Image default
Techno

Pemerintah Bakal Blokir HP Blackmarket Mulai Agustus 2019, Begini Cara Mudah Cek Nomor IMEI

Sejak tahun lalu, pemerintah telah menyatakan keseriusan untuk memberantas peredaran ponsel ilegal alias blackmarket. Kini kabar tersebut kembali beredar luas di masyarakat. Mesin Device Identification, Registration and Blocking System (DIRBS) akan aktifkan mulai Agustus 2019.

Apakah dengan mengaktifkan mesin DIRBS akan membuat ponsel bleckmarket langsung terblokir? Melansir dari KompasTekno, Rabu (3/7/2019), Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian kemarin, Selasa (2/7/2019) Janu Suryanto memberikan penjelasannya. Janu meminta masyarakat untuk menunggu regulasi rampung terlebih dahulu.

"Bisa jadi salah pengertian nantinya, tunggu saja ya kami sedang selesaikan aturannya," papar Janu. Janu menambahkan, Kemenperin bersama pihak pihak terkait akan merampungkan regulasi pemblokiran ponsel ilegal terlebih dahulu. "Payung hukum dulu, sedang dikerjakan dan rapat terus menerus."

Menurut Janu, peraturan tersebut harus dikerjakan dengan sangat hati hati agar bisa diimplementasikan dengan tepat. "Sedang dirapatkan terus untuk detail Permen (Peraturan Menteri) nya, mohon bersabar." "Ada grace period, tentu hati hati dalam pelaksanaannya," tambah Janu.

Upaya pemerintah untuk memblokir peredaran ponsel blackmarket melibatkan tiga kementrian. Pertama ada Kementrian Perindustrian (Kemenperin), yang bertugas untuk memiliki sistem validasi IMEI untuk mengecek apakah ponsel tersebut ilegal atau tidak. Kedua, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan meminta operator seluler untuk memblokir jaringan yang digunakan oleh ponsel yang teridentifikasi ilegal.

Yang terakhir adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengawasi proses perdagangan ponsel di pasaran. Kemenperin memiliki database berisi nomor IMEI ponsel yang masuk secara resmi ke Indonesia. Jika nomor IMEI sebuah ponsel tidak terdaftar pada databese tersebut, kemungkinan besar ponsel tersebut ilegal.

Bagaimana cara mengecek ponselmu resmi atau ilegal? Berikut ini cara mudah untuk mengecek IMEI ponsel: 1. Tekan tombol *#06# pada ponsel. Selanjutnya akan muncul rincian nomor IMEI dan serial ponselmu.

2. Lalu masuk ke halaman Kemenperin untuk mengecek apakah IMEI ponselmu terdaftar melalui halaman kemenperin.go.id/imei. 3. Masukkan 15 digit nomor yang tersedia pada layar ponsel, tekan tombol simpan. 4. Apabila IMEI terdaftar maka akan muncul tampilan seperti berikut

5. Namun jika tidak terdaftar, maka yang tampil pada layar adalah keteran bahwa nomor IMEI tidak masuk dalam database Kemenperin.

Berita Terkait

Harbolnas Bukalapak Tetap Positif Ditinggal Achmad Zaky

Maya Rosfi'ah

Tarif Pulsa Diusulkan Seragam di Seluruh Indonesia Bantu Masyarakat di Masa Pandemi

Maya Rosfi'ah

Atozpay, Aplikasi Mobile untuk Beragam Jenis Pembayaran Resmi Diluncurkan

Maya Rosfi'ah

Sharp Ancang-ancang Luncurkan Produk Serupa Aquos Sound Partner Laris

Maya Rosfi'ah

Tips Sukses Implementasi Chatbot untuk Merek dan Organisasi Bisnis

Maya Rosfi'ah

Spek Mirip S10, Galaxy A90 5G Masuk Golongan Flagship

Maya Rosfi'ah

Galaxy A71 & Galaxy A51 Ada di Sini UPDATE Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Mengenal Teknologi 32MP Pop Up Camera Vivo V15 Lebih Dekat

Maya Rosfi'ah

7 Jutaan Redmi Go Rp 899 ribu hingga Redmi 8 dari Rp 1 Update Daftar Harga HP Xiaomi Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment