Image default
Nasional

Pengemudi Ojol Diminta Bertanggung Jawab atas Kesehatan Diri Sendiri di Masa Pandemi Covid-19

JDN Indonesia Ingin Driver Ojek Daring Tanggung Jawab atas Kesehatan Diri Sendiri Saat Angkut Penumpang Junior Doctor Network (JDN) Indonesia menilai para pengemudi ojek daring atau ojek online ( ojol) harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri untuk tidak menularkan virus corona atau Covid 19. "Mereka harus jaga diri sendiri. Misalnya, oh saya harus membatasi ini (jarak dengan penumpang) begitu. Driver juga kalau merasa sakit ya istirahat dulu," kata Chairman JDN Indonesia dr. Andi Khomaini dalam siaran BNPB, Sabtu (13/6/2020).

Inilah yang harus disediakan oleh penyedia layanan transportasi daring kepada para driver dan penumpang. Andi mengatakan baik driver atau penumpang harus disediakan sebuah layanan pernyataan bahwa keduanya dalam kondisi sehat. "Merasa sehat sajalah, sebab kan dia enggak bisa lakukan swab atau yang lainnya, sehingga risiko penularannya itu bisa diturunkan lagi," lanjutnya.

Andi juga menyoroti bahwa jelang masa new normal ini seharusnya masyarakat tidak mengartikan bahwa situasi berubah dan siapa pun bebas beraktivitas di luar tanpa batasan. "Kita meminta agar masyarakat membatasi waktu dia di luar. Jadi dia keluar benar benar untuk sebuah urusan yang musti dia kerjakan, bukan untum kongkow kongkow. Yang itu ditahan dulu," kata Andi. Dengan menerapkan protokol seperti itu, Andi meyakini ada harapan untuk menurunkan risiko penularan Covid 19 ke masyarakat.

"Ini bukan cuma soal ojol, tapi juga bagaimana menggunakan kereta, busway, dan angkutan umum yang lain,"katanya. "Kita mesti lakukam protokol kesehatan perilaku hidup bersih sehat. Kalau sakit, tahan dan tahu diri, jangan memaksakan," pungkasnya.

Berita Terkait

Soal TPS buat UTBK SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah SMA

Maya Rosfi'ah

Menkes Terawan Ingatkan agar Waspadai Penyakit Pasca Banjir

Maya Rosfi'ah

Para Kiai Usulkan 6 Pos Kementerian buat PKB

Maya Rosfi'ah

493.440 Peserta Telah Cetak Kartu Login portal.ltmpt.ac.id Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

Maya Rosfi'ah

Login di www.pln.co.id & via WhatsApp Simak 2 Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis PLN

Maya Rosfi'ah

Ini Kata Ayahnya Sempat Dikira Orang China Sosok Bocah di Uang Rp 75.000 Pakai Baju Tidung Izzam

Maya Rosfi'ah

DPRD DKI Minta Dinkes DKI Tak Abai Soal Ancaman DBD Di Tengah Wabah Corona

Maya Rosfi'ah

Presiden Joko Widodo Ingatkan Tentang ‘Kerukunan’ Perayaan Natal 2019

Maya Rosfi'ah

Tidak Ada WNI dalam Kecelakaan Pesawat Pakistan Kemenlu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment