Image default
Bisnis

Penjualan Motor Anjlok Bebani IHSG Bagaimana Besok

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup minus 0,49 persen pada perdagangan hari ini atau turun 24,30 poin ke level 4.916,70. Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menjelaskan, pelemahan dipimpin oleh indeks sektor aneka industri minus 1,50 persen dan pertambangan minus 1,01 persen. Pergerakan IHSG sontak turun setelah menyentuh level psikologis 5.000, sehingga hal ini akan menjadi indikasi koreksi jangka pendek setelah mengalami penguatan yang cukup signifikan sejak pekan lalu.

"Saham ASII (PT Astra International Tbk) minus 2,66 persen ditutup melemah menjadi kontributor utama pelemahan di sektornya setelah data penjualan motor dibawah ekspektasi sebesar minus 79,3 persen," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Lanjar mengatakan, hal tersebut berbanding ekspektasi minus 20 persen dan periode sebelumnya sebesar minus 3,2 persen pada bulan April. Meskipun demikian investor asing masih melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 980,28 miliar dengan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang menjadi top net buy value.

Sementara itu, lanjut Lanjar, secara teknikal IHSG menyentuh target psikologis 5.000 dan turun terkoreksi memberikan sinyal aksi profit taking. Dia menambahkan, indikator stochastic dan RSI mulai membentuk pola bearish reversal dengan dead cross dan bearish reversal pattern. "Candlestick membentuk pola bearish harami dengan shadow high yang false break resistance psikologis 5.000. Kami perkirakan secara teknikal IHSG berpotensi kembali terkoreksi jangka pendek pada pergerakan akhir pekan dengan support resistance 4.835 hingga 4.960," pungkasnya.

Berita Terkait

Begini Kata BEI Saham IPO Sering Auto Reject Dianggap Liar

Maya Rosfi'ah

Diaspora Indonesia di Kanada Beri Tips agar UMKM Bisa Tembus Pasar Dunia

Maya Rosfi'ah

Rupiah Diprediksi Terkerek Hasil Rapat The Fed

Maya Rosfi'ah

Transaksi di Kompas Travel Fair Ditargetkan Capai Rp 111 Miliar

Maya Rosfi'ah

Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi

Maya Rosfi'ah

Tak Perlu Proteksi Erick Thohir Dirut PTBA Sebut Bisnis BUMN Bisa Jalan Sendiri

Maya Rosfi'ah

4 Alasan Pentingnya Penggunaan Accounting Software Untuk UMKM

Maya Rosfi'ah

9 Triliun buat Kebutuhan Nasabah Jelang Tahun Baru BNI Siapkan Rp 16

Maya Rosfi'ah

Erick Thohir Duga Direksi Garuda yang Lain Terlibat Penyelundupan Harley Davidson Tak Hanya Dirut

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment