Image default
Pendidikan

Pengumuman Hasil SNMPTN 2019 Besok! Jika Lolos, Simak Tahap Penting dan Wajib Berikut

Pengumuman hasil SNMPTN 2019 akan dilakukan besok Jumat (22/3/2019). Pengumuman tersebut akan disampaikan tepat pukul 16.00 WIB melalui laman resmi snmptn. Setelah dinyatakan lolos, ada beberapa tahap penting dan wajib yang harus dilakukan oleh peserta.

Mengutip dari laman resmi snmptn.ac.id , setelah pengumuman hasil seleksi tahap selanjutnya yakni proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang. Kedua tahap tersebut dapat diakses di laman web masing masing PTN. Ditelusur dari laman resmi PTN, belum ada jadwal mengenai pelaksanaan dua tahap tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, dua tahap yang harus dilakukan setelah lolos SNMPTN 2019 secara umum adalah sebagai berikut. Pada tahap ini peserta harus melakukan verifikasi di PTN tempatnya diterima. Peserta yang lolos SNMPTN diminta untuk melakukan pencocokan data antara nilai yang diunggah dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) dengan nilai rapor.

Beberapa dokumen lain juga harus dilakukan verifikasi. Pada tahap ini peserta akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran ulang secara online sesuai kampus yang menerimanya. Peserta juga harus mengisi beberapa biodata dan melakukan pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN di website resmi snmptn.ac.id.

Biasanya setelah mengisi biodata, akan muncul biaya pendidikan (UKT) yang harus dibayarkan. Peserta kemudian diminta untuk melakukan pembayaran UKT melalui bank mitra. Mengenai kelengkapan registrasi dan tahap lanjutan, pantau informasi di website kampus yang dituju.

Selalu cari tahu syarat dan ketentuan, jadwal, serta tempat di mana harus melakukan daftar ulang. Pada tahun 2019 ini sebanyak 2.330.433 siswa kelas 12 akan lulus. Sementara itu siswa yang telah melakukan pendafataran dan finalisasi SNMPTN sebanyak 478.070.

Sementara itu bagi siswa yang berhasil lolos SNMPTN tidak diperkenankan untuk mengikuti SBMPTN. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin mendaftar jalur SBMPTN. "Peserta yang sudah diterima di jalur SNMPTN tidak bisa mendaftar di jalur SBMPTN. Ini guna memberikan kesempatan kepada peserta yang lain," jelas Prof Budi kepada Kompas.com melalui pesan singkat (18/3/2019).

Berita Terkait

Pesan Mahfud MD di Munas IKA UII

Maya Rosfi'ah

299 dari Penerima Beasiswa Budi Luhur Kembali Mewisuda 1.759 Mahasiswanya

Maya Rosfi'ah

Selamat Hari Ibu 22 Desember – Daftar Lengkap Kata Mutiara & Puisi Menyentuh Hati buat Ibu Tercinta

Maya Rosfi'ah

Kuota 8.541 Mahasiswa Baru Prodi Kedokteran & Hukum Terbanyak SNMPTN 2020 UNS Solo

Maya Rosfi'ah

Banggakan Indonesia, Riyan Adi Saputra Siswa SMA 1 Bandar Lampung Raih Perak di Filipina

Maya Rosfi'ah

Ayu Ting Ting Antar Bilqis di Hari Pertama Masuk Sekolah, Doanya Untuk Si Buah Hati Dibanjiri ‘Amin’

Maya Rosfi'ah

Soal & Jawaban TVRI 30 Juli 2020 SD Kelas 1-3 Soal & Jawaban TVRI 30 Juli 2020 SD Kelas 4-6

Maya Rosfi'ah

Pendaftaran UTBK Gelombang II Akan Ditutup pada Senin (1/4/2019), Simak Link Pendaftaran UTBK

Maya Rosfi'ah

Ruben Onsu Bagikan Tips Membuatnya Makin Efektif Sibukkan Diri Bantu Anak-anaknya Belajar di Rumah

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment