Image default
Sport

TERBARU Ranking BWF 2019: Marcus/Kevin Betah Dipuncak, Ahsan/Hendra Naik Peringkat

Usai berakhirnya turnamen bulutangkis Toyota Thailand Open 2019 akhir pekan lalu, akun @badmintontalk_com membagikan update ranking BWF 2019 sementara. Meskipun terhenti di babak perempatfinal pebulutangkis pasangan ganda putra andalan Indonesia Marcus/Kevin masih kokoh menduduki peringkat pertama. Pasangan yang memiliki julukan Minions ini masih sangat kokoh dengan akumulasi 102.153 poin.

Sementara, ganda putra Indonesia lainnya Ahsan/Hendra berhasil melejit peringkatnya di ranking dua dunia. Posisi ini sukses menggeser pasangan Li Jun Hui/Liu Yu Chen dari Tiongkok dan Takeshi/Sonoda dari Jepang. Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia yakni Jonathan Christie juga resmi naik satu tahta ke posisi enam dengan 72.058 poin.

Jojo sukses menggeser pebulutangkis Korea Selatan Son Wan Ho. Di sektor ganda putra, tiga wakil indonesia berhasil mendominasi peringkat 10 besar dunia. Pasangan Marcus/Kevin masih kokoh berada diposisi teratas, setelah berhasil menjuarai Indonesia Open Super 1000 dan Japan Open Super 750 di bulan Juli lalu.

Ahsan/Hendra juga berhasil meroket posisinya ke peringkat dua dunia, disusul Fajar/Rian yang masih berada posisi di ranking 7 dunia. Seperti yang telah diketahui, sektor ganda putra selalu menjadi andalan Indonesia guna menyabet berbagai gelar di turnamen BWF World Tour pada tahun 2019 ini. Terbukti, dalam dua turnamen terakhir BWF World Tour bulan lalu sektor ganda putra selalu berhasil menciptakan all indonesia final di dua turnamen berturut turut di Indonesia dan Jepang.

Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia berhasil naik tahta ke peringkat enam, ia berhasil menggeser Son Wan Ho pebulutangkis Korea Selatan. Pria yang akrab disapa jojo tersebut berhasil melaju ke final Japan Open 2019 di turnamen terakhir yang ia ikuti. Walaupun jojo harus puas menjadi runner up di turnamen yang berlangsung di negeri Sakura.

Jojo harus menelan kekalahan dari unggulan pertama Kento Momota dengan dua set langsung 16 21 dan 13 21. Menjelang kejuaraan dunia 2019 pertengahan bulan Agustus ini, Jojo diharapkan tetap melanjutkan konsistensinya agar semakin melejit ranking dunianya. Di sektor ganda campuran, pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil masuk peringkat 10 besar dunia.

Hafiz/Gloria bergabung dengan pasangan Praven/Melati sebagai pebulutangkis campuran berasal dari Indonesia yang berhasil masuk ranking 10 besar dunia. Dilansir dari situs resmi BWF, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berada di posisi 6 dunia dengan poin 64.727 setelah menjalani jumlah turnamen sebanyak 21 sepanjang tahun 2019. Sedangkan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil naik tiga peringkat ke posisi 10 dunia dengan poin sebanyak 57.871.

Di sektor ganda putri, andalan pasangan Indonesia Greysia Polli/Apriyani Rahayu masih belum bisa menampilan konsistensinya. Tercatat, dalam dua turnamen terakhir yang mereka ikuti pasangan Greysia/Polli selalu terhenti di babak perempat final. Di turnamen Thailand terbuka mereka kalah di laga perempat final melawan ganda Korsel, Chang Ye na/Kim Hye rin dengan skor akhir 21 9, 21 23, 19 21.

Di turnamen sebelumnya yang dihelat di Jepang, langkah mereka juga harus terhenti di babak perempat final. Greysia/Apriyani kalah dari wakil Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, lewat dua gim langsung 12 21 dan 12 21. Hal ini menjadi PR besar, mengingat belum konsistensinya sektor ganda putri guna mendulang prestasi di berbagai turnamen yang diikuti.

Selain Greysia/Polli, tercatat pasangan ganda putri yang sering berlaga di turnamen besar adalah Della Destiara Haris/ Rizki Amelia Pradipta dan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta yang masih berusaha menampilkan performa terbaiknya di setiap turnamen. Sektor tunggal putri Indonesia dibilang masih menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi pelatih. Hal ini karena dalam setiap turnamen yang dihelat, tunggal putri Indonesia selalu kesulitan untuk melangkah jauh ke babak selanjutnya.

Ditambah, dalam ranking BWF tidak ada satupun wakil Indonesia yang berada di posisi 10 besar ranking BWF. Gregoria Mariska Tanjung masih berada di posisi 15 dan Fitriani berada di posisi 29 ranking dunia. Hal inilah yang menjadikan sektor tunggal putri menjadi sektor yang perlu banyak perbaikan guna bisa meraih hasil terbaik dalam setiap turnamen yang diikuti. (*)

Berita Terkait

Simulasi Pertandingan Ala PP Pelti Jadi Contoh buat Penyelenggaraan Tenis di Provinsi

Maya Rosfi'ah

Crosser Tujuh Tahun Ini Finis Kedelapan di AMA Supercross California

Maya Rosfi'ah

Pelti Indonesia W15 Jakarta: Rifanty Menatap Final

Maya Rosfi'ah

Indonesia & China Terbanyak Jepang Teratas UPDATE Perolehan Gelar Juara BWF World Tour 2020

Maya Rosfi'ah

Jadwal Lengkap MotoGP untuk Sisa Musim Balap 2019: Ada 10 Seri, Live di Trans7

Maya Rosfi'ah

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Lakukan Persiapan Jadi Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Maya Rosfi'ah

Hasil Japan Open 2019: Rahasia Hafiz/Gloria Mampu Kalahkan Pasangan Nomor Satu Dunia

Maya Rosfi'ah

Jorge Lorenzo Masih Tampak Kesulitan Saat Melaju dengan Motor RC213V

Maya Rosfi'ah

Aan capai 4 Emas di Jakarta Internasional Horse Show & Equestrian Champion League

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment