Image default
Otomotif

Rangka eSAF di Honda Genio Diklaim Lebih Ringan, Bikin Lincah Bermanuver

Bobot rangka di skutik Honda Genio yang diproduksi di PT Astra Honda Motor (AHM) diklaim memiliki sejumlah kelebihan. Rangka yang disebut berteknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) ini antara lain memiliki bobot lebih ringan namun kuat, membuat konsumsi bahan bakar di skutik menjadi lebih irit. Rangka eSAF ini diproduksi di pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat.

Teknologi eSAF ini untuk pertama kalinya diterapkan di skutik Honda Genio. "Dengan menggunakan pelat tadi, secara bobot kan lebih ringan dan stabil sehingga akan lebih nyaman dikendarai dan lebih irit. Secara desain ini juga cukup fashionable," tutur GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi saat membeberkan tentang teknologi eSAF di skutim Honda Genio di pabrik AHM Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019). Dodi menjelaskan, rangka eSAF pada Honda Genio diproduksi dengan teknologi mutakhir seperti prosespresssertalaser welding.

Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitashandling, sehingga motor mudah dikendarai, ringan dan nyaman saat bermanuver. Rangka eSAF juga diklaim mampu menciptakan ruang yang semakin efisien membuatluas bagasi Genio mencapai 14 liter dan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 4,2 liter. Proses produksi rangka eSAF pada Honda Genio menurut Dodi juga didesain khusus untuk menghasilkan kualitas rangka terbaik. "Proses produksi sepeda motor Honda selalu mengedepankan kualitas sehingga rangka eSAF yang dihasilkan mampu menyuguhkan stabilitas handling dan kenyamanan yang maksimal bagi pengendara Honda Genio," terang Dodi. Selain rangka eSAF, Honda Genio juga dibekali mesin generasi terbaru eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC PGMFI yang hemat bahan bakar dan mampu memberikan performa optimal.

Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm 5.500 rpm. Kemampuan ini akan membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0 200 meter hanya dalam 12,4 detik, sementara kecepatan maksimalnya menyentuh 94 km/ jam. Selain memproduksi Honda Genio, pabrik perakitan motor Honda seluas 300.000 m2 ini juga memproduksi skutik Honda lainnya seperti Honda BeAT series, Honda Scoopy, dan Honda Vario.

Honda Genio merupakan produk skutik teranyar Honda yang didesaincasual fashionablesebagai identitas dan tren baru bagi generasi muda Indonesia dalam berekspresi. Skutik ini dipasarkan dalam dua tipe, yaitu CBS dan ISS dengan 11 varian warna. PT AHM mampu memproduksi Honda Genio hingga 2.200 unit dalam sehari.

"Saat ini 2.100 2.200 perhari untuk produksi Honda Genio. Setahun sekitar 500 ribuan lah," ungkap GM Plant AHM Cikarang.

Berita Terkait

7 Juta Motor Terjual di Indonesia Tercatat 6 Sepanjang 2019

Maya Rosfi'ah

Sudah Enam Kali Naik, Harga Xpander akan Berubah Lagi Usai Kenaikan Bea Balik Nama?

Maya Rosfi'ah

Honda CRF150 Catat Ekspor Positif, Naik hingga 71 Persen

Maya Rosfi'ah

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Vespa World Days 2020 di Bali

Maya Rosfi'ah

Beli Mobil bisa dapat Hadiah Mobil Promo Mitsubishi Akhir Tahun

Maya Rosfi'ah

Pameran IEMS 2019 Hadirkan Kendaraan Listrik Karya Anak Bangsa

Maya Rosfi'ah

Honda Servis Gratis 2.000 Kendaraan Dokter Selama Pandemi

Maya Rosfi'ah

Ini Kata Menristek Grab Gunakan Motor Listrik Gesits buat Grab Electric

Maya Rosfi'ah

Parade Interior di MBtech Awards 2019 Batam

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment