Image default
Lifestyle

Simak Makanan yang Perlu Dikonsumsi Selama Menstruasi serta Kenali Makanan yang Lebih Baik Dihindari

Kebutuhan nutrisi wanita berubah sepanjang siklus menstruasi. Salah satu alasannya yaitu terjadinya fluktuasi hormon pada wanita yang mengalami menstruasi. Wanita yang sedang mengalamu menstruasi biasanya kehilangan mineral serta vitamin esensial melalui pendarahan.

Untuk mengembalikan kehilangan ini, para ahli merekomendasikan diet seimbang sesuai dengan periode mesntruasi. Produk tertentu dapat membantumu mempertahankan tingkat elemen yang sehat dan dapat memerangi kondisi seperti kram, pembengkakan, sakit kepala, mual, dan kelelahan. Dilansir Brightside.me, terdapat beberapa produk apa yang harus kamu makan serta perlu dihindari selama periode mesntruasi.

Tanpa disadari hal tersebut dilakukan guna mendapatkan manfaat lebih pada kesehatan wanita yang sedang mengalami periode menstruasi. Zat besi adalah mineral yang paling terasa hilang saat pendarahan menstruasi. Brokoli akan membantumu mengkompensasi kehilangan zat besi dalam tubuh wanita yang sedang menstruasi.

Selain zat besi, brokoli kaya akan serat, magnesium, dan kalium yang akan membantu mengurangi kembung , memperbaiki pencernaan dan mengendurkan otot jika kamu menderita kram. Pisang mungkin menjadi pilihan terbaik bagimu sebagai camilan selama haid. Buah buahan ini mengandung kalium, magnesium, dan serat.

Buah pisang akan membantumu mengelola buang air besar yang tidak teratur, diare, dan mengidam sebagai camilan tambahan. Coklat hitam mengandung banyak mineral sehat seperti zat besi, magnesium, antioksidan, dan flavanol. Selain itu cokekat juga dapat menguntungkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Ternyata tanpa disadari cokelat juga mampu meningkatkan suasana hatimu! Salmon harus dimasukkan dalam diet apa pun yang dianggap sehat karena mengandung asam lemak omega 3. Salmon juga merupakan kaya akan sumber protein.

Kelebihan konsumsi salmon selama haid, ternyata dapat mengurangi peradangan, meredakan kram, dan mengatur siklus menstruasi. Jahe dikenal baik untuk mengendalikan peradangan saat menstruasi. Selain itu, jahe juga akan membantumu mengurangi nyeri haid.

Cara termudah untuk konsumsi jahe saat menstruasi dengan menambahkan jahe segar ke teh, jika kamu menderita ketidaknyamanan pada perut. Konsumsi lebih banyak buah buahan ternyata dapat meningkatkan asupan vitamin dan mengurangi kandungan gula pada tubuh selama haid. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah jeruk dan lemon. Selain vitamin, buah jeruk dan lemon juga mengandung banyak serat dan air, yang akan menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dan pencernaanmu pada jalurnya.

Selain itu, buah jeruk baik untuk mengurangi mual dan kondisi tidak menyenangkan lainnya yang berhubungan dengan menstruasi. Tak banyak diketahui ternyata buah jeruk juga dapat mengurangi aliran periode jika kamu mengalami banyak pendarahan. Kamu harus menghindari produk susu jika kamu mengalami kram dan nyeri perut yang konstan. Hal terebut lantaran susu mengandung laktosa.

Laktosa merupakan sejenis gula tertentu yang sulit dicerna bagi sebagian orang yang sedang mengalami menstruasi. Selain itu, laktosa dapat menyebabkan kembung, sakit perut, dan mual semua hal yang mungkin kamu rasakan saat haid. Makanan ringan favoritmu mungkin dapat meningkatkan suasana hatimu yang sedang merasakan sakit lantaran menstruasi.

Tetapi, tanpa disadari permen dan makanan ringan juga dapat berkontribusi terhadap kembung, gas, dan peradangan karena jumlah gula rafinasi yang dikandungnya. Hal tersebut lantaran tubuhmu telah mengalami cukup banyak masalah kehilangan darah dan mineral penting. Dalam hal ini, kamu harus menghindari gula buatan dan menggantinya dengan gula alami yang ddapatkan dari buah.

Studi menunjukkan bahwa dalam beberapa kasusu konsumsi kafein saat menstruasi dapat memperpanjang durasi yang seharusnya. Tanpa disadari dengan konsumsi kafein ternyata dapat menyebabkan amenorea. Selain itu, kafein meningkatkan sindrom pramenstruasi.

Jika kamu cenderung menderita ini, kamu harus menghindari minum kopi sebelum dan sesudah menstruasi. Makan makanan pedas dapat menyebabkan gangguan tambahan di perut. Namun, jika kamu dapat mengkonsumsi makanan dengan bijak, maka kamu mungkin dapat benar benar merasakan berbagai bermanfaat makanan bagi tubuhmu selama menstruasi.

Sebagai contoh, cabai segar terkenal dengan efek anti inflamasinya, serta kunyit yang mampu menyembuhkan sistem pencernaan.

Berita Terkait

Ramalan Kartu Tarot Minggu Ini Berdasarkan Zodiak: Aries Move On! Pisces Harus Waspada

Maya Rosfi'ah

Cancer & Pisces Mager di Rumah Capricorn Makan Malam Berkelas Kegiatan Zodiak di Malam Tahun Baru

Maya Rosfi'ah

Hidup Cancer Seimbang Ramalan Zodiak Kamis Pisces Dihormati di Tempat Kerja 18 Juni 2020

Maya Rosfi'ah

Ternyata ini Rahasia Membuat Opor Ayam Jadi Tidak Mudah Basi Sampai Lebaran Tiba

Maya Rosfi'ah

Ramalan Zodiak Besok, Jumat 17 Mei 2019: Taurus Harus Bijaksana, Leo Kedatangan Teman Lama

Maya Rosfi'ah

Ramalan Nasib Zodiak Hari Ini Jumat 5 Juli 2019 : Libra Tambah Kreatif, Taurus Impulsif, Leo Boros

Maya Rosfi'ah

Leo Beda dari Biasanya Cancer Jangan Terlalu Emosi Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 9 Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Cancer Menjaga Hatinya Agar Tak Terluka Hampir Tak Pernah Tunjukkan Emosi 5 Zodiak Berhati Dingin

Maya Rosfi'ah

Mulai Niat hingga Doa Tata Cara Shalat Istikharah & Bacaannya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment