Image default
Sport

SPPOI-Eminence Jadi Pilihan Pre Competition Medical Assesment Atlet Profesional

Sentra Peningkatan Performa Olahraga Indonesia (SPPOI) Eminence di Menara Mandiri Arcade Jalan Sudirman, telah menjadi pilihan bagi para atlet profesional untuk melakukan Pre Competition Medical Assesment. Baik atlet profesional asing maupun nasional. Belum lama ini, pesepakbola asal Brazil yang merupakan pemain terbaik Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019, Renan da Silva juga melakukan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence. Silva menjalani Medical Assesment menyusul kepindahannya dari Borneo FC ke Bhayangkara FC. “Benar, belum lama ini Renan da Silva (sebagai pemain baru Bhayangkara FC—red) menjalani Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence. Sebelumnya, Pre Competition Medical Assesment yang sama juga diterapkan kepada pemain yang akan tampil di IBL (Indonesia Basketball League) 2020 khusus kepada para pemain asingnya,” jelas Direktur SPPOI Eminence, dr. Andi Kurniawan Sp.KO saat dihubungi di Jakarta, Jumat (24/01).

Dalam Pre Competition Medical Assesment antara lain dilakukan screeninng cardiovasculer untuk mengetahui apakah seorang atlet memiliki masalah jatung atau tidak, atau memiliki risiko kematian saat dia berkompetisi atau tidak. Yang dilakukan di tahap ini adalah pemerikasaan elektrokardiogram (EKG). “Kita juga melakukan speedometri, untuk megukur fungsi pernafasan (paru paru), pemeriksaan sendi otot apakah ada yang cedera atau tidak, riwayat cedera atau tidak,” jelas dr. Andi. Kemudian yang terakhir dalam Pre Competition Medical Assesment, lanjut dr. Andi, adalah test performace yaitu VO2Max untuk mengetahui level kodisi fisik, apakah ready berkompetisi atau tidak.

Terkait layanan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence, dr. Andi menjelaskan bahwa SPPOI Eminence memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan pemeriksaan atau uji kelayakan medis sebelum seorang atlet berlaga di sebuah pertandingan/kompetisi. Sehingga ada tantangan bagaimana SPPOI Eminence menjadi tempat yang bisa digunakan oleh semua atlet nasional dalam melakukan pemeriksaan tersebut. SPPOI Eminence yang mulai beroperasi pertengahan 2019, merupakan usaha keolahragaan bentukan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora.

Selain Pre Competition Medical Assesment, SPPOI Eminence menyediakan layanan manajemen cedera olahraga, employee wellness dan corporat membership, medical fitness programs, dll.

Berita Terkait

Peluang VG & EG Lawan Team Secret di Grand Final Update The Leipzig Major

Maya Rosfi'ah

Valentino Rossi bilang Fabio Quartararo Tampil Mengesankan di Musim Balap Tahun 2019

Maya Rosfi'ah

Anthony Joshua & Tyson Fury Berpeluang Ambil Keuntungan dari Penundaan Jadwal Tinju Dunia

Maya Rosfi'ah

Yuzu Indonesia Masters 2019: Pebulutangkis Indonesia Diharapkan Berjaya

Maya Rosfi'ah

Alliance Tumbang Update MDL Chengdu Major Babak Playoff Hari Keempat

Maya Rosfi'ah

Tim Pelatnas Cipayung Negatif Covid-19 PBSI Umumkan Hasil Rapid Test Kedua

Maya Rosfi'ah

Final Tunggal Putri Pertemukan Chen Yu Fei dengan Nozomi Okuhara Hasil Fuzhou China Open 2019

Maya Rosfi'ah

Kesetaraan Gender di Dunia Kerja Perusahaan yang Libatkan Perempuan Tunjukan Performa Lebih Baik

Maya Rosfi'ah

Mike Tyson Bisa Kembali Rebut Gelar Juara Dunia Kelas Berat kata Presiden WBC

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment