Image default
Regional

Ortu Tak Terima & Lapor Polisi Anaknya umur 12 Tahun Dinikahi Siri oleh Pria 45 Tahun di Banyuwangi

Seorang gadis yang masih di bawah umur menikah dengan seorang pria beristri usia 45 tahun. Peristiwa tidak lazim ini terjadi di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur. Gadis tersebut berinisial NW.

Ia dinikahi secara siri. Pernikahan tersebut rupanya kemauan dari orang tua angkat NW. Orang tua kandung NW pun tak terima anaknya yang masih di bawah umur telah dinikahkan dengan orang dewasa.

Kasus ini kemudian ditangani oleh pihak kepolisian setempat. Kapolresta Banyuwangi, Kombes pol Arman Asmara Syarifudin, membenarkan adanya gadis berusia 12 tahun menikah siri dengan pria berusia 45 tahun. Diungkapkan oleh Arman, orang tua kandung dari NW telah membuat laporan.

"Kami mendapat laporan dari orangtua, kalau anaknya yang masih di bawah umur berusia 12 tahun dinikahi oleh orang dewasa," kata Arman, Senin (13/7/2020). Arman mengatakan saat ini tengah melakukan penyidikan. Kronologinya sang gadis belia dinikahkan oleh orangtua angkatnya. Polisi telah memanggil saksi saksi yang terlibat dalam pernikahan ini.

"Kami telah memanggil dan memeriksa saksi saksi," kata Arman. Pernikahan ini telah berlangsung selama satu bulan, dan keduanya telah tinggal serumah. M. Imam Ghozali pendamping keluarga korban, mengatakan, kejadian ini terungkap setelah orangtua NW mendatangi Ketua RT dan Kepala Dusun Krajan, Desa/ Kecamatan Siliragung, melaporkan anaknya telah dinikahkan pada seorang pria.

Selama ini, NW tinggal bersama orangtua angkat yang merupakan kakak dari orangtua NW. "Yang tidak terima itu orangtua kandungnya. Mereka melapor pada kepala desa kalau anaknya telah dinikahkan, padahal usianya masih belum cukup," kata Imam. Imam mengatakan alasan pernikahan ini karena orangtua angkatnya sedang kesulitan ekonomi.

"Kami menyerahkan kasus ini pada kepolisian," katanya. Seorang ayah berinisial S (39), di KabupatenPinrang, Sulawesi Selatan, ditangkap polisi setelah tega mencabuli anak tirinya SF (11) selama dua tahun. Tak hanya itu, pelaku juga mencoba menutupi perbuatannya dengan menikahkan korban dengan seorang penyandang disabilitas tunanetra berinisial B berusia 44 tahun.

Polisi menduga, pernikahan tersebut hanya untuk menutupi aib keluarga. “Pernikahan itu hanya menutupi aib kelakuan ayah tiri karena telah melakukan kekerasan seksual selama dua tahun terakhir. Ia kemudian menikahkan sang anak tiri dengan bujang berusia 44 tahun tunanetra dari Makassar,” kata Kasat Reskrim Polres Pinrang AKP Dharma Prawira Negara, Jumat (10/7/2020).

Berdasarkan keterangan polisi, pencabulan dilakukan saat korban berusia 10 tahun. Pelaku S, menurut Prawira, juga mengancam korban untuk tidak melaporkan ke orang lain. Selain itu, berdasar pengakuan S, pelaku mencabuli sebelum pernikahan korban.

“Terakhir dia sempat lagi melakukan itu saat SF belum dinikahkan dengan saudara B,“ kata aku Sappe di depan Polisi. Perbuatan S akhirnya diketahui ibu korban, Asia. Namun, S mengancam akan menceraikan S jika melapor ke polisi. Lalu, S dan Asia mencari cara untuk menutupi aib tersebut dengan menikahkan korban.

“Ibu kandung korban takut untuk membuka aib itu. Mereka kemudian merencanakan menikahkan sang anak karena kebetulan saudara B datang ke Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, untuk mencari pasangan hidup," tuturnya. Seperti diberitakan sebelumnya, korban berinisial SFmenikahdengan B penyandang tunanetra yang usianya terpaut 33 tahun.

Atas kasus dugaan pencabulan, S yang bekerja sebagai sopir truk, telah ditangkap. Polisi menjerat S dengan Pasal 81 ayat 3 UU Ri tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 36 B, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Berita Terkait

Bantuan Sembako Diganti Bandeng Ikan Tongkol Diduga Bikin 19 Warga di Kabupaten Batang Keracunan

Maya Rosfi'ah

Awalnya hendak Pergi Makan Kronologi Bule Cantik Menangis di Pinggir Jalan Bali karena Hp Dijambret

Maya Rosfi'ah

Senin 22 Juni 2020 Pukul 14.00 WIB Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jabar Dilakukan Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Aksi Berulang Kali Pelaku Ancam Membunuh Kasus Ayah Perkosa Anak Kandung Selama Dua Tahun

Maya Rosfi'ah

Pria Tunawicara di Lampung Babak Belur setelah Curi Kotak Amal Masjid Berisi Rp 131.700

Maya Rosfi'ah

Unair Telah Hubungi Pelaku & Pastikan akan Menindak Tegas VIRAL Predator Fetish Kain Jarik

Maya Rosfi'ah

Dibawa Pelaku buat Teman Istri Siri Misteri Wanita Terkubur di Rumah Penjual Roti di Bogor Terkuak

Maya Rosfi'ah

Kasihan pada Siswa hingga Tolak Dibayar Pemuda Asal Solo Inisiatif Jadi Relawan PPDB Online Jateng

Maya Rosfi'ah

Bayi Laki-laki Ditemukan Terbungkus Sarung di Semak Belukar Semula Dikira Kucing

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment