Image default
Otomotif

Segera Putuskan Aliran Listrik dari Aki Mobil Terendam Banjir

Banjir yang melanda Jakarta pada Rabu (1/1/2020), membuat sejumlah mobil terendam genangan air. Menurut Founder Smart Driving Institut, Karman Mustamin mengatakan mobil yang terendam air sebaiknya melakukan pemutusan arus listrik. Ia juga mengatakan, bila keadaan mobil yang terendam berada di jalan raya, cobalah untuk memindahkan mobil ke tempat surut tanpa menyalakan mesin mobil.

"Sebab bila menyalakan mesin, ditakutkan air akan masuk melalui saluran isap udara menuju ruang pembakaran dan air akan membanjiri mesin," kata Karman. Selain itu, Karman juga menyarankan untuk mobil yang mesinnya terendam air, agar dibawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan apakah mesin mobil kemasukan air atau tidak. "Pengecekan itu seperti busi, saringan udara, koil dan alternator. Pengecekanan ini bisa sekaligus, dilakukan penanganan seperti mengeringkan busi yang basah," ujar Karman.

"Bagi mobil yang sudah menggunakan teknologi ECU (electronic control unit), segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan. Karena ECU ini sangat sensitif terhadap kerusakan air," lanjutnya. Kemudian, Karman menyebutkan untuk melakukan pengecekan juga terhadap oli dan bensin apakah tercampur dengan air, bila tercampur harus segera dilakukan pergantian. Sementara itu, seorang montir di bengkel Aneka Motor, di Bogor. Memberikan tips saat membeli mobil bekas, agar tidak membeli mobil bekas banjir.

Asep yang sudah bekerja sebagai montir mobil selama 10 tahun, mengatakan mobil yang pernah terendam air terlihat dari eksteriornya. "Seperti lampu lampu akan terlihat buram, karena sela sela seal lampu pernah masuk air," ucap Asep. Ia juga menyebutkan, mobil yang pernah terendam banjir pasti memiliki bau aneh pada interior mobil. Bau ini biasanya disamarkan oleh penjual mobil bekas dengan wangi kopi.

"Cek juga bagian bagasi dan tempat ban serep, bila terlihat ada karat serta lumpur maka dapat dipastikan mobil ini pernah terendam banjir," kata Asep. Untuk mengecek bagian mesin, Asep menuturkan cobalah hidupkan mesin, dan coba tekan gas lalu tahan pada rpm 1.000. "Dengarkan suara mesin mobil, jika terdengar lebih kasar atau ada bunyi bunyi aneh mungkin itu pertanda mobil pernah terendam banjir", lanjutnya.

"Biaya pemulihan mobil yang pernah terendam banjir, cukuplah mahal. Maka dari itu biasanya pemilik mobil akan menjualnya, dari pada melakukan restorasi," tutup Asep.

Berita Terkait

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah IAME Series Asia Perdana

Maya Rosfi'ah

Sudah 10.537 Kendaraan Diminta Putar Balik oleh Polisi Yang Nekat Mudik Masih Tinggi

Maya Rosfi'ah

dari Cafe Racer hingga Bobber 7 Jenis Motor Custom yang Populer di Indonesia

Maya Rosfi'ah

AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota

Maya Rosfi'ah

dari Harga Rp 16 Jutaan hingga Rp 80 Jutaan Harga Motor Matic Honda 2019

Maya Rosfi'ah

Honda Servis Gratis 2.000 Kendaraan Dokter Selama Pandemi

Maya Rosfi'ah

Deretan Line Up Suzuki Digelaran Tokyo Auto Salon 2020

Maya Rosfi'ah

Mitsubishi Outlander Terbaru dengan Platform Aliansi Rilis di Akhir 2020

Maya Rosfi'ah

Polisi Tegaskan Pemilik Wajib Lapor Motor yang Dimodifikasi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment