Image default
Internasional

Seluruh WNI di Rusia Sehat Walafiat

Kondisi warga negara Indonesia di Rusia dalam keadaan sehat dan hingga saat ini, tidak ada yang terinfeksi Virus Corona. KBRI Moskow memastikan, terus melakukan pemantauan dan komunikasi dengan mahasiswa Indonesia di Rusia. Salah satunya melalui pertemuan virtual atau konferensi video pada Senin (20/4/2020) waktu setempat. Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Wahid Supriyadi, memimpin langsung konferensi video tersebut. Bersama Wakil Kepala Perwakilan RI, Azis Nurwahyudi, Pejabat Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Pejabat Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Moskow, Ketua Perhimpunana Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) Pusat, Ferlito Arnold Sauw, para Ketua Permira Cabang dan perwakilan mahasiswa Indonesia lainnya.

Dubes Wahid menyapa para mahasiswa yang tersebar di 21 kota Rusia yaitu dari Moskow dan St. Petersburg dari wilayah Barat, Irkutsk di Siberia, hingga Vladivostok di Timur Jauh yang memiliki perbedaan waktu sampai 7 jam. Konferensi video dimulai pukul 14.00 waktu Moskow, sementara di di Irkutsk pukul 19.00 waktu setempat dan di Vladivostok sudah pukul 21.00 waktu setempat. Dubes Wahid mengimbau kepada para mahasiswa untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan, mengikuti anjuran dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah setempat, termasuk dari pihak perguruan tinggi masing masing dalam mencegah penyebaran Covid 19.

Ditambahkan agar para mahasiswa selalu mengikuti perkembangan situasi dan informasi baik dari media setempat maupun KBRI Moskow. Dubes meyakinkan bahwa negara melalui KBRI Moskow hadir untuk melindungi warga negara RI yang tinggal di Rusia. Perwakilan dari berbagai cabang Permira menyampaikan bahwa para mahasiswa Indonesia dalam keadaan baik. Perkuliahan terus berlangsung dengan menggunakan sistem jarak jauh atau online.

Para mahasiswa juga mengikuti imbauan pemerintah Rusia dan pihak perguruan tinggi untuk melakukan isolasi mandiri. Sejauh ini belum ada persoalan yang berarti, pihak universitas juga memperhatikan kebutuhan sehari hari. Chelsea Irwanto, mahasiswi di Far Eastern Federal University (FEFU) yang juga Ketua Permira Cabang Vladivostok mengatakan keadaan mahasiswa di wilayah Timur Jauh Rusia dalam keadaan sehat. Pembatasan pergerakan masyarakat diterapkan di Vladivostok, seperti akses masuk ke Russky Island, tempat kampus FEFU. Saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia sebanyak 648 orang yang tersebar di 41 kota di Rusia dan total WNI sekitar 1300 orang.

Kasus Covid 19 di Rusia dari hari ke hari terus bertambah. Berdasarkan data Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing (Rospotrebnadzor), hingga 21 April 2020 total kasus Covid 19 di Rusia sebanyak 52.763 kasus. Yang sembuh 3.873 orang, dan meninggal 456 orang. Kasus terbanyak adalah di Moskow dengan jumlah 29.433 kasus. Pemerintah Rusia belum menerapkan total lockdown walaupun di beberapa daerah telah diterapkan berbagai kebijakan pengetatan pembatasan pergerakan masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi wilayah masing masing, seperti di Moskow, St Petersburg, Kazan, Murmansk, dan Vladivostok

Berita Terkait

Qatar Tuan Rumah 7th Gopac Global Conference

Maya Rosfi'ah

Gara-Gara Turis Indonesia Bikin Shinkansen Terlambat Berangkat Lebih dari 10 Menit VIRAL

Maya Rosfi'ah

Eropa & Afrika Dukung MPR RI Bentuk Forum Majelis Syuro Sedunia Parlemen Maroko Ajak Negara Arab

Maya Rosfi'ah

Film Adaptasi Video Game Besutan Sega yang Sempat Tuai Kecaman di Media Sosial Sonic the Hedgehog

Maya Rosfi'ah

Mendekatlah dengan Indonesia

Maya Rosfi'ah

Selandia Baru Ucapkan Terima Kasih Atas Solidaritas Indonesia

Maya Rosfi'ah

Erdogan Kutuk Penembakan yang Tewaskan Puluhan Orang di Selandia Baru

Maya Rosfi'ah

Bill Murray Ingin Perkenalkan Selena Gomez pada Ibunya karena Sangat Suka dengan Sang Penyanyi

Maya Rosfi'ah

Hanko Omong Kosong di Era Digital Ketua Keidanren Jepang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment