Image default
Kesehatan

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5/2019) lalu di sebuah rumah sakit di Penang, Malaysia. Setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening dan nasofaring yang menyerang tubuhnya, akhirnya Ustaz Arifin Ilham harus mengehmbuskan napas terkahir pada malam ke 17 di bulan Ramadan ini. Kondisi sang ustaz pun dikabarkan sempat naik turun.

Pada Selasa (21/5/2019) kondisi Ustaz Arifin Ilham sempat kritis, hal ini dikabarkan oleh sang anak, Muhammad ALvin Faiz melalui instagramnya. Lalu istri Ustaz Arifin Ilham menginformasikan bahwa kondisi suaminya tersebut kembali stabil. Pada Rabu (22/5/2019) petang, kondisi sang ustaz kembali kritis sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Selain Ustaz Arifin Ilham, ternyata beberapa artis ini juga berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Bintang film Biola Tak Berdawai, Ria Irawan adalah seorang survivor kanker kelenjar getah bening. Ria Irawan divonis menderita kanker kelenjar getah bening pada tahun 2009 dan sempat menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi.

Sejak tahun 2016 Ria Irawan telah dinyatakan terbebas dari kanker kelenjar bening yang sempat bersarang di tubuhnya ini. Pola hidup sehat pun kini diterapkan oleh Ria. Aktor yang kerap bermain di serial komedi dan FTV ini sempat didiagnosis menderita kanker kelenjar getah bening.

Awalnya Aldi Taher menolak untuk melakukan kemoterapi karena takut, namun berkat dukungan dari sang sitri dan rekan sesama artis, akhirnya dirinya pun menjalani pengobatan tersebut dan terus berjuang untuk sembuh. Akhirnya pada tahun 2017, Aldi Taher dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening ini dan menerapkan pola hidup sehat hingga sekarang. Komedian ternama, Olga Syahputra sempat berjuang menghadapi kanker kelenjar getah bening sebelum akhirnya menghembuskan napas terkahir pada tahun 2015 silam.

Olga Syahputra diketahui juga mengidap meningitis selain kanker kelenjar getah bening. Berbagai pengobatan sempat dijanali Olga termasuk pengobatan alternatif. Nama Ranza Ferdian mungkin terdengar asing, namun dirinya merupakan aktor yang kerap membintangi sejumlah FTV.

Ranza Ferdian ini dikabarkan meninggal dunia karena kanker kelenjar getah bening yang dideritanya. Setelah divonis pada Juni 2018 lalu, Shakira menjalani serangkaian perawatan intensif di National University Hospital,Singapura. Shakira Aurum, putri semata wayangDenadahampir setahun menjalani perawatankanker darahatauleukimiadiSingapura.

Kini Shakira masih harus menjalani tahapankemoterapi. Wanita berusia 40 tahun itu mengungkapkan perkembangan kondisi Shakira yang kini semakin membaik. Namun Shakira masih harus menjalani kemoterapi selama 1,5 tahun kedepan.

"Kondisinya sekarang ini dia masih tetap dalam kemoterapi, masih dalam pengamatan dokter," ujar . "Kita di rumah masih satu setengah tahun lagi insya Allah, perkiraan dokter masih satu setengah tahun lagi untuk kemo tapi sudah tidak se intens di awal," ungkapnya. Kondisi badan Shakira kurang mampu menahan kemoterapi sehingga pengobatannya molor hingga 11 bulan.

Meski begitu, bersyukur dengan perkembangan kesehatan putri kecilnya. "Jadi kalau untukleukimiaitu mereka ada masa 'dibom', jadi di awal itu dibom dulu, dibom dulu itu seharusnya 6 bulan," jelasDenada. "Tapi Shakira badannya kurang bisa tahan 6 bulan, jadi molor. Jadi hampir 10, 11 bulan," tandasnya.

(*)(GRID.ID/Ayu Wulansari Kushandoyo Putri).

Berita Terkait

Ini Manfaat Kesehatan Makan Bersama Satu Wadah di Atas Daun Pisang Tak Hanya Nikmat

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Bisa Sebabkan Obesitas 4 Menu Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan Termasuk Jus & Sereal

Maya Rosfi'ah

5 Juta Dolar buat Penanganan TB di Akar Rumput Stop TB Partnership Siapkan Dana 2

Maya Rosfi'ah

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan: Mencegah kanker dan Jaga Kesehatan Jantung

Maya Rosfi'ah

Aura Kasih Disebut ‘Pabrik Susu’ Asosiasi Ibu Menyusui Bereaksi, Gak Pantas Dibuat Candaan

Maya Rosfi'ah

Kabar Donor dari Habibie untuk Penglihatan Thareq, Bagaimana Prosedur Donor Mata?

Maya Rosfi'ah

dari Gandum Alpukat hingga Bawang Putih Daftar Makanan buat Jaga Kesehatan Jantung

Maya Rosfi'ah

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment