Image default
Bisnis

Penjualan Motor Anjlok Bebani IHSG Bagaimana Besok

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup minus 0,49 persen pada perdagangan hari ini atau turun 24,30 poin ke level 4.916,70. Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menjelaskan, pelemahan dipimpin oleh indeks sektor aneka industri minus 1,50 persen dan pertambangan minus 1,01 persen. Pergerakan IHSG sontak turun setelah menyentuh level psikologis 5.000, sehingga hal ini akan menjadi indikasi koreksi jangka pendek setelah mengalami penguatan yang cukup signifikan sejak pekan lalu.

"Saham ASII (PT Astra International Tbk) minus 2,66 persen ditutup melemah menjadi kontributor utama pelemahan di sektornya setelah data penjualan motor dibawah ekspektasi sebesar minus 79,3 persen," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Lanjar mengatakan, hal tersebut berbanding ekspektasi minus 20 persen dan periode sebelumnya sebesar minus 3,2 persen pada bulan April. Meskipun demikian investor asing masih melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 980,28 miliar dengan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang menjadi top net buy value.

Sementara itu, lanjut Lanjar, secara teknikal IHSG menyentuh target psikologis 5.000 dan turun terkoreksi memberikan sinyal aksi profit taking. Dia menambahkan, indikator stochastic dan RSI mulai membentuk pola bearish reversal dengan dead cross dan bearish reversal pattern. "Candlestick membentuk pola bearish harami dengan shadow high yang false break resistance psikologis 5.000. Kami perkirakan secara teknikal IHSG berpotensi kembali terkoreksi jangka pendek pada pergerakan akhir pekan dengan support resistance 4.835 hingga 4.960," pungkasnya.

Berita Terkait

Contek Cara Banananina Beriklan Hemat di Medsos Kian berhasil di Tahun ke-10

Maya Rosfi'ah

Rayakan HUT RI, BRI Beri Bantuan CSR Untuk 57 SLB Se Indonesia

Maya Rosfi'ah

Jumlah Truk Kelebihan Muatan yang Melintas di Tol Cikampek Berkurang 30 Persen

Maya Rosfi'ah

Berikut Faktor-faktor Pendorongnya Senin 8 Juni 2020 Rupiah Tembus Angka Rp 13.885 per Dolar AS

Maya Rosfi'ah

Kemenkeu Usulkan Cukai Plastik Rp 200 per Kantong, Harga ke Konsumen Jadi Rp 500

Maya Rosfi'ah

Stop Penambahan Armada Baru Qantas Rumahkan 25.000 Pegawai Dihantam Covid-19

Maya Rosfi'ah

Berikut Cara Daftar & Syaratnya Penyebab Gagal Dapatkan Kartu Pra Kerja

Maya Rosfi'ah

Bos BCA Khawatir Terjadi ‘Shortage’ Imbas Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Menteri Erick Thohir Sudah Ingatkan Perihal Kursi Panas Bos BUMN Kasus Proyek Fiktif

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment