Image default
Metropolitan

Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Light Rail Transit atauLRTakan mengadakan uji publik pada tanggal 11 Juni 2019. Masyarakat yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dapat dilihat langsung pada postingan akun instagram resmiLRTJakarta @lrtjkt.

Masih banyak masyarakat yang bingung, apa sebenarnya perbedaanMRTdanLRT? Bahkan, musikus senior Iwan Fals mengaku masih bingung membedakan dua moda transportasi tersebut. "Sy masih agak bingung antara MRT & LRT, sama2 kereta kan…apa ya bedanya…? " Tulis Iwan Fals di akun [email protected], Selasa (2/4/2019).

PT Adhi Karya melalui akun Instagram @adhikaryaid, menjelaskan perbedaan dari ketiga moda transportasi berbasis rel yang telah dan akan beroperasi di wilayah Jakarta, yakni dan . Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. MeskipunMRTdan KRL memilki daya angkut lebih besar,MRTdapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasiMRTini sistem perlintasannya dibuat melayang, sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, “headway” atau jarak antar kereta dapat dipastikan waktunya. Proyek proyek MRTsaat ini, antara lainLRTJabodebek yang dibangun oleh ADHI, laluLRTJakarta oleh @ptwijayakarya danLRTPalembang oleh @waskita_karya.

Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) merupakan transportasi dengan transit cepat, memilki daya angkut yang lebih besar dariLRT. Saat ini proyekMRTdi Jakarta, yaitu @mrtjkt, pengerjaannya dibangun oleh Shimizu Obayashi @ptwijayakarya Jaya Konstruksi dan SMCC @hutamakarya. Perlintasan MRT dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang, sama halnya dengan LRT.

Sedangkan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925, merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali bertemu konflik sebidang dengan penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor. Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial mulai Senin (1/4/2019).

Berita Terkait

Warga Cipayung Tuang Bensin menuju Sekujur Tubuhnya Lalu Bakar Diri

Maya Rosfi'ah

Lehernya Dikalungi Celurit oleh Pelaku WNA Asal Yaman Jadi Korban Perampokan di Jatinegara

Maya Rosfi'ah

Kawasan Daan Mogot Macet Parah Terdampak Jalan Amblas di Kota Tangerang

Maya Rosfi'ah

Warga Perumahan Citayam Village Temukan Anak Ular Kobra Lagi

Maya Rosfi'ah

Usai Kerusuhan, Hari Ini Pasar Tanah Abang Beroperasi Normal Lagi

Maya Rosfi'ah

5 Meter yang Mendadak Muncul di Kamar Mandi Rumah Warga di Jakarta Barat Penampakan Ular Kobra 1

Maya Rosfi'ah

Bangun Sinergitas buat Generasi yang Unggul Arief

Maya Rosfi'ah

Komplotan Begal yang Nekat Bacok Korbannya Ditangkap Polisi di Bekasi Beraksi di Depok

Maya Rosfi'ah

Anies Baswedan Tunda Rencana Pembebasan PBB P2 Bagi Warga Yang Bangun Sumur Resapan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment