Image default
Ramadan

Mulai Ibadah di Rumah hingga Mempercepat Pembayaran Zakat Panduan Ibadah Ramadan Selama Pandemi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sejumlah panduan ibadah selama bulan Ramadan 1441 Hijriah. Panduan tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh di Graha BNPB, Jakarta, Senin (13/04/2020). Menurut Asrorun pandemi Covid 19 bisa menjadi bala atau menjadi rahmat tergantung bagaimana masyarakat menyikapinya.

"Bagaimana kita secara bersama sama memastikan bahwa Covid 19 ini sebagai rahmat bagi kita." "Untuk memetik hikmah dan menjalankan kegiatan kegitan ibadah secara lebih seksama." katanya dikutip dari channel YouTube BNPB. Dalam kesempatan tersebut, Asrorun meminta masyarakat untuk menyiapkan berbagai kebutuhan dalam rangka menyambut bulan suci, baik secara fisik maupun batin.

Termasuk adanya pemahaman baru dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan di tengah tengah pandemi Covid 19. "Kondisi baru menuntut pemahaman baru dan juga cara cara baru namun masih dalam koridor syariah." "Covid 19 bukan halangan untuk pelaksanaan ibadah," tandas Asrorun.

Ia juga memandang, ibadah selama bulan Ramadan juga bisa dijadikan momentum emas untuk mempercepat penanganan Covid 19. Utamanya melalui berbagai macam ibadah yang telah diadaptasi sebagai bentuk penyesuaian terhadap kondisi seperti pandemi saat ini. Pertama panduan Ramadan yang disampaikan Asrorun adalah puasa adalah benteng dari paparan Covid 19.

Ia berpendapat dengan melakukan menjalankan puasa secara baik dan benar, mampu meningkatkan imunitas dan kesehatan seseorang. "Puasa yang benar, dengan menu makanan yang sehat, gaya hidup sehat, sahur secukupnya. Niscaya akan melahirkan kesehatan." "Di dalam sahur maupun berbuka terdapat berkah," beber Asrorun.

Kemudian, panduan Ramadan kedua adalah menjadikan rumah sebagai pusat ibadah. Rumah menjadi episentrum kegiatan ibadah, baik ibadah kepada Tuhan ( habluminallah ) maupun ibadah dengan sesama manusia ( habluminannas ) "Ibadah tarawih bisa dilaksanakan dengan istri dan anak anak," kata Asrorun.

Berdasarkan penjelasan Asrorun, pandemi Covid 19 melahirkan hikmah bagi umat Islam, yakni mempererat tali kekeluargaan dan kehidupan harmonis di dalam rumah tangga. Asrorun melanjutkan, Covid 19 juga bukan penghalang ibadah lainya seperti sedekah, infak, serta zakat. Lembaga lembaga filantropi milik beberapa ormas besar seperti Nahdlatul Ulama ( ) maupun Muhammadiyah juga telah mempermudah penyaluran sekaligus pendistribusian sedekah, infak dan zakat.

Ia mengatakan saat ini adalah momentum tepat untuk menyalurkan bantuan utamanya dari yang memiliki kecukupan harta kepada pihak pihak yang terdampak Covid 19 secara langsung maupun tidak. "Memantu penyedia APD untuk tenaga medis, atau memberikan sembako atau kebutuhan pokok dan lain sebagainya." "Derita mereka adalah derita kita, masalah mereka adalah masalah kita," tegasnya.

Terakhir, panduan ibadah Ramadan selama pandemi Covid 19 adalah mempercepat pembayaran zakat harta atau mal. Asrorun menjelaskan berdasarkan fatwa ijtima ulama komisi fatwa tahun 2018 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan memperbolehkan pembayaran zakat mal meskipun belum memenuhi batasan. "Setiap muslim yang memiliki penghasilan mencapai nisab setiap bulanya, maka dia diperbolehkan membayar meskipun belum mencapai satu tahun."

"Ini semata untuk kepentingan memberikan dukungan dan juga meringankan fakir miskin yang terdampak Covid 19," tuturnya.

Berita Terkait

dan Bekasi Tangerang Depok Bogor Selasa 19 Mei 2020 di Jakarta Jadwal Imsak & Buka Puasa

Maya Rosfi'ah

Muhammadiyah Sudah Tetapkan Tanggal 24 Mei 2020 Sabtu Atau Minggu Kapan Lebaran 2020

Maya Rosfi'ah

Beserta Bacaan Niat Puasa Ramadhan Rabu 13 Mei 2020 Jadwal Imsak & Buka Puasa di Bengkulu

Maya Rosfi'ah

Jadwal Buka Puasa & Imsakiyah di Makassar Selama Ramadhan 2020/1441 H

Maya Rosfi'ah

Bacaan Niat Shalat Tarawih Sendiri 11 atau 23 Rakaat & Keutamaan serta Niat Shalat Witir

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Doa Tulisan Arab & Latin Contoh Khutbah Shalat Idul Fitri di Rumah

Maya Rosfi'ah

Salat Idul Fitri Sesuai Ketentuan Kawasan Covid-19 Menurut Fatwa MUI

Maya Rosfi'ah

Dilengkapi Bacaan Niat & Ketentuannya Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah Resmi dari MUI

Maya Rosfi'ah

Senin 4 Mei 2020 & Niat Puasa Ramadhan Jadwal Imsak & Buka Puasa di Yogyakarta

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment