Image default
Otomotif

Perusahaan Pembiayaan Ajukan ketentuan Keringanan Cicilan buat Debitur Korban Corona

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menawarkan restrukturisasi (keringanan) kepada yang mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat penyebaran virus corona atau Covid 19. Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno mengatakan, jenis restrukturisasi (keringanan) yang dapat ditawarkan yakni perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran dan atau jenis restrukturisasi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan. DIa menyatakan, pengajuan permohonan restrukturisasi (keringanan) dapat dilakukan oleh nasabah yang terkena dampak penyebaran virus corona.

Melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu (29/3/2020), Suwandi mengungkapkan, restrukturisasi tersebut dengan 5 persyaratan yakni terkena dampak langsung Covid 19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp 10 miliar, kemudian pekerja sektor informal dan atau pengusaha UMKM. Selain itu, tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat pemerintah mengumumkan virus corona, pemegang unit kendaraan atau jaminan, dan kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan. "Tata cara pengajuan restrukturisasi (keringanan) berlaku mulai tanggal 30 Maret 2020" kata Suwandi.

Ia menambahkan, restrukturisasi dapat dilakukan dengan cara mengisiformulir yang dapat di download dari website resmi perusahaan pembiayaan, serta pengembalian formulir dilakukan melalui email atau tidak perlu mendatangi kantor perusahaan pembiayaan. Kemudian, persetujuan permohonan restrukturisasi akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email dan restrukturisasi dapat disetujui apabila jaminan kendaraan atau jaminan lainnya masih dalam penguasaan debitur sesuai perjanjian pembiayaan. "Kami memahami bahwa penyebaran wabah virus corona berdampak terhadap perekonomian nasional yang juga dapat mempengaruhi kondisi keuangan Bapak atau Ibu saat ini," ujar Suwandi.

Berita Terkait

Versi ABS Rp 32 Jutaan Harga & Spesifikasi Yamaha NMAX Terbaru Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Kakak Beradik Rio Bramantio dan Rian Risky Raih Hasil Maksimal di Putaran I ISSOM 2019

Maya Rosfi'ah

Lamborghini Aventador Jadi Supercar Terpopuler di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Gaikindo Minta Peserta GIICOMVEC Tak Pajang Kendaraaan yang Langgar Aturan ODOL

Maya Rosfi'ah

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Vespa World Days 2020 di Bali

Maya Rosfi'ah

Hyundai Peduli Banjir Diskon 50 Persen Biaya Jasa & 10 Persen Spare Part

Maya Rosfi'ah

Trik Sederhana supaya Ban Motor Enggak Kempis Saat Ditinggal Mudik

Maya Rosfi'ah

5 Juta Boyong Suzuki XL Diganjar Cashback Rp 3 Ada Promo Trade In

Maya Rosfi'ah

dari Harga Rp 16 Jutaan hingga Rp 80 Jutaan Harga Motor Matic Honda 2019

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment