Image default
Travel

Siak Jadi Lokasi Terbaik 5 Tempat buat Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Traveler yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 bisa mengunjungi berbagai tempat wisata. Melansir dari situs Gerhana Indonesia yang dimiliki LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional),Gerhana Matahari Cincin akan melintasi Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. Gerhana Matahari Cincin ini diprediksi dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB.

Gerhana Matahari Cincin terjadi setiap 1 2 tahun sekali. Namun, Gerhana Matahari Cincin untuk enam tahun kedepan hanya 26 Desember 2019 yang bisa dilihat dari wilayah Indonesia. Berikut ini rekomendasi tempat tempat untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 di wilayah Indonesia.

Lokasi terbaik menyaksikan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 menurut LAPAN adalah Siak. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menetapkan Kampung Bunsur sebagai titik terindah untuk melihat peristiwa alam langka GMC 26 Desember 2019 itu. Ini menjadi momen untuk promosi wisata sekaligus bagi Pemkab Siak.

Penyanyi gambus Nisa Sabyan bakal meriahkan malam Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, 26 Desember 2019 mendatang. Gerhana Matahari Cincin di Siak dari pukul 10.22 WIB hingga 14.14 WIB. Lembaga Observasi Bosscha, Institut Teknologi Bandung, dan Pemerintah Kota Tanjung Pinang siap menggelar Festival Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019.

Festival akan dilaksanakan di Laman Boenda (Aula Gonggong), Tanjung Pinang, mulai pukul 10.00–14.00 WIB. Festival ini diadakan bertepatan dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin yang akan bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia. Padang Sidempuan juga jadi lokasi untuk melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019.

Satu rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Puncak Simarsayang. Tempat ini menawarkan pemandangan matahari tenggelam dan pemandangan kota Padang Sidempuan. Duri di Provinsi Riau juga menjadi satu tempat untuk melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019.

Traveler dapat mengunjungi Wisata Hutan Lindung dan Suaka Marga Satwa di Bukit Batu hingga peninggalan Datuk Laksamana Raja Dilaut. "Biasanya fenomena GMC ini terjadi 2 sampai 5 kali dalam setahun di lokasi yang berbeda. Khusus GMC memerlukan waktu sekitar 300an tahun untuk terlihat di lokasi yang sama dan tidak semua wilayah di Indonesia bisa melihat GMC," ujarnya. Untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin juga diperlukan alat bantu seperti teleskop, kamera pinhole, kamera DLSR, filter cahaya dan kacamata matahari.

Melihat Gerhana Matahari Cincin tanpa alat bantu bisa menyebabkan sakit mata, mata berair, kepala pusing, dan bahkan yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kebutaan.

Berita Terkait

Jangan Letakkan Barang di Kantong Belakang Kursi Pesawat Bahaya

Maya Rosfi'ah

Pengunjung Savana Propok Lombok Berpesta dengan Pengeras Suara Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

Ada Sate Biawak hingga Botok Sarang Tawon 8 Kuliner Ekstrem di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Coba Naik Campervan 5 Cara Liburan Seru di Selandia Baru

Maya Rosfi'ah

Cuma Rp 20 Ribu Keliling Kota Bandung dengan Naik Bandros buat Liburan Akhir Pekan

Maya Rosfi'ah

Wisatawan Diminta Patuhi Protokol Kesehatan yang Berlaku Persiapan New Normal di Jogja

Maya Rosfi'ah

Dari yang Murah hingga Mewah, 9 Hotel di Banyuwangi Ini Cocok Jadi Alternatif Menginap

Maya Rosfi'ah

5 Tips Seru Backpacker ke Singapura untuk ‘Low Budget’

Maya Rosfi'ah

7 Hal Tentang Penerbangan yang Jarang Diketahui Penumpang Apa Saja

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment