Image default
Travel

Pramugari Ini Ungkap Kisaran Gajinya Selama Bekerja di Pesawat

Selain karena bisa berkeliling tempat baik dalam negeri maupun luar negeri, penampilanpramugariyang cantik hampir tanpa cela membuat pekerjaan tersebut menjadi populer. Namun, siapa sangka, ternyatagajiyang diterima olehpramugariyang lulusanSMKbisa setara dengan upah seorangmanajeryang berpengalaman. Pramugaribernama Heksa Putri mengungkapkan kisarangajiyang bisa ia dapatkan per bulan dari pekerjaannya.

Melalui akun Youtube miliknya yang diunggah pada 29 November 2019, ia menjelaskan hal tersebut. "Gaji pramugari itu tergantung menurut jam terbang," ungkap Heksa. Pendapatan gaji juga tergantung dari tingkatan atau grade dari seorang pramugari.

Ada 5 grade dalam pekerjaan pramugari ini, dari FA1, FA2, FA3, FA4, dan FA5, dan itu masih dibagi menjadi 2 yaitu Senior dan Junior. Menurut Heksa, adatiga gaji dan insentif yang diterima oleh seorang pramugari. Gaji pokok adalah gaji yang pasti akan didapatkan oleh setiap pramugari.

Gaji pokok yang biasa Heksa dapatkan sekitar Rp 4,2 juta untuk pramugari yang sudah lebih dari 5 tahun terbang atau senior flight attendance. "Gaji aku sendiri itu kan Rp 4.2 Juta, itu masih dikurangi BPJS dan Asuransi ku sendiri. Jadi gaji pokok bersih yang aku dapet sekitar Rp 3.8 juta," ujar Heksa. Gaji Pata atau Uang Pata yaitu uang yang dibayar saat kita terbang.

"Untuk gaji pata juga gak nentu. Tergantung dari jam terbang kita tiap bulan, kadang bisa Rp 2 juta, kadang Rp 3 juta. Kalau pas lagi rajin terbang bisa sampai Rp 4 juta," jelas Heksa. Contohnya saat kita terbang jam 8 pagi dan selesai di jam 4 sore, uang pata akan dibayarkan menurut jumlah jam kita terbang hari itu. Gaji ketiga adalah gaji jam terbang, yang dihitung dari seberapa sering kita terbang.

Semakin sering kita terbang, maka semakin besar gajijam terbang yang kita dapat. "Gaji per jam terbang itu berbeda beda menurut tingkatan grade nya, jadi kalaumisalnya bulan ini aku terbang 80 jam, jadi gaji yang aku dapet itu 80 dikali gaji per jam," lanjut Heksa. Untuk FA1 senior yang jam terbangnya 90 100 jam, ia bisa meraup uang sekitar Rp 10 juta sampai Rp 11 juta.

Namun, para pramugari tidak bisa memilih atau menentukan jadwal terbangnya sendiri, karena sudah dijadwalkan oleh scheduling . Insentif sendiri didapatkan jika kita terbang saat hari minggu atau hari libur nasional, dan saat kita terbang di bawah jam 5 pagi. Heksa mengatakan, insentif sendiri akan diberikan pada akhir bulan atau sekitar tanggal 28.

"Nah tanggal segitu biasanya masuk, lumayan bisa buat beli pulsa," ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa untuk maskapainya, tidak ada uang transport yang diberikan, karena sudah disediakan dormitory atau mess dan transportasi menuju bandara. Untukpramugariyang tidak tinggal di mess , maka uang transportnya ditanggung sendiri.

Jadi, jumlahgajiyang diterima oleh seorangpramugariadalah dari kisaran Rp 10 juta sampai Rp 18 juta.

Berita Terkait

Keunikan Tradisi Kumari, Anak Perempuan yang Dianggap Dewi oleh Masyarakat Nepal

Maya Rosfi'ah

Spot Wisata untuk Libur Lebaran Bersama Keluarga dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Maya Rosfi'ah

3 Fakta Menarik Tentang Hari Raya Waisak

Maya Rosfi'ah

5 Tempat Terbaik untuk Saksikan Sunset di Maluku, Coba Kunjungi Tanjung Nusaniwe

Maya Rosfi'ah

Pengunjung di Museum Louvre Diharuskan Patuhi Protokol Kesehatan Hari Pertama Pembukaan

Maya Rosfi'ah

Mulai dari Pegunungan hingga Pantai 9 Tempat Berkemah di Jogja buat Liburan Akhir Pekan

Maya Rosfi'ah

Sawah Lodok, Wisata Di Kampung Halaman Betrand Peto Anak Laki Laki Ruben Onsu

Maya Rosfi'ah

Operasional Terminal 1 & 2 Bandara Soekarno-Hatta Akan Dibatasi dari 1 April

Maya Rosfi'ah

7 Roti Bakar Enak di Yogyakarta, Roti Bakar Kretek Kewek 1872 Dibungkus Daun Pisang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment