, Seorang Tewas, Puluhan Lainnya Terluka

Maya Rosfi'ah

Tayang di Bioskop TransTV Pukul 23.00 WIB Duet John Cusack & Thomas Jane dalam Film Drive Hard

Maya Rosfi'ah

Qatar Tuan Rumah 7th Gopac Global Conference

Maya Rosfi'ah

Reorganisasi Dan Kurangi Jumlah Tempat Tidur Rumah Sakit Pm Jepang

Maya Rosfi'ah

Viral Satu Keluarga Rela Tidur Di Jalanan Dan Minum Air Keran Untuk Berhemat Saat Liburan Ke Italia

Maya Rosfi'ah

Terjadi Penembakan Di Manhattan, Satu Dikabarkan Tewas

Maya Rosfi'ah

Bruno Mars Timpuk Artis Jepang Pakai Handuk karena Geram Melihatnya Sibuk Foto Narsis

Maya Rosfi'ah

Pejabat Korut Dikabarkan Usulkan Kesepatan Penyelundupan Kerang menuju Perusahaan Perdagangan Jepang

Maya Rosfi'ah

China Catat Nol Kasus Baru Covid-19 Pertama Kali Sejak Pandemi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment