Image default
Sport

SPPOI-Eminence Jadi Pilihan Pre Competition Medical Assesment Atlet Profesional

Sentra Peningkatan Performa Olahraga Indonesia (SPPOI) Eminence di Menara Mandiri Arcade Jalan Sudirman, telah menjadi pilihan bagi para atlet profesional untuk melakukan Pre Competition Medical Assesment. Baik atlet profesional asing maupun nasional. Belum lama ini, pesepakbola asal Brazil yang merupakan pemain terbaik Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019, Renan da Silva juga melakukan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence. Silva menjalani Medical Assesment menyusul kepindahannya dari Borneo FC ke Bhayangkara FC. “Benar, belum lama ini Renan da Silva (sebagai pemain baru Bhayangkara FC—red) menjalani Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence. Sebelumnya, Pre Competition Medical Assesment yang sama juga diterapkan kepada pemain yang akan tampil di IBL (Indonesia Basketball League) 2020 khusus kepada para pemain asingnya,” jelas Direktur SPPOI Eminence, dr. Andi Kurniawan Sp.KO saat dihubungi di Jakarta, Jumat (24/01).

Dalam Pre Competition Medical Assesment antara lain dilakukan screeninng cardiovasculer untuk mengetahui apakah seorang atlet memiliki masalah jatung atau tidak, atau memiliki risiko kematian saat dia berkompetisi atau tidak. Yang dilakukan di tahap ini adalah pemerikasaan elektrokardiogram (EKG). “Kita juga melakukan speedometri, untuk megukur fungsi pernafasan (paru paru), pemeriksaan sendi otot apakah ada yang cedera atau tidak, riwayat cedera atau tidak,” jelas dr. Andi. Kemudian yang terakhir dalam Pre Competition Medical Assesment, lanjut dr. Andi, adalah test performace yaitu VO2Max untuk mengetahui level kodisi fisik, apakah ready berkompetisi atau tidak.

Terkait layanan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence, dr. Andi menjelaskan bahwa SPPOI Eminence memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan pemeriksaan atau uji kelayakan medis sebelum seorang atlet berlaga di sebuah pertandingan/kompetisi. Sehingga ada tantangan bagaimana SPPOI Eminence menjadi tempat yang bisa digunakan oleh semua atlet nasional dalam melakukan pemeriksaan tersebut. SPPOI Eminence yang mulai beroperasi pertengahan 2019, merupakan usaha keolahragaan bentukan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora.

Selain Pre Competition Medical Assesment, SPPOI Eminence menyediakan layanan manajemen cedera olahraga, employee wellness dan corporat membership, medical fitness programs, dll.

Berita Terkait

Jadwal Tanding Wakil Indonesia Babak 32 Besar Badminton Asia Championships 2019, Rabu Besok

Maya Rosfi'ah

IBL berhasil Menginspirasi Pebasket Muda Kaget Lihat GOR Sahabat Penuh Point Guard Louvre Surabaya

Maya Rosfi'ah

Valentino Rossi Disebut Masih Punya Peluang Berprestasi Bersama Tim Yamaha di MotoGP 2020

Maya Rosfi'ah

Cerita Pebalap AHRT Andi ‘Gilang’ Nyaris Jatuh: Janji Maksimal di Balap Kedua SS600 ARRC Seri Jepang

Maya Rosfi'ah

Bos Tim Repsol Honda Angkat Bicara Terkait Insiden Crash di MotoGP Catalunya

Maya Rosfi'ah

Menpora Optimis Akan Muncul Atlet Berkuda Kelas Dunia Resmikan Equinara Academy Pulomas

Maya Rosfi'ah

Balapan Indianapolis 500 Ditunda hingga 23 Agustus Akibat Virus Corona Resmi

Maya Rosfi'ah

Live Streaming TVRI Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, The Daddies Jadi Tumpuan Utama Tim Indonesia

Maya Rosfi'ah

Kontingen Indonesia Bakal Dilepas Presiden Joko Widodo Sebelum menuju Filipina

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment