Image default
Bisnis

PLN Minta Pembebasan Lahan Transmisi Jawa Bagian Barat Rampung Demi Listrik di DKI Aman

Pelaksana Tugas (Plt) PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menyebutkan sejumlah wilayah yang mengalami kendala dalam upaya pembebasan lahan untuk pengadaan transmisi. Mulai dari Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, bahkan wilayah Jawa bagian Barat. Khusus untuk wilayah Jawa bagian Barat, Sripeni menyebut bahwa ini ada kaitannya dengan Jakarta karena pengadaan transmisi dari Jawa bagian Barat ke ibukota baru terealisasi sebesar 40 persen.

Saat ini PLN pun tengah menggandeng Kementerian ATR/BPN dalam upaya merealisasikan penertiban aset untuk segera disertifikasi. "Dimulai dari Tanjung Jati menuju Banten, Jawa bagian Barat. Dari Banten itu kabel transmisi akan ditarik menuju Balaraja sampai di Gandul," ujar Sripeni, saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019). Kementerian ATR pun diharapkan mampu membebaskan lahan untuk pengadaan transmisi Jakarta.

"Kita harus selesaikan cepat, supaya sistem DKI aman," jelas Sripeni. Sripeni menegaskan bahwa pembebasan lahan untuk pengadaan transmisi yang ditargetkan rampung tahun 2020 ini berlaku untuk seluruh Indonesia. Ia mengakui bahwa terdapat perbedaan dalam realisasi pembebasan lahan antara pembangunan gardu induk dan pembangkit, dengan pembebasan lahan untuk pengadaan transmisi.

Menurutnya, pembebasan lahan untuk pembangunan gardu induk dan pembangkit justru lebih mudah terealisasi. Hingga kuartal III tahun 2019, jumlah pembebasan lahan yang sudah terealisasi saat ini mencapai angka 39 persen, atau sepanjang 18.542,2 kms. Sedangkan 28 persen masuk pada tahap pra konstruksi dan 33 persen masuk pada tahap konstruksi.

Berita Terkait

Ini Kata Sri Mulyani Pejabat Eselon I & II Tak Ikut Terima Gaji ke-13 Cair Agustus 2020

Maya Rosfi'ah

Bank DKI Dukung Layanan Perbankan Syariah Kepada PP Muhammadiyah

Maya Rosfi'ah

Ekonom Bilang Tak Perlu Kaget Ekonomi Indonesia Kuartal II Minus 4 Persen

Maya Rosfi'ah

BI Disarankan Turunkan Suku Bunga Acuan 50 Basis Poin

Maya Rosfi'ah

Minat Investor Tinggi, IHSG Masih Berpotensi Menguat

Maya Rosfi'ah

Qory Sandioriva Kini Fokus Jalani Bisnis Kuliner dan Hampers Cantik

Maya Rosfi'ah

Jamkrindo Permudah Akses UMKM Dapatkan Kredit Usaha Rakyat

Maya Rosfi'ah

Bisnis Obat Resep DVL Tumbuh 31 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Situasi Pandemi Justru Ciptakan Peluang Investasi di Sektor yang Lagi Bergejolak

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment