Image default
Travel

Penerbangan Ini Dibatalkan Setelah Awak Kabin Laporkan Ada Es di Sayap Pesawat

Seorang awak kabin mencegah terjadi bencana saat ia memberitahukan yang ada di sayap pesawat. Kru pesawat yang tak disebutkan namanya ini melihat es di sayap pesawat dan memberitahukannya pada pilot beberapa detik sebelum lepas landas. Melansir dari Thesun.co.uk, Minggu (15/12/2019), Program Pelaporan Insiden Faktor Manusia Rahasia (CHIRP) mengkungkap kejadian tersebut.

CHIRP sendiri adalah sebuah program untuk mengawasi penerbangan sipil di Inggris. Para awak kabin bisa secara anonim melaporkan suatu hal yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Berdasarkan laporan dari awak kru tersebut, ada banyak salju di bagian sayap pesawat.

Akumulasi es di sayap bisa sangat berbahaya. Es pada dasarnya mengubah bentuk sayap dan menganggu aliran udara. Itu bisa sangat fatal karena bisa mengurangi daya angkat pesawat.

Pramugari itu heran kenapa pesawat itu tidak dibersihkan dari salju. "Saya berpikir seharusnya pilot berpengalaman, mereka harus tahu apa yang mereka lakukan dan bukan tempat saya untuk memberi tahu mereka cara melakukan pekerjaan mereka," kata kru pesawat dalam sebuah laporan. Sebelumnya, pintu pesawat sudah dikunci dan mesin dihidupkan dan siap terbang.

Awak kabin itu memberitahu adanya es sebelum pesawat memasuki landasan. Akhirnya pilot memindahkan pesawat ke area aman dan memeriksa sayap. Kapten kemudian mengkonfirmasi diperlukan pembersihan sebelum lepas landas.

Namun, penerbangan ini akhirnya dibatalkan dan landasan pacu ditutup di tengah hujan salju lebat. Awak kabin yang memberitahukan es di sayap mendapat ucapan terimakasih dari kapten pesawat. Kapten pesawat sebelumnya mengaku hanya melihat salju di sayap bukan es.

"Ingat bahwa hal terpenting dalam insiden seperti itu adalah melaporkan kekhawatiranmu sesegera mungkin," ungkap juru bicara CHIRP. Sampai berita ini diterbitkan belum ada detail nomor penerbangan dan bandara dari kejadian ini.

Berita Terkait

Liburan Sehari di Semarang? Ini Itinerary yang Bisa Anda Coba

Maya Rosfi'ah

Simak Rincian Lengkapnya KRL Beroperasi Secara Terbatas Selama Hari Raya Idul Fitri 2020

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 4 Hotel di Surabaya yang Tawarkan Paket Spesial Tahun Baru 2020

Maya Rosfi'ah

Bisa Dicoba Saat Liburan 7 Tempat Sarapan di Pekalongan

Maya Rosfi'ah

Hidangan yang Wajib Saat Idul Fitri di Indonesia 7 Fakta Ketupat

Maya Rosfi'ah

Mencicipi Uniknya Bakso Barbel Milik Agung Hercules

Maya Rosfi'ah

Jangan Pernah Berani Menyentuh Tangan Patung Buddha di Candi Borobudur

Maya Rosfi'ah

Penduduk Desa di Turki Ini Bisa Berkomunikasi Pakai Bahasa Burung Unik

Maya Rosfi'ah

Ini Rahasia Pramugari Bisa Tampil Cantik Ketika Liburan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment