Image default
Kesehatan

Penangkalnya Makanan Sederhana yang Ada di Sekitar Kita Virus Corona Menyebar

— Hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh masih menjadi cara yang paling ampuh dalam menghadapi novel corona virus atau virus corona. Novel corona virus (2019 nCoV) ini memang merupakan jenis virus yang baru sehingga dengan menjaga imunitas tubuh diharapkan dapat menjadi penghalang virus ke dalam tubuh. Untuk meningkatkan imunitas tubuh ini bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Puteri Aisyaffa, Nutrition Expert YOUVIT menjelaskan kandungan makanan yang bisa membangun imunitas tubuh adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, dan lemak. Protein yang terkandung pada protein nabati seperti tahu, tempe, kacang kacangan, serta protein hewani dalam kelompok daging dagingan ternyata dapat menjaga ketahanan tubuh dari infeksi. “Hal ini disebabkan karena sebagian besar mekanisme kekebalan bergantung pada produksi senyawa protein aktif,” tutur Puteri melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/2/2020).

Tubuh juga membutuhkan vitamin a, b, dan c untuk dapat menjaga tubuh dari kondisi inflamasi (peradangan) sehingga sel imun bisa bekerja dengan maksimal dalam tubuh. Kalau tubuh kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan perubahan imun dalam tubuh yang dapat meningkatkan penyakit infeksi dan juga angka kematian. Sementara Vitamin B dikenal sebagai vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mempengaruhi resistensi penyakit sel dan respon imun yang baik.

Sementara vitamin C diketahui sebagai antioksidan dan berfungsi untuk melindungi sel sel di dalam tubuh “Ketiga vitamin ini dapat kita peroleh dalam berbagai sayur sayuran, buah buahan, kacang kacangan, dan juga daging dagingan,” ucap Puteri. Tubuh pun membutuhkan lemak untuk membantu menjaga imunitas tubuh terutama lemak yang dapat melakukan tugas tersebut adalah PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) seperti Omega 3 dan Omega 6.

Jenis bahan makanan yang mengandung lemak PUFA dapat ditemukan pada ikan air laut, kacang kacangan, dan polong polongan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan mineral jenis zink, tembaga, dan selenium yang juga dapat menururunkan risiko infeksi. Makanan yang mengndung mineral ini bisa ditemukan pada kacang kacangan, kuning telur, dan daging.

Terdapat juga pada kentang, sayuran hijau, gandum, jamur, daging, dan berbagai jenis ikan. “Itu berfungsi sebagai penghalang masuknya patogen infeksius ke dalam tubuh dengan membantu meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh,” pungkas Puteri.

Berita Terkait

Konsumsi Buah Dan Sayur Hingga Banyak Minum Air Putih Cara Mudah Jaga Stamina Saat Cuaca Ekstrim

Maya Rosfi'ah

TCSC-IAKMI akan Dukung Pelarangan Secara Iotal Penggunaan Rokok Elektronik

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Wanita Alami Cedera Tulang Belakang karena BB Naik Drastis, Salahkan Suami karena Masak Makanan Enak

Maya Rosfi'ah

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Maya Rosfi'ah

Sejak Kecil Tak Bisa Lepas Dari Es, Inikah Pemicu Sungadi Obesitas Hingga Bobotnya 1,4 Kuintal?

Maya Rosfi'ah

Manfaat Jus Bayam: Turunkan Kolesterol, Lancarkan Pencernaan, dan Cegah Kanker

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Rutin Minum Ramuan Kunyit, Perempuan Ini Alami Perubahan Drastis di Tubuhnya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment