Image default
Superskor

Pemantau Bakat Garuda Select Undang Krisna Sulistia Top Skor Piala Soeratin U15 buat Bergabung

Wesley Awad selaku pemantau bakat (chief scout) Garuda Select mengundang pemain muda potensial yang menjadi top skor dalam gelaran Piala Soeratin U15 2020 untuk bergabung. Pemain tersebut ialah Krisna Sulistia yang membela klub Gabsis Sambas, Kalimantan Barat dalam gelaran Piala Soeratin U15 2020. Krisna Sulistia sukses mencatatkan diri menjadi top skor dengan 6 gol yang ia lesakan dan berhasil mencatatkan sejarah untuk membawa Gabsis Samabar hingga melaju ke babak Final Piala Soeratin U15 2020.

Namun dalam partai final, Gabsis Sambas, Kalimantan Barat harus menyerah 2 1 atas lawannya Sumatra Barat. Meskipun gagal menghantarkan timnya menjadi jawara, Krisna mendapat anugerah dengan menyandang gelar top skor sekaligus mendapat panggilan untuk bergabung dengan Garuda Select dibawah asuhanDennis Wise dan Des Walker. Pemanggilan Krisna dilakukan oleh Wesley Awad setelah melakukan pemantauan saat dirinya bermain di Piala Soeratin U15.

Wesley Awad sendiri sebelumnyapernah menjabat sebagai pemantau bakat Timnas Inggris dan Akademi Crystal Palace yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Pemantau bakat Garuda Select ini melihat ada sesuatu yang istimewa dari Krisna sejak ia melakukan pemanasan. Krisna terlihat memiliki teknik dan keseimbangan di atas rata rata, dan saat bertanding ia pun selalu waspada atas posisi teman dan lawan sehingga kerap memiliki waktu untuk menguasai dan mengolah bola dengan baik.

Selain itu Krisna juga banyak melakukan pergerakan tanpa bola yang cerdas, dan menunjukkan kemampuan pengambilan keputusan yang baik dalam memilih umpan. Namun, untuk menilai kemampuan Krisna dengan lebih pasti, dianjurkan ia segera bergabung di pelatihan Garuda Select di Inggris dimana ia akan menghadapi lawan lawan dengan kualitas yang lebih tinggi. Menurut Wesley, meski pemain pemain Garuda Select rata rata tiga tahun lebih tua dari Krisna, tetapi pemain asal SSB Djarum yang masih berusia 14 tahun itu diperkirakan akan mampu mengimbangi permainan kakak kakaknya.

Krisna sedang dipersiapkan untuk bergabung di sisa program Garuda Select jilid dua yang berlangsung hingga akhir April 2020, dimana mereka akan menjajal beberapa akademi tim besar Inggris seperti Leicester City, Arsenal dan Manchester City. Dipimpin mantan legenda Chelsea Denni Wise, program Garuda Select adalah program 10 tahun inisiatif PT Djarum yang dijalankan dari tahun 2018 hingga 2028. Program ini bertujuan untuk melahirkan pemain pemain bola profesional berkualitas yang diharapkan akan dapat memberikan kontribusi positif bagi Timnas dan sepakbola Indonesia.

Kini Garuda Select telah berjalan di tahun kedua, progres dari program Garuda Select bisa dikatakan melebihi ekspektasi dengan sudah ada 5 pemain yang diproyeksikan bisa merumput di Eropa. Tahapan jenjang perkembangan Program Garuda Select: Program Garuda Select sendiri terdiri dari beberapa tahap, diawali dengan seleksi pemain di Indonesia untuk memilih 24 pemain di setiap tahunnya untuk lalu berlatih di Training Camp Garuda Select di Eropa dimana mereka dilatih dan menjalankan proses pengamatan potensi perkembangan.

Di tahun selanjutnya, mereka yang dianggap berpotensi berkembang lebih lanjut diundang untuk mengikuti pelatihan Tahap Kedua, pematangan persiapan untuk bermain di klub Eropa. Di Tahap Ketiga, pemain yang dianggap benar benar berpotensi akan dititipkan ke salah satu klub untuk belajar beradaptasi di lingkup klub profesional yang masih dalam pantauan Dennis Wise, tetapi tanpa ekspektasi bahwa ia akan ikut berkompetisi. Di Tahap Keempat pemain yang sudah layak bermain di Eropa dipinjamkan ke klub Eropa untuk ikut kompetisi, dimana ia diharapkan dapat bisa bersaing dengan pemain profesional lainnya.

Namun, karena masih dalam pantauan Dennis Wise, ia masih bisa dipindahkan jika ada hal yang tidak diinginkan Di tahap terakhir, atau Tahap kelima, pemain tersebut benar benar dilepas untuk berjuang sendiri di klub profesional Eropa.

Berita Terkait

7 Triliun Federico Chiesa Dibandrol Fiorentina Rp 1

Maya Rosfi'ah

Kepribadian Zinedine Zidane Dapat Sanjungan dari Eks Bek Juventus

Maya Rosfi'ah

Termasuk Mantan Pemain Liverpool Deretan Pemain Liga Inggris yang Tampil Tak Terduga

Maya Rosfi'ah

Final Coppa Italia Napoli vs Juventus Manchester City vs Arsenal Liga Inggris Jadwal Bola Malam Ini

Maya Rosfi'ah

Persib Bandung Tak Pernah Kalah di Liga 1 2019 Saat Mainkan Pemain Ini

Maya Rosfi'ah

Shin Tae-yong Panggil Dendy Sulistyawan & Adam Alis menuju Pelatnas Timnas Indonesia

Maya Rosfi'ah

Ini Kata Gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan Mengaku Sudah Gatal Bermain Bola

Maya Rosfi'ah

Permainan Apik Evan Dimas Buat Legenda Persija Jakarta Kepincut

Maya Rosfi'ah

No Moncer di 3 Laga Beruntun Saya Belum Puas Mesin Gol Anyar Persib Bandung

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment