Image default
Kesehatan

Perawatan Luka Pascaoperasi Sunat Kadang Bikin Anak Rewel

Pascaoperasi sunat, ada luka bekas jahitan pada penis anak. Butuh waktu seminggu sampai dua minggu untuk pemulihannya. Dokter Spesialis Bedah Umum, dr. Andika August Winata, SpB menjelaskan luka bekas sunat pada anak mungkin saja berdarah sehingga disarankan untuk istirahat dulu pascaoperasi. Kemudian luka pascaoperasi sunat juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang frekuensinya akan berbeda setiap orang tergantung ketahan imunitasnya.

"Luka operasi pada umumnya bisa sebabkan infeksi pendarahan atau nyeri perawatan pascakhitan ada peran antibiotik supaya tidak menghambat," ucap dr. Andika saat live instagram bersama RS Eka Hospital, Kamis (18/6/2020). Kalau untuk mengatasi nyeri yang bikin anak jadi cengeng atau cranky, biasanya dokter sudah meresepkan obat yang bisa diminum kalau ada keluhan nyeri. Yang jadi masalah adalah kalau terjadi pendarahan karena misalnya kekencengan menggosok atau habis buang air kecil. Penis tidak dibersihkan sehinggamembuat kotor dan memancing infeksi.

"Perawatan luka yang jadi masalah, saat kencing kencingnya ini sering mengotori bagian luka akibatnya benyek dan jadi infeksi jadi tetap harus dibersihkan," ungkap dr. Andika. Tindakan sunat merupakan tindakan pelepasan kulit di ujung penis untuk mencegah berbagai risiko penyakit dan menjaga kebersihan penis. Sunat bisa dilakukan usia berapapun dengan berbagai metode yang berkembang, mulai dari potong langsung kulup dengan pisau bedah, laser, klem maupun strapler.

"Kapan waktu terbaik enggak ada tapi kami banyak melakukan sunat dari awal kelahiran juga, yang penting kondisi bayi sehat atau lahirnya tidak ada masalah bisa dilakukan tindakan," pungkas dr. Andika.

Berita Terkait

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan: Mencegah kanker dan Jaga Kesehatan Jantung

Maya Rosfi'ah

Sering Disebut ‘Dijilat Setan’, Memar Tanpa Sebab Bisa Jadi Tanda Penyakit Berat!

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

Hal-hal yang Mungkin Membuat Kita Tidak Bahagia

Maya Rosfi'ah

Dinkes DKI Bagikan Trik Hindari Heat Stroke Cuaca Ekstrem

Maya Rosfi'ah

7 Bahan Alami Bantu Perokok Hentikan Kebiasaan Buruknya

Maya Rosfi'ah

Deretan Kebiasaan Sehari Hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Tubuh, Termasuk Pakai Sandal Jepit

Maya Rosfi'ah

Kesiapan Fasilitas KRI Dr. Soeharso buat Evakuasi WNI di Jepang

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment