Image default
Bisnis

Ombudsman Minta Utamakan Kepentingan Publik Kasus Soal Nasib Nasabah Jiwasraya

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menanggapi kasus gagal bayar BUMN asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merugikan negara belasan triliun rupiah. Ombudsman menilai persoalan ini merugikan banyak nasabah yang telah membeli produk polis asuransinya. “Dimensi (masalah) Jiwasraya bisa macam macam, bisa dari keuangan, bisa politik. Kami concern dengan nasib nasabah yang menggantungkan hidupnya di situ, menaruh polis di Jiwasraya dengan mengharapkan pengembalian untuk pensiun mereka dan pendidikan anak,” kata Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Adrianus Meliala usai sidak di RSUD Cibinong, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Ombudsman meminta pemerintah untuk segera melakukan penalangan atau menyuntik modal supaya mereka yang sudah jatuh tempo bisa menerima haknya. “Soal direksinya dituntut, itu ok. Soal direstrukturisasi juga ok, kemudian juga super holding, terserahlah. Tapi ingat tempatkanlah publik pada tempat yang paling tinggi karena mereka pemberi pajak pada negeri,” sambung Adrianus. Kasus gagal bayar Jiwasraya juga membuat prihatin Presiden Joko Widodo(Jokowi).

Jiwasraya sebelumnya menyerah dan tak sanggup memenuhi kewajiban pembayaran yang mencapai Rp 12,4 triliun. Menurut Jokowi, kasus gagal bayar Jiwasraya adalah masalah berat. Presiden menyerahkan tanggungjawab penyelesaiannya kepada Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.

Jokowi menegaskan bahwa persoalan gagal bayar Jiwasraya yang sudah dialami sejak tahun 2006 tersebut, dalam tiga tahun terakhir terus dikejar penyelesaiannya. Dari koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN, sudah diperoleh solusi atau jalan keluarnya. Berkaitan dengan aspek kriminal, kasus ini dalam pengusutan Kejaksaan Agung.

Berita Terkait

Daftar Promo Hari Kemerdekaan 17 Agustus: J.CO, Burger King hingga Holland Bakery

Maya Rosfi'ah

Rayakan HUT RI, BRI Beri Bantuan CSR Untuk 57 SLB Se Indonesia

Maya Rosfi'ah

L’oreal Total Repair 5 Buy 1 Get 1 Free KATALOG PROMO ALFAMART 16-31 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

OCBC NISP Dorong Milenial Merdeka Secara Finansial Lewat #NyalakanIndonesia

Maya Rosfi'ah

Ini Kata YLKI Driver Ojol Tak Boleh Angkut Penumpang selama PSBB

Maya Rosfi'ah

Irfan Hakim & Omesh Prihatin Dengan Kasus Bandung Makuta

Maya Rosfi'ah

Mulailah Berinvestasi! 4 Tips Kelola Uang THR Supaya Tidak ludes Sia-sia

Maya Rosfi'ah

Pagi Ini, Kurs Rupiah Terdepresiasi Enam Poin

Maya Rosfi'ah

Bisnis Logistik di Jakarta Merugi Dampak Banjir

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment