Image default
Nasional

Penangkapan Djoko Tjandra Bisa Tepis Keraguan Publik Atas Penegakan Hukum

Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Indonesia Indonesia (PB PMII) menyatakan penangkapan buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan hak tagih (cassie) Bank Bali Djoko Tjandra bisa menjawab keraguan publik tentang keseriusan pemerintah menyelesaikan kasus ini. Penangkapan ini juga dinilai bisa menjawab keraguan publik terkait upaya pemerintah menangkap para koruptor dan pelaku kejahatan yang merugikan negara. "Kami sangat mengapresiasi Presiden Jokowi yang secara tegas memerintahkan Kapolri dan Kabareskrim untuk menangkap Djoko Tjandra dimanapun berada," ujar Ketua Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang, kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

"Djoko Tjandra itu buronan lama. Pak Jokowi menjawab keraguan publik dalam keseriusan upaya menangkap buronan yang merugikan uang negara," kata dia. Agus mengatakan Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit juga berhasil memperlihatkan keseriusannya dengan mengusut tuntas setiap kasus hukum yang terjadi hingga ke akarnya. Menurutnya dalam kasus Djoko Tjandra, Listyo berhasil merespon keinginan publik dengan sangat cepat untuk menangkap pria yang sudah buron 11 tahun tersebut.

Namun, Agus menyampaikan agar Polri tidak berpuas diri karena masih banyak pekerjaan rumah lain yang harus dituntaskan, khususnya kasus kasus yang telah merugikan negara. Agus mengatakan PB PMII akan terus memberikan masukan, kritik, serta dukungan kepada setiap penegakan hukum yang dilakukan di Tanah Air. Dia juga menghimbau momentum Idul Adha dijadikan sebagai momentum refleksi dan ajang bersih bersih secara keseluruhan lembaga penegak hukum.

"Kami berharap ke depan ini sebagai ajang konsolidasi internal dan perbaikan koordinasi antar lembaga penegakan hukum di negara kita,yang terlihat rapuh karena kasus ini. Bersih bersih kelembagaan, menyembelih sifat sifat buruk dalam penegakan hukum, itu esensi kurban," kata dia.

Berita Terkait

Saya Pikir Kurang Ideal Zulkifli Zaini & Amien Sunaryadi Jadi Dirut & Komut PLN Kurtubi

Maya Rosfi'ah

Harus Ada Laporan dari Korban Usut Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona Polri

Maya Rosfi'ah

Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Pemberhentian Wahyu Setiawan sebagai Anggota KPU

Maya Rosfi'ah

Bupati Bengkalis Diperiksa Penyidik KPK Soal Korupsi Jalan

Maya Rosfi'ah

Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Petir Prakiraan Cuaca BMKG di 34 Kota Rabu 29 April 2020

Maya Rosfi'ah

Ketika Presiden Jokowi dari Minta Masyarakat Hidup Berdamai dengan Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Siswi Pintar di Sekolahnya Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden Lulusan SMAN 2 Kota Bogor

Maya Rosfi'ah

Selasa Besok, MK Bacakan Putusan Sengketa Hasil Pileg 2019

Maya Rosfi'ah

Bagikan Foto Hasil Jepretannya, Ani Yudhoyono: Matahari Terbit Selalu Membawa Suasana Batin Berbeda

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment