Image default
Metropolitan

Polisi Fokus Bubarkan Kerumunan di Pemukiman Padat Penduduk Jakarta

Polisi masih kesulitan membubarkan kerumunan warga di pemumikan padat penduduk di Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, wilayah permukiman padat penduduk menjadi salah satu fokus utama Polda Metro dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, guna mencegah penyebaran virus corona. Sebab kata dia, PSBB terutama physical distancing tidak mudah diterapkan di permukiman padat penduduk.

"Di tempat yang padat penduduk, masih banyak kerumunan. Untuk itu polisi dan TNI lewat Babinkamtibmas dan Babinsa akan bersama sama dengan RT dan RW serta tokoh masyarakat untuk membubarkan semua kerumunan yang ada di sana," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/4/2020). Ia meminta pengurus warga aktif membantu agar pembatasan berjalan efektif. Yusri menjelaskan sebelum PSBB diterapkan sejak Jumat (10/4/2020), pihaknya tak henti hentinya melakukan imbauan dan pencegahan serta patroli berskala besar ke wilayah Jakarta untuk membubarkan kerumunan massa.

"Karena sebelumnya sudah Maklumat Kapolri. namun dengan penerapan PSBB, maka.patroli skala besar dan imbauan untuk pencegahan penyebaran virus corona akan dilakukan secara lebih masif, intensif dan efektif," kata Yusri. Dalam Pergub tentang PSBB kata Yusri kerumunan 5 orang atau lebih dapat dikenai sanksi pidana. "Penindakan adalah cara terakhir, polisi tetap mengedepankan imbauan secara humanis dan persuasif untuk membubarkan kerumunan massa, 5 orang atau lebih," kata Yusri.

Ia berharap semua masyarakat memiliki kesadaran untuk taat dan patuh dalam penerapan PSBB ini. "Azas keselamatan masyarakat adalah hukum yang tertinggi. Kami berharap masyarakat sadar, patuh atas kebijakan PSBB. Sebag ini semua untuk kepentingan dan keselamatan kita bersama," kata Yusri.

Berita Terkait

Anies Baswedan Tunda Rencana Pembebasan PBB P2 Bagi Warga Yang Bangun Sumur Resapan

Maya Rosfi'ah

Aksi Gagal Begal di Jakarta, Begini Cara Korban Selamat dari Percobaan Perampasan Motor di Gandaria

Maya Rosfi'ah

Wawan Hari Purwanto: Semua Jenjang Harus Mendapatkan Literasi Tentang Bahaya Paham Radikal

Maya Rosfi'ah

Anies Usul Stasiun Kota Tua Masuk Rencana Penataan Berikutnya Setelah Resmikan 4 Stasiun Terpadu

Maya Rosfi'ah

Begini Kata Dinhut DKI 300 Pohon di Jakarta Ditebang buat Pembangunan 4 Mega Proyek Rp 736 Miliar

Maya Rosfi'ah

13.109 Orang Padati Monas Saksikan Orkestra Musik Klasik

Maya Rosfi'ah

Komplotan Perampok yang Beraksi di Rest Area Tol Merak Hingga Cikampek Digulung

Maya Rosfi'ah

9.642 Kendaraan Diminta Putar Balik menuju Jakarta Hendak Mudik

Maya Rosfi'ah

Bawaslu Kota Bekasi Temukan 12 Baliho Ucapan Selamat Kemenangan Ke Prabowo Sandiaga

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment