Image default
Lifestyle

Resep Sate Loso, Kuliner Khas Pemalang yang Cocok Buat Hidangan Idul Adha

<div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Sate Loso merupakan kuliner khas Pemalang, Jawa Tengah yang berbahan dasar daging kerbau atau sapi. Sate Loso diambil dari nama pelopor sate ini yaitu Pak Loso yang berasal dari Weleri.

Resep Sate Loso yang menyebar kemudian membuat banyak warga di Pemalang berjualan sate ini. Warung sate yang konon masih merupakan garis keturunan dari Pak Loso adalah Sate Loso Pak Mul. Sate ini juga dapat ditemukan di kawasan Kuliner Pemalang yang berada di sebelah utara Alun alun Pemalang.

Sebelum dibakar, sate berbahan daging kerbau atau sapi ini dibacem terlebih dahulu. Setelah dibakar, disajikan dengan bumbu kacang berwarna merah yang lembut dan bercita rasa khas. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang yang ditumbuk dan ditambah dengan cabai merah.

Selain bumbu kacang, Sate Loso juga dihidangkan bersama dengan sup yang berisi urat, tulang muda dan taoge. Sup ini bercita rasa pedas, manis, asam dan gurih. <div id='HargaSateLoso'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Satu porsi Sate Loso biasanya dijual denga harga Rp 25 ribu. Berisi 10 tusuk sate dan belum termasuk dengan nasi serta minuman. <div id='ResepSateLoso'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

250 gram daging has dalam, dipotong potong 300 gram daging sandung lamur, dipotong potong 500 ml air kelapa 25 buah tusuk sate 2 batang serai, dimemarkan 2 sendok teh garam 2 sendok makan gula merah minyak untuk mengoles Butir bawang merah 2 sendok teh ketumbar 2 siung bawang putih 1 cm lengkuas 1/4 sendok teh jintan 150 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan 250 ml air panas 2 butir bawang merah, dihaluskan 2 sendok makan gula merah 1 siung bawang putih, dihaluskan 1 buah tomat, dihaluskan 1 sendok teh garam ½ sendok makan minyak untuk menumis

1. Rebus serai, garam, gula, dan juga bumbu halus sampai mendidih. 2. Masukkan daging has dalam dan sandung lamur sampai bumbu meresap dan daging matang. 3. Potong daging dan jangan lupa tusuk di tusuk sate.

4. Panggang sate di atas bara api sambil diolesi minyak dan juga diolesi sisa bumbu hingga matang. 1. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. 2. Tambahkan tomat dan juga kacang kemudian aduk rata.

3. Setelah itu masukkan air panas, ditambahkan juga garam, dan gula merah lalu masak hingga kental. 4. Sajikan Sate Loso Pemalang bersama sausnya.

Berita Terkait

Yuk Cegah Penuaan Dini dengan Buah Delima Padahal umur Masih Muda dari Keriput Kulit Wajah Kasar

Maya Rosfi'ah

Cancer Diganggu Penyakit Ringan Ramalan Zodiak Jumat Scorpio Bertemu Sosok Istimewa 1 Mei 2020

Maya Rosfi'ah

6 Kesalahan Keramas Berakibat Rambut Rusak

Maya Rosfi'ah

Ada Kejutan Tak Terduga buat Pisces 3 Zodiak Alami Keberuntungan Pekan Ini

Maya Rosfi'ah

Capricorn Jadi Semangat Kerja Ramalan Zodiak Minggu 1 Maret 2020 Virgo Berubah Perilaku

Maya Rosfi'ah

5 Cara Packing Tanaman Hias untuk Pengiriman ke Luar Negeri

Maya Rosfi'ah

Hidup Cancer Seimbang Ramalan Zodiak Kamis Pisces Dihormati di Tempat Kerja 18 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Gampang Banget Ternyata! Cara Membuat Keripik Singkong Balado Seenak Buatan Warung Makan

Maya Rosfi'ah

Virgo Ada Masalah Kecil Scorpio Lakukan Me Time Ramalan Zodiak Cinta Besok Rabu 8 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment