Image default
Kesehatan

Pakai Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak secara Alami

Simak empat cara mengatasi gusi bengkak secara alami menggunakan bahan bahan yang ada di rumah. Gusi sangat berperan aktif untuk menunjang keseharan mulit, apabila kamu gusi bengkak tentu akan sangat menganggu aktivitasmu. Saat gusi bengkak, tidak hanya kesulitan saat makan dan minum saja, terkadang untuk bicara pun juga kesulitan.

Gusi bengkak harus dirawat untuk mencegah infeksi menyebar sampai ke gigi. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa mencoba obat alami untuk meredakan gusi yang bengkak. Jika kamu sedang mangalami gusi bengkak, simak cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Sejak zaman Romawi Kuno, garam sudah digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi masalah gigi dan mulut. Berkumur dengan air garam akan membantu meringankan rasa sakit dan meredakan gusi bengkak. Hal ini dikarenakan sifat garam yang menyerap air, sehingga cukup efektif dalam membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

Karena bakteri hanya bisa tumbuh subur di lingkungan yang asam dan lembap. Sehingga, jika kondisi mulut kamu kering, bakteri bisa bertahan hidup. Untuk mengatasi gusi bengkak, kamu bisa melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hanat.

Lalu, kumur kumurlah dengan air garam secara merata selama beberapa detik, lalu buang airnya dan jangan ditelan. Gunakan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai gusi bengkakmu mulai mereda. Obat gusi bengkak yang praktis dan bisa ditemukan dirumah adalah mengompres dengan es batu.

Dinginnya es batu akan membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa. Dengan begitu, rasa sakitmu akan mereda untuk sementara. Suhu dingin juga merangsang pembulu darah di wajah menyempit dan memperlambat aliran darah yang menuju gusi berdarah.

Cara ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri pada gusi. Untuk mengatasi gusi bengkak bisa coba mengambil beberapa bongkah es batu lalu bungkus dengan waslap bersih. Tempelkan waslap tersebut di bagian pipi yang terasa sakit.

Ulangi cara ini beberapa kali sehati hingga sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut. Kunyit sering diolah menjadi jamu untuk mengatasi gusi bengkak. Kandungan senyawa curcumin dalam kunyit dapat berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi serta meredakan peradangan.

Menurut penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko gingivitis (radang gusi). Cara ini bisa kamu gunakakan dengan mencampurkan parutan setengah ruas kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata hingga berbentuk krim, lalu gunakan sebagai pasta gigi setiap kali kamu menggosok gigi.

Atau bisa juga kamu mengopres krim tersebut langsung pada bagian gusi yang bermasalah dalam beberapa menit. Minum air putih memang tidak langsung mengatasi gusi bengkak, namun dengan minum air putih dapat mengurangi risiko infeksi akibat gusi bengkak jadi lebih rendah. Membiasakan banyak minum air putih dapat merangsang prodiksi air liur di dalam mulut.

Enzim yang terkandung dalam air liur juga dapat membantu melawan infeksi di dalam mulut. Selain cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak, ada ketahui juga obat medis dari dokter yang bisa kamu gunakan. Untuk mengatasi gusi bengkak, kamu bisa mengobatinya dengan beberapa pilihan obat.

Hidrogen peroksida Paracetamol Ibuprofen

Chlorhexidine

Berita Terkait

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Bisa Lawan Kanker Manfaat Infused Water Mentimun yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Maya Rosfi'ah

Katarak Nenek Ratmah Kini Bisa Diobati Sempat Ditolak di Rumah Sakit

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ani Yudhoyono Usai Dijenguk Putra Sulungnya, Annisa Pohan Ungkap Sang Mertua Segar Lagi

Maya Rosfi'ah

Stres Berkepanjangan Bisa Timbulkan Jerawat pada Wajah 10 Tips Atasi Jerawat dengan Mudah

Maya Rosfi'ah

Dikenal Menyehatkan, Baiknya Jangan Beri Air Kelapa Muda Jika Orang Mengalami 5 Kondisi Ini

Maya Rosfi'ah

Tapi Manjur Juga buat Pertumbuhan Rambut Bayi Manfaat Daun Seledri Bukan Hanya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

8 Kebiasaan Sepele Wanita yang Bisa Mengancam Kesehatan Perempuan, Termasuk Makan!

Maya Rosfi'ah

Cara Mudah Atasi Rambut yang Rapuh dan Mudah Rontok

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment