Image default
Metropolitan

Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Light Rail Transit atauLRTakan mengadakan uji publik pada tanggal 11 Juni 2019. Masyarakat yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dapat dilihat langsung pada postingan akun instagram resmiLRTJakarta @lrtjkt.

Masih banyak masyarakat yang bingung, apa sebenarnya perbedaanMRTdanLRT? Bahkan, musikus senior Iwan Fals mengaku masih bingung membedakan dua moda transportasi tersebut. "Sy masih agak bingung antara MRT & LRT, sama2 kereta kan…apa ya bedanya…? " Tulis Iwan Fals di akun Twitter[email protected], Selasa (2/4/2019).

PT Adhi Karya melalui akun Instagram @adhikaryaid, menjelaskan perbedaan dari ketiga moda transportasi berbasis rel yang telah dan akan beroperasi di wilayah Jakarta, yakni dan . Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. MeskipunMRTdan KRL memilki daya angkut lebih besar,MRTdapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasiMRTini sistem perlintasannya dibuat melayang, sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, “headway” atau jarak antar kereta dapat dipastikan waktunya. Proyek proyek MRTsaat ini, antara lainLRTJabodebek yang dibangun oleh ADHI, laluLRTJakarta oleh @ptwijayakarya danLRTPalembang oleh @waskita_karya.

Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) merupakan transportasi dengan transit cepat, memilki daya angkut yang lebih besar dariLRT. Saat ini proyekMRTdi Jakarta, yaitu @mrtjkt, pengerjaannya dibangun oleh Shimizu Obayashi @ptwijayakarya Jaya Konstruksi dan SMCC @hutamakarya. Perlintasan MRT dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang, sama halnya dengan LRT.

Sedangkan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925, merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali bertemu konflik sebidang dengan penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor. Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial mulai Senin (1/4/2019).

Berita Terkait

Lazismu Kerjasama Wardah Salurkan Dana CSR Bantu Pembangunan Masjid

Maya Rosfi'ah

Ini Perjalanan Kasus Ferdian Paleka Kabur & Akhirnya Bebas dari Penjara Prank Bingkisan Sampah

Maya Rosfi'ah

Bocah 5 Tahun di Bekasi Meninggal Dunia Diduga Terkunci di Dalam Mobil

Maya Rosfi'ah

Ribuan Umat Buddha NSI Gelar Gerak Jalan Galakkan Jaga Kerukunan

Maya Rosfi'ah

Kronologi Pria Bunuh Diri Loncat dari Lantai 6 yang Hebohkan Pengunjung ITC Cempaka Mas

Maya Rosfi'ah

Istri Ingin Suaminya Tetap Diproses Hukum Meski Berpotensi Bebas Ditusuk Berkali-kali

Maya Rosfi'ah

5 Ruas Jalanan Ibu Kota Tergenang Hujan Deras Guyur Jakarta

Maya Rosfi'ah

Ini Daftarnya 66 RW di Jakarta yang Masuk Zona Merah Covid-19

Maya Rosfi'ah

ABG yang Curi Kotak Amal di Ciater Serpong Diduga Berkomplot dengan Beberapa Orang

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment