Image default
Nasional

Prabowo Kehilangan Sosok Sahabat & Prajurit yang Hebat Djoko Santoso Meninggal

Kabar duka datang dari dunia militer Indonesia. Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia pada hari ini, Minggu (10/5/2020). Djoko Santoso menjalani perawatan di ruang Cerebrovascular Intensive Care Unit Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto sejak Sabtu (2/5/2020).

Berita meninggalnya Djoko Santoso dibenarkan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr A Budi Sulistya. "Beliau dirawat sejak Sabtu, 2 Mei 2020. Wafat pada Minggu 10 Mei 2020 pukul 06.30 WIB. Bukan akibat COVID 19," kata Budi. Selain aktif di dunia militer, Djoko Santoso juga aktif di dunia politik dengan menjadi anggota Dewan pembina partai Gerindra.

Bahkan ketika Pemilihan Presiden 2019, ia ditunjuk sebagai ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandiaga Uno. Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan Djoko Santoso merupakan sahabat Prabowo Subianto yang paling dibanggakan oleh Menteri Pertahanan tersebut. Alasannya karena Djoko Santoso selalu bersama Prabowo ketika di TNI.

Menurutnya, Prabowo sangat memercayai Djoko Santoso karena mantan Panglima TNI ini memiliki sifat loyal yang tinggi. Dahnil mengaku banyak belajar dari sosok Djoko Santoso terlebih ketika masa kampanye Pemilihan Presiden 2019. Pria kelahiran Aceh ini, merasa beruntung pernah kenal dengan Djoko Santoso dan bekerja bersamanya.

Hal ini diungkapkan Dahnil melalui akun Twitternya @dahnilanzar pada Minggu (10/5/2020). Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah mantan panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso di rumah duka, Jalan Bambu Apus, Jakarta Timur pada Minggu (10/5/2020). Prabowo datang bersama sejumlah petinggi partai Gerindra dan pejabat Kementerian Pertahanan.

Mantan Danjen Kopassus itu mengungkapkan kesedihannya kehilangan sosok Djoko Santoso. Ia juga memuji Djoko Santoso dan mengungkapkan bahwa Djoko Santoso merupakan prajurit yang hebat. "Kita prihatin, kita lepas beliau dengan penuh kehormatan. Beliau seorang prajurit yang hebat," ujar Prabowo.

Ucapan duka juga datang dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Ia menyampaikan duka cita tersebut mewakili seluruh prajurit TNI beserta keluarga. "Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun. Saya, atas nama seluruh prajurit TNI beserta keluarga, merasakan Duka Cita mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso (Panglima TNI Periode2007 2010)," tulisnya dalam akun Instagram resmi Puspen TNI @puspentni, pada Minggu (10/5/2020).

Tak lupa, Hadi pun mendoakan agar almarhum Djoko Santoso husnul khotimah. "Teriring soa, aemoga beliau Husnul Khotimah dan mendapat Rahmat serta Maghfirah dari Allah SWT. Aamiin YRA. Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wa'fuanhu, " tulis Hadi. Pemakaman Djoko Santoso dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Sandiego Hills, Karawang, Jawa Barat sekitar pukul 14.00 WIB.

Berita Terkait

77 Triliun Cair 15 Mei 2020 THR ASN Senilai Rp 6 Kabar Gembira

Maya Rosfi'ah

DPRD DKI Minta Dinkes DKI Tak Abai Soal Ancaman DBD Di Tengah Wabah Corona

Maya Rosfi'ah

Cyndyana Lorens – Dituding Terlibat Skandal dengan Petinggi Garuda hingga Ngaku Pernah Dilaporkan

Maya Rosfi'ah

Ketika Presiden Jokowi dari Minta Masyarakat Hidup Berdamai dengan Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Ahmad Sahroni Minta Imigrasi Perbaiki Sistem Cegah Kasus Djoko Tjandra Terulang

Maya Rosfi'ah

BPN Minta LPSK Lindungi Saksi, TKN Singgung Kasus Kotawaringin: Awas Rekayasa

Maya Rosfi'ah

Jawaban TVRI SD Jika Edo Berlari Mengelilingi Lapangan Sebanyak 5 Kali Berapa Meter Edo Berlari

Maya Rosfi'ah

Pengacara Tidak Tahu Sakit yang Diderita Romahurmuziy

Maya Rosfi'ah

dari Mendaftar Kader hingga Resmi Jadi Bakal Calon Wali Kota Perjalanan Gibran Menuju Pilkada Solo

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment