Image default
Otomotif

SUV yang Disebut-sebut akan Hadir buat Pasar Indonesia Ini Bakal Mesin Daihatsu Rocky

Lebih kecil dari Terios, sport utility vehicle yang Daihatsu Motor Company pamerkan di bakal diproduksi. Nama memang belum pasti, karena sejauh ini pihak DMC baru akan mengumunkannya pada 5 Oktober atau sehari setelah gelaran TMS 2019 usai. Kode keras bakal diproduksinya untuk meramaikan pasar SUV di Indonesia, khususnya menyasar anak muda, sejalan dengan survei Daihatsu.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengakui menurut hasil survei, anak muda lebih menggandrungi kendaraan model SUV ketimbang MPV. Wanita yang akrab disapa Amel ini mengatakan bisa saja memakai varian mesin 1.200 cc, tapi berbeda spek dari Low Cost Green Car pada Ayla dan Sigra. “Mesin LCGC tidak bisa masuk ke ," ungkap Amel kepada rombongan awak media yang mengikuti PT ADM ke Tokyo Motor Show.

"Pemakaian mesin disesuaikan dengan jenis mobilnya. Jadi, mesin baru, tidak sama dengan LCGC seperti Calya,” Amel menambahkan. Rocky tak akan gunakan mesin turbocharger untuk pasar Indonesia. Namun Amel memastikan performa yang didapatkan tidak jauh berbeda. “Tenaganya tetap dapat. Jadi, seperti apa selain turbo, itu yang kami atur,” masih kata dia.

Rocky yang mejeng di TMS 2019 memiliki spesifikasi mesin turbo 1.000 cc tiga silinder. Ini sangat berbeda dengan mesin 1.000 cc yang digunakan pada Sigra. Meski sama sama tiga silinder dan 1.000 cc, tenaga yang dihasilkan Sigra hanya 67 Ps atau sekitar 66,08 tk.

Sementara untuk mesin yang digunakan pada 1.000 cc turbo mencapai 72 Ps atau 71,01 tk dengan torsi maksimal sampai 140 Nm pada 2.400 4.000 rpm. Bisa dipastikan akan menggendong mesin berbeda 1.000 cc atau 1.200 cc yang digunakan pada mobil murah ramah lingkungan Daihatsu yang sudah ada. "Bukan cuma 1.000 cc ya, tapi ada juga yang 1.200 cc juga. Kami belum tahu itu nanti mana yang masuk, atau justru dua duanya sekaligus," ucap Amel.

Kapasitas hanya memiliki dua baris dengan kapasitas lima penumpang tapi masih punya ruang belakang sebagai bagasi. Banderol pun saat dipasarkan di Indonesia nantinya lebih murah dari harga Terios mengingat dimensi dan bahan baku lebih kecil. “Terios tujuh penumpang, lima penumpang. Mobil lebih kecil, pasti bahan baku lebih sedikit. Posisi harga logikanya kan seperti itu,” jelasnya.

Rocky akan memiliki transmisi CVT, bukan matik konvensional seperti yang Terios gunakan. SUV ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Jarak poros roda depan dan belakang yakni 2.525 mm dengan berat 960 kilogram.

Berita Terkait

Tepian Danau Toba Ribuan Bikers Tumpah Ruah Di Motocamp Ala Suryanation Motorland

Maya Rosfi'ah

Honda CRF150 Catat Ekspor Positif, Naik hingga 71 Persen

Maya Rosfi'ah

Beragam Keseruan Bareng Xpander Hadir di Pinter Bener Family Festival

Maya Rosfi'ah

Mengenal Fungsi Cairan Rem Mobil

Maya Rosfi'ah

Sudah 10.537 Kendaraan Diminta Putar Balik oleh Polisi Yang Nekat Mudik Masih Tinggi

Maya Rosfi'ah

AS Juara The Greatest Bike Suryanation Motorland Show Off 2019 Siap Diterbangkan menuju Milwaukee

Maya Rosfi'ah

SPBU Pertamina di Tangerang Selatan Kehabisan Stok BBM Premium

Maya Rosfi'ah

Rangka eSAF di Honda Genio Diklaim Lebih Ringan, Bikin Lincah Bermanuver

Maya Rosfi'ah

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment