Image default
Pendidikan

Pengumuman Hasil SNMPTN 2019 Besok! Jika Lolos, Simak Tahap Penting dan Wajib Berikut

Pengumuman hasil SNMPTN 2019 akan dilakukan besok Jumat (22/3/2019). Pengumuman tersebut akan disampaikan tepat pukul 16.00 WIB melalui laman resmi snmptn. Setelah dinyatakan lolos, ada beberapa tahap penting dan wajib yang harus dilakukan oleh peserta.

Mengutip dari laman resmi snmptn.ac.id , setelah pengumuman hasil seleksi tahap selanjutnya yakni proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang. Kedua tahap tersebut dapat diakses di laman web masing masing PTN. Ditelusur dari laman resmi PTN, belum ada jadwal mengenai pelaksanaan dua tahap tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, dua tahap yang harus dilakukan setelah lolos SNMPTN 2019 secara umum adalah sebagai berikut. Pada tahap ini peserta harus melakukan verifikasi di PTN tempatnya diterima. Peserta yang lolos SNMPTN diminta untuk melakukan pencocokan data antara nilai yang diunggah dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) dengan nilai rapor.

Beberapa dokumen lain juga harus dilakukan verifikasi. Pada tahap ini peserta akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran ulang secara online sesuai kampus yang menerimanya. Peserta juga harus mengisi beberapa biodata dan melakukan pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN di website resmi snmptn.ac.id.

Biasanya setelah mengisi biodata, akan muncul biaya pendidikan (UKT) yang harus dibayarkan. Peserta kemudian diminta untuk melakukan pembayaran UKT melalui bank mitra. Mengenai kelengkapan registrasi dan tahap lanjutan, pantau informasi di website kampus yang dituju.

Selalu cari tahu syarat dan ketentuan, jadwal, serta tempat di mana harus melakukan daftar ulang. Pada tahun 2019 ini sebanyak 2.330.433 siswa kelas 12 akan lulus. Sementara itu siswa yang telah melakukan pendafataran dan finalisasi SNMPTN sebanyak 478.070.

Sementara itu bagi siswa yang berhasil lolos SNMPTN tidak diperkenankan untuk mengikuti SBMPTN. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin mendaftar jalur SBMPTN. "Peserta yang sudah diterima di jalur SNMPTN tidak bisa mendaftar di jalur SBMPTN. Ini guna memberikan kesempatan kepada peserta yang lain," jelas Prof Budi kepada Kompas.com melalui pesan singkat (18/3/2019).

Berita Terkait

Lebih Dari 60 Kampus Terdaftar Pameran Pendidikan Internasional Hadir di Tangerang

Maya Rosfi'ah

Tuntut Ganti Rugi Rp 551 Juta Fakta Fakta Orang Tua Gugat Sekolah Karena Anaknya Tidak Naik Kelas

Maya Rosfi'ah

Kemendikbud Tutup Sekolah hingga Para Siswa Dimutasi Guru SMK Ichthus Manado Tewas Ditikam Murid

Maya Rosfi'ah

Tata Cara Mandi Junub Pakai Debu Jika Tidak Ada Air, Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Maya Rosfi'ah

Tiga Orang Ini Dinyatakan Lolos Verifikasi Sebagai Calon Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022

Maya Rosfi'ah

Segera Daftar UTBK Gelombang II Dibuka Sampai 1 April, Perhatikan Tata Cara Beda dengan Sebelumnya

Maya Rosfi'ah

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Senin Besok, Simak Persyaratan dan Tahapan Pendaftarannya

Maya Rosfi'ah

Scan KTP & Ijazah Hingga Foto Selfie 6 Dokumen Wajib yang wajib Disiapkan Sebelum Daftar CPNS 2019

Maya Rosfi'ah

Kronologi Viral ‘Ngesot’ Naik tangga hingga Minum Air Muntahan Ospek Mahasiswa Baru

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment