Image default
Bisnis

Tak Perlu Proteksi Erick Thohir Dirut PTBA Sebut Bisnis BUMN Bisa Jalan Sendiri

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arviyan Arifin menyebutkan, bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa jalan sendiri, sehingga tidak perlu proteksi Menteri BUMN Erick Thohir. Arviyan menjelaskan, bisnis perusahaan pelat merah sepenuhnya harus diserahkan sesuai kebutuhan pasar dengan strategi yang diusung tiap BUMN. "Saya pikir itu bisnis ya, tidak boleh mendistorsi market, dan pendekatan bisnis saja diserahkan ke masing masing perusahaan untuk melakukan efisiensi. Tidak perlu ada kebijakan atau proteksi (menteri BUMN)" ujarnya di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Ia menjelaskan, Erick Thohir hanya memberikan arahan ke BUMN sektor pertambangan yang harus memberikan kontribusi maksimal untuk negara. Selain itu, BUMN pertambangan diharapkan bisa menerapkan prinsip tata kelola yang baik seperti perusahaan terbuka pada umumnya. Adapun, tantangan utama sektor pertambangan yakni meningkatkan efisiensi karena harga komoditas yang tidak bisa diatur.

"Efisiensi yang secara terus menerus kita lakukan. Saya yakin ini bisa," kata Arviyan. Saat ini, ada dua komponen biaya perusahaan tambang yang paling besar yakni eksplorasi sekira 40 persen hingga 50 persen dari keseluruhan operasional, disusul ongkos transportasi. Sementara, pembentukan Holding BUMN Pertambangan juga dinilainya bisa mendorong efisiensi, sehingga berdampak positif terhadap kinerja PTBA.

Dengan bergabungnya PTBA bersama Antam, Timah, dan Inalum tentunya dari sisi pengadaan solar dan lainnya bisa lebih mudah dan lebih murah karena volume lebih banyak. "Kemudian dari sisi pengembangan SDM juga demikian, kita bisa sama sama mengembangkan SDM. Banyak hal hal positif dengan adanya holding ini," pungkas Arviyan.

Berita Terkait

Devisa Sektor Pariwisata Anjlok 2 Miliar Dolar AS Digerus Virus Corona Prediksi BI

Maya Rosfi'ah

Penanganan Corona yang Cepat Bisa Selamatkan Pelemahan Rupiah Jangan Lelet Komisi XI

Maya Rosfi'ah

Bisnis Obat Resep DVL Tumbuh 31 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Maya Rosfi'ah

Sepeda Anak dari Rp 950 Ribu Element Mountain Bike dari Rp 1 Jutaan Daftar Harga Sepeda Element

Maya Rosfi'ah

ITB Siap Membantu Kemenhub Menyiapkan Protokol New Normal di Sektor Transportasi

Maya Rosfi'ah

Baja Impor dengan SNI Palsu Berpotensi Ganggu Proyek Infrastruktur Nasional Indef

Maya Rosfi'ah

5 Jam Menhub Sebut Jakarta-Merak Ditempuh Hanya 2 Jalur KA Akan Diperbaiki

Maya Rosfi'ah

Tantangan Startup ‘Gurem’ Lebih Besar Ketimbang Unicorn Soal IPO

Maya Rosfi'ah

Menhub dan Menko Luhut Tinjau Stasiun KA Pelabuhan Kuala Tanjung

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment