Image default
Pendidikan

Scan KTP & Ijazah Hingga Foto Selfie 6 Dokumen Wajib yang wajib Disiapkan Sebelum Daftar CPNS 2019

Persipkan 6 dokumen wajib ini sebelum daftar CPNS 2019, scan ijazah hingga foto selfie. Berikut 6 dokumen wajib, yang perlu dipersiapkan sebelum daftar seleksi CPNS, 11 November 2019 mendatang. Pada Senin 28 Oktober 2019, pemerintah melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) resmi umumkan penerimaan CPNS 2019, dimulai pada 11 November 2019.

Hal itu merujuk pada penandatanganan dokumen dan pengumuman oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo pada Senin, 28 Oktober 2019. Pengumuman yang disampaikan melalui surat bernomor B/1068/M.SM.01.00/2019 itu mengatur tentang, Informasi Penerimaan CPNS tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, pengumuman ini akan diikuti dengan pembukaan pendaftaran secara online melalui portal Sscasn.bkn.go.id pada awal November mendatang.

Ridwan juga menjelaskan, dalam pengumuman ini, instasi yang membuka formasi CPNS 2019 diminta publikasikan disitus web dan media sosial masing masing. Jika merujuk pada pernyataan Kepala Biro Humas BKN, maka setidaknya ada 6 dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh calon pelamar. Dokumen penting tersebut, harus dipersiapkan sebelum pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2019.

Berikut adalah 6 dokumen wajib yang perlu dipersiapkan bagi para pendaftar CPNS 2019. 1. Scan KTP Asli 2. Foto

3. Swafoto atau foto selfie 4. Scan Ijazah 5. Scan Traskip Nilai Asli

6. Dokumen Pendukung Sesuai Kebutuhan Instasi Perlu dijadikan catatan, di seleksi CPNS 2019 kali ini, ada yang berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu, seleksi CPNS 2018 juga membuka formasi administrasi, di tahun ini tampaknya ditiadakan.

Pemerintah tak membuka formasi tenaga administrasi di tahun ini, karena jumlahnya sudah hampir separuh dari dari total dari seluruh Indonesia. Sehingga, pada rekrutmen kali ini, pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang berkontribusi memberikan perubahan. Untuk informasi lebih jelasnya, Ridwan medorong bagi para pendaftar untuk mempelajari dan memahami segala ketentuan pendaftaran di kanal Frequently Asked Question (FAQ).

CPNS 2019 Berikut 7 Tahap Penting Sebelum Lakukan Pendaftaran di Portal SSCASN, Catat Baik baik! Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menetapkan bahwa pengumuman terkait rekrutmen CPNS 2019 dimulai pada akhir Oktober 2019. Pihak BKN,sebelumnya telah mempersiapkan sarana dan prasarana guna memperlancar jalannya seleksi CPNS 2019.

Di antaranya adalah, menyiapkan infrastuktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Diketahui, laman resmi SSCASN ini akan menjadi sarana utama seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT). Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan bahwa ia siap mengawal rekrutmen CPNS 2019.

Dan perlu diketahui juga, khusus di tahun seleksi 2019, rekrutmen CPNS akan dibuka sebanyak 197.117 formasi. Setidaknya formasi tersebut terdiri dari 74 Lembaga dan Kementrian. Sedangankan sisanya berasal dari 467 Pemda dari seluruh Indonesia, berikut rinciannya;

Instansi pusat 37.854 formasi (74 K/L) Instansi daerah 159.257 formasi (467 Pemda) Sedangkan pada seleksi CPNS 2019 kali ini, setidaknya ada dua jenis formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus tersebut terdiri dari cum laude, diaspora, disabilitas, putra putri Papua, dan formasi lain yang bersifat strategis di pusat. Sedangakan alokasi formasi di seleksi CPNS 2019, adalah sebagai berikut; Sedangkan untuk pendaftaran awal, Calon peserta seleksi CPNS 2019 terlebih dahulu harus menginput Nomor Induk Kepedudukan (NIK)

Selain itu, calon peserta seleksi CPNS 2019 juga diwajibkan harus menginput Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Selain dua hal penting tadi, setidaknya ada tujuh tahap penting lainnya yang harus diketahui untuk pendaftaran portal SSCASN. 1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id

2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga 3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan 4. Lengkapi biodata

5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan 6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen 7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran 10/22/2019 Rekrutmen CPNS 2019.<span ></span>

Berita Terkait

Hadirkan Platform Rencanamu buat Mendukung Program Siap Kerja & Industri Link & Match

Maya Rosfi'ah

Terobosan Belajar Bahasa Inggris Secara Online & Metode Kampung Inggris

Maya Rosfi'ah

10 Perguruan Tinggi Masuk Daftar Kampus dengan Penelitian Terbaik di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Komitmen UNTAR Membangun Pendidikan Indonesia

Maya Rosfi'ah

& SMA SMP Soal & Materi SD Belajar dari Rumah di TVRI Kamis 30 April 2020

Maya Rosfi'ah

Simak Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri 10 PTN Paling Diminati, Cek Link di Sini!

Maya Rosfi'ah

Harapan buat Meningkatkan Kompetensi Siswa Digitalisasi Pendidikan

Maya Rosfi'ah

VIDEO Panduan Lengkap Sholat Gerhana Matahari / Sholat Khusuf & Ini Isi Tausiyah yang Dianjurkan

Maya Rosfi'ah

Ayu Ting Ting Antar Bilqis di Hari Pertama Masuk Sekolah, Doanya Untuk Si Buah Hati Dibanjiri ‘Amin’

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment