Image default
Metropolitan

Pelni Karantina KM Bukit Raya Satu Kru Kapal Positif Covid-19

PT Pelni melakukan pengecekan kesehatan dan rapid diagnostict test (RDT) terhadap 86 kru kapal KM Bukit Raya setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (20/4/2020). Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro, mengatakan KM Bukit Raya sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Pontianak untuk menuju Pelabuhan Tanjung Priok. "Pagi ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan serta RDT terhadap 86 kru KM Bukit Raya," ucap Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis, Senin (20/4/2020).

Ia menambahkan, berdasarkan hasil tes sebanyak 84 kru dinyatakan negatif, sedangkan dua kru lainnya menunjukkan hasil tes yang reaktif Covid 19. "Kini keduanya telah dirujuk ke rumah sakit darurat Covid 19, untuk penanganan medis lebih lanjut," ujar Yahya. Kemudian menurut Yahya, sebagai tindak lanjut atas pemeriksaan kesehatan, dua orang kru juga telah melakukan pemeriksaan swab.

"Kami akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya terutama dua orang yang saat ini dirujuk ke rumah sakit, dan akan menunggu hasil pemeriksaan swab keduanya," kata Yahya. Yahya menjelaskan, bahwa KM Bukit Raya akan melakukan karantina, dan portstay di Pelabuhan Tanjung Priok. Selama kapal menunggu di pelabuhan, sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid 19 sebanyak 84 orang kru akan menjalani isolasi mandiri dengan dengan pengawasan yang ketat.

"Selama pelaksanaan isolasi mandiri, kami akan mengawasi pola aktivitas, serta pola istirahat seluruh kru kapal. Kami juga akan menyediakan multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah situasi Covid 19," ujar Yahya. Selain itu, menanggapi adanya satu orang anak buah kapal (ABK), dirawat di salah satu rumah sakit di Tanjung pinang yang meninggal. Yahya mengonfirmasi adanya kabar mengenai meninggalkanya ABK tersebut, dan berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang bersangkutan dinyatakan Covid 19.

"Kabar meninggalnya beliau tentu mengejutkan bagi kami. Sebelumnya beliau telah menjalani perawatan karena ada gejala sakit tenggorokan dan peningkatan suhu tubuh," ucap Yahya. "Sebelum dinyatakan positif Covid 19, yang bersangkutan juga memiliki penyakit bawaan lainnya," lanjut Yahya. Yahya juga menyebutkan, kru yang bersangkutan saat menjalani hasil pemeriksaan kesehatan dan rapid test oleh kantor kesehatan pelabuhan (KKP), yang bersangkutan terindikasi pasien dalam pengawasan (PDP).

"Setelah dinyatakan PDP kamu terus memantau perkembangan kesehatan Beliau, hingga hari ini dinyatakan tutup usia," tutup Yahya.

Berita Terkait

Ternyata Anggota Polri Aktif Pelaku Penyiram Air Panas Novel Baswedan Akhirnya Ditangkap

Maya Rosfi'ah

Sudah Tiga Warga Depok Menjadi Korban Gigitan Ular dalam Sepekan Terakhir

Maya Rosfi'ah

Kendaraan Pribadi Terpaksa Melintas di Jalur Busway Aksi Demo di Thamrin Tower

Maya Rosfi'ah

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Penggelapan & Perusakan Kapal Jasa Marine Offshore Malaysia

Maya Rosfi'ah

5 Meter yang Mendadak Muncul di Kamar Mandi Rumah Warga di Jakarta Barat Penampakan Ular Kobra 1

Maya Rosfi'ah

Brigjen Pol. Ir. Hamli Berikan Sosialisai menuju Masyarakat Agar Sama-sama Memahami Apa Itu Terorisme

Maya Rosfi'ah

Kuli Bangunan Kaget Didatangi Petugas Pajak Diminta Bayar 200 Juta! Rumahnya Berdinding Triplek

Maya Rosfi'ah

Wanita Ditemukan Tewas Tanpa Busana dengan Kaki dan Tangan Terikat di Apartemen, Begini Kronologinya

Maya Rosfi'ah

Usai Kerusuhan, Hari Ini Pasar Tanah Abang Beroperasi Normal Lagi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment