Image default
Bisnis

Penjualan Avtur Turun Masyarakat Beralih menuju Jalan Tol Pertamina

Keberadaan jalan tol Trans Jawa dan Sumatera membuat masyarakat punya opsi lain di luar berpergian dengan pesawat terbang. Hal ini berdampak pada penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis avtur yang terus mengalami penurunan. Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan penjualan avtur turun sebesar 1,04 persen dari rata rata normal hariannya.

“Itu diakibatkan karena masyarakat lebih banyak memilih menggunakan jalur tol baik di Jawa maupun Sumatera,” kata Fajriyah saat laporan Satgas Nataru 2019/2020 di Jakarta, Minggu (12/1/2020). Lain halnya di luar pulau Jawa dan Sumatera, penjualan avtur masih tetap tumbuh. Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, konsumsi BBM jenis avtur selama periode libur Natal dan Tahun Baru di Indonesia tengah dan timur naik.

“Proyeksi kita avtur meningkat sebesar empat persen di luar Jawa. Di Jakarta dan Jawa Tengah kita lihat turun,” papar Mas’ud. Sebelumnya, Pertamina memberikan promo harga avtur atau diskon sebesar 20 persen berlaku mulai 9 Desember 2019 hingga 31 Januari 2020. Diskon tersebut berlaku di beberapa bandara di wilayah timur Indonesia yang merupakan bandara bandara transit untuk penerbangan terusan ke daerah yang lebih terpencil lagi, seperti Manado, Ambon, Kupang, dan beberapa bandara transit lainnya.

Pemilihan bandara bandara tersebut berdasarkan pada data peningkatan kebutuhan avtur yang cukup tinggi selama masa liburan natal dan tahun baru. Rata rata kenaikan konsumsi avtur di bandara tersebut mencapai lebih dari 20 persen.

Berita Terkait

Malaysia Beri Kelonggaran Cicilan Enam Bulan buat Warga Terdampak Corona

Maya Rosfi'ah

PHE Targetkan Lifting Migas 2020 Sebesar 181.510 BOEPD

Maya Rosfi'ah

Ini Sejumlah Alasan Perusahaan Asing Lebih Memilih ke Vietnam atau Thailand Ketimbang Indonesia

Maya Rosfi'ah

WhatsApp 08122-123-123 atau Login www.pln.co.id Ini Langkah Dapatkan Token Gratis PLN Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Tambah Utang Baru Rp 28 Triliun di Bulan Juli 2019 Tambal Defisit

Maya Rosfi'ah

Waspadai Pelemahan IHSG menuju Level 3.686

Maya Rosfi'ah

Indonesia Financial Center akan Dibangun di Kawasan Bisnis SCBD

Maya Rosfi'ah

Rayakan HUT RI, BRI Beri Bantuan CSR Untuk 57 SLB Se Indonesia

Maya Rosfi'ah

Direktur Niaga Garuda Indonesia Belum Tahu Ignasius Jonan akan Jadi Atasan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment