Image default
Seleb

Musisi Jazz Benny Likumahuwa Meninggal Dunia di umur 73 Tahun

Dunia musik Indonesia tengah berduka. Salah satu musisi terbaik Benny Likumahuwa telah meninggal dunia pada Selasa (9/6/2020). Benny berpulang akibat komplikasi diabetes dan punya penyakit ginjal.

Pria kelahiran Kediri, Jawa Timur, pad 18 Juni 1946 ini dikenal sebagai salah satu penggawa musik Jazz di Tanah Air. Kiprah Benny sebagai musisi dimulai pada 1966. Pada awal bermusik, Benny memainkan instrumen bongo. Setelah itu, ia beralih ke bas dan kemudian menjadi peniup clarinet lalu saksofon hingga akhir hayatnya.

Saat awal bermusik, Benny tercatat menjadi anggota band Cresendo Band dari Bandung. Dua tahun kemudian, Benny bergabung dengan band The Rollies. Bersama The Rollies, nama Benny Likumahuwa mulai dikenal luas. Band ini menjadi salah satu band legendaris Tanah Air.

The Rollies yang mengusung genre jazz rock, funk, dan soul ini digawangi sejumlah pemusik hebat. Selain Benny, ada nama nama seperti Bangun Sugito alias Gito Rollies pada vokal, Deddy Stanzah pada vokal, dan Oetje Frank Tekol pada bas. Bersama The Rollies pula, Benny sempat mencicipi dapur rekaman label internasional PolyGram dan menggelar tur konser keliling Indonesia.

Selain menjadi personel The Rollies, Benny juga sempat bergabung dengan The Jazz Raiders, Jack Lesmana Combo, dan Trio ABC yang fenomenal kala itu. Trio ABC diisi oleh Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Candra Darusman. Tak hanya bermusik, Benny juga menjadi inisiator sekolah musik ternama di Jakarta, yakni Farabi.

Baca juga: Keinginan Benny Likumahuwa yang Belum Terwujud hingga Akhir Hidupnya Benny membentuk Farabi bersama Jack Lesmana dan Indra Lesmana. Sejak 2006, bersama Todung Pandjaitan, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Krisna Prameswara, dan Annette Frambach, Benny membentuk Gladiresik Music Lab.

Benny sendiri memang besar dari keluarga musisi. Ia merupakan kakak kandung dari penyanyi jazz Utha Likumahuwa dan juga ayah dari Barry Likumahuwa. Semasa hidup, Benny sangat lekat dengan musik jazz. Bahkan ia terlibat banyak dalam ajang musik jaz dunia antara lain The Singapore Jazz Festival (1986), The Jakarta Jazz Festival (1988), The North Sea Jazz Festival (1990), The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur (1992), dan Malaysia Jazz Festival (1994).

Kini, Benny telah berpulang di usia 73 tahun. Ia berpulang setelah sempat berjuang melawan penyakit diabetes yang dideritanya sejak dua tahun lalu. Selamat jalan Benny, sosokmu akan selalu dikenang…

Berita Terkait

Disambut Antumurs Warga Hingga Teteskan Air Mata Fakta Kepulangan Susi Pudjiastuti menuju Pangandaran

Maya Rosfi'ah

Difoto Diam Diam Teuku Wisnu, Romantisnya Dhimas Seto Dan Dhini Aminarti Saat Tidur Di Kereta

Maya Rosfi'ah

Andre Taulany Kembali Mengisi Acara Tv Ini Video Momen Harunya Bertemu Sule Dan Nunung

Maya Rosfi'ah

Alasan Kemanusiaan Ini Kuatkan Kuasa Hukum Ajukan Penahanan Ahmad Dhani

Maya Rosfi'ah

Fendy Chow Mengaku Istrinya yang Lebih Posesif darinya, Inilah Alasan Sang Aktor

Maya Rosfi'ah

Perjalanan Ini Terasa Sangat Menyedihkan Chord Gitar Berita Kepada Kawan – Ebiet G Ade

Maya Rosfi'ah

Mama Amy & Nisya Beri Tanggapan Tak Terduga Jeje Govnda Kode Minta Kado Ulang Tahun Ini menuju Syahnaz

Maya Rosfi'ah

Jauh Kalau Bicara Sudah Ikhlas Senyum BCL dari Hari Pertama Ashraf Meninggal Pakar Ekspresi

Maya Rosfi'ah

Sebut 3 Anak Sule Ikut Menemani Teddy Ungkap Alasannya Tutupi Kabar Persalinan Lina dari Keluarga

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment