Image default
Otomotif

Perusahaan Pembiayaan Ajukan ketentuan Keringanan Cicilan buat Debitur Korban Corona

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menawarkan restrukturisasi (keringanan) kepada yang mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat penyebaran virus corona atau Covid 19. Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno mengatakan, jenis restrukturisasi (keringanan) yang dapat ditawarkan yakni perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran dan atau jenis restrukturisasi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan. DIa menyatakan, pengajuan permohonan restrukturisasi (keringanan) dapat dilakukan oleh nasabah yang terkena dampak penyebaran virus corona.

Melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu (29/3/2020), Suwandi mengungkapkan, restrukturisasi tersebut dengan 5 persyaratan yakni terkena dampak langsung Covid 19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp 10 miliar, kemudian pekerja sektor informal dan atau pengusaha UMKM. Selain itu, tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat pemerintah mengumumkan virus corona, pemegang unit kendaraan atau jaminan, dan kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan. "Tata cara pengajuan restrukturisasi (keringanan) berlaku mulai tanggal 30 Maret 2020" kata Suwandi.

Ia menambahkan, restrukturisasi dapat dilakukan dengan cara mengisiformulir yang dapat di download dari website resmi perusahaan pembiayaan, serta pengembalian formulir dilakukan melalui email atau tidak perlu mendatangi kantor perusahaan pembiayaan. Kemudian, persetujuan permohonan restrukturisasi akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email dan restrukturisasi dapat disetujui apabila jaminan kendaraan atau jaminan lainnya masih dalam penguasaan debitur sesuai perjanjian pembiayaan. "Kami memahami bahwa penyebaran wabah virus corona berdampak terhadap perekonomian nasional yang juga dapat mempengaruhi kondisi keuangan Bapak atau Ibu saat ini," ujar Suwandi.

Berita Terkait

APM Mobil Eropa Mulai Waspadai Pergerakan APM Mobil China di Indonesia

Maya Rosfi'ah

IIMS 2020 Tetap Akan Digelar

Maya Rosfi'ah

Mudik Balik Bareng Honda, Banjir Pujian dari Para Peserta

Maya Rosfi'ah

Deretan Mobil Bekas Yang Paling Dicari Jelang Lebaran, Awas Modus Pedagang Tipu Tipu

Maya Rosfi'ah

Stigma Ibu Rumah Tangga Tak Halangi Sawitri Jalani Profesi Driver Taksi Online

Maya Rosfi'ah

New Avanza Ditawarkan dengan Harga Hanya Rp 5 Juta Lewat Flash Sale di Telkomsel IIMS 2019

Maya Rosfi'ah

Ini Jawabannya harga Honda Jazz Bekas Lebih Tinggi dari Yaris

Maya Rosfi'ah

Kawasaki Ninja 250 4 Silinder Sedang Dinanti, Honda Akan Siapkan CBR300RR dengan Teknologi Canggih

Maya Rosfi'ah

Builder Italia-Jepang Berbagi Pengalaman Bangun Motor Custom di Suryanation Motorland 2019 Show Off

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment