Image default
Kesehatan

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Banyak orang yang abai tentang pengetahuan ini, 9 tandadiabetes yang jarang diketahui ini sering diabaikan. Tandadiabetesyang jarang diketahui ini dianggap sebagai sebuah hal yang wajar terjadi. Banyak yang menyepelekan jika tandadiabetesyang tidak diketahui ini terjadi pada dirinya.

Sering kali orang hanya tahu bahwa diabetes atau penyakit kencing manis ini ditandai dengan air seni yang mengandung gula. Pengetahuan akan penyakit ini sangat minim di masyarakat kita. Berikut 9 tanda diabetes yang jarang diketahui oleh orang banyak, apa saja ya?

Saat kamu menderita diabetes, tubuhmu akan cenderung bekerja tidak sebagaimana biasanya. Tubuhmu tidak mampu mengubah makanan yang kamu makan menjadi gula. Akibatnya, gula yang tidak sempurna tercerna itu akan terkandung di dalam darah.

Menurut Melissa Joy Dobbins, penyuluh kesadaran diabetes di Illinois Amerika, seringnya kamu buang air kecil semata mata agar mengeluarkan kandungan gula itu. "Tubuhmu membuang gula dalam darah dengan mengeluarkannya dalam bentuk urin," ujarnya. Aaron Cypess, asisten profesor kedokteran di Sekolah Kedokteran Harvard, menerangkan keseringan yang dimaksud bukan 2 atau 3 kali saja.

Dia menerangkan jika rasa ingin buang kencingmu bahkan sudah membuatmu terjaga sepanjang malam. Dengan buang air kecil terlalu sering pasti kan membuat tubuhmu kekurangan cairan. Kamu akan merasa haus sepanjang waktu.

Kondisi akan semakin parah saat minuman yang kamu minum mengandung gula. Berseberangan dengan penyebab diabetes, yakni berat badan berlebih. Tanda dari diabetes justru berat badan yang turun.

"Ada dua hal yang menyebabkan berat badan turun," ujar Cypess. "Pertama dari air yang kamu keluarkan saat buang air kecil, kedua kamu kehilangan kalori yang seharusnya bisa diserap dari gula darah," jelasnya. Marjorie Cypress, perawat di klinik Albuquerque, New Mexico, menjelaskan jika semakin tinggi gula darah, tubuhmu semakin kesulitan mengubahnya menjadi glukosa.

"Jika kamu memakan makanan tinggi kabohidrat, tubuhmu akan lebih banyak membutuhkan insulin, dan glukosa yang ada dalam tubuh turun drastis," ujar Cypress "Inilah yang membuatmu kamu gemetaran dan membuatmu terus merasa lapar," tambahnya. Tentu semua orang merasa lelah tanpa henti.

Tapi kelelahan disini adalah salah satu efek dari tidak tersedianya kalori untuk beraktivitas. Rendahnya kalori dalam tubuh menjadikan tubuhmu kurang energi. Akibatnya kamu lelah setiap saat.

Saat gula darahmu tak terkontrol, kamu akan merasa tak enak badan. Kamu akan cenderung lebih sensitif. Faktanya, gula darah tinggi dapat ditandai dengan depresi.

Pada tahap awal diabetes, lensa mata tidak fokus dengan baik karena glukosa menumpuk di mata. Cypess meyakinkan jika ini bukan retinopati diabetik, di mana pembuluh darah di bagian belakang mata dihancurkan. "Dalam waktu enam hingga delapan minggu setelah gula darahmu stabil, kamu tidak akan merasakannya lagi; mata akan menyesuaikan. ” ujarnya.

Cypess menyebutkan jika sistem kekebalan tubuh dan proses penyembuhan luka tidak berfungsi dengan baik ketika kadar gulamu tinggi. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi jauh sebelum kamu sadar bahwa kamu menderita diabetes. Salah satunya adalah kerusakan saraf ringan, yang dapat menyebabkan mati rasa di kaki mati rasa, Cypress menjelaskan.

Jika kamu mengalami tanda tanda diatas secara terus menerus, ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Berita Terkait

Konsumsi Jus Lemon hingga Quinoa Tips Atasi Migrain

Maya Rosfi'ah

Wanita Alami Cedera Tulang Belakang karena BB Naik Drastis, Salahkan Suami karena Masak Makanan Enak

Maya Rosfi'ah

Coba 5 Lulur Kaki Buatan Ini untuk Mendapatkan Kaki Cantik dan Lembut, Bahannya Mudah Ditemukan

Maya Rosfi'ah

Penggunaan Rokok Elektrik di Selandia Baru Membantu Orang Berhenti Merokok

Maya Rosfi'ah

Penjelasan Dokter Tentang Cara Ampuh buat Penderita Hepatitis A Agar Sembuh Total

Maya Rosfi'ah

Deretan Kebiasaan Sehari Hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Tubuh, Termasuk Pakai Sandal Jepit

Maya Rosfi'ah

Para Diplomat Negara Barat Cemaskan Cara Indonesia Tangani Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Makanan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Pemicu Coba Cek Bermasalah dengan Kolesterol

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment