Image default
Travel

Termasuk Stop Keluarkan Visa buat Warga China Kebijakan Berbagai Negara buat Cegah Virus Corona

Sejumlahnegaradi dunia langsung melakukan berbagai kebijakan untuk menangkal penyebaran wabahvirus coronayang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019. Virus yang berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan, Provinsi Hubei, itu saat ini sudah membunuh 305 orang, termasuk satu kasus kematian di Filipina. Patogen dengan kode 2019 nCov itu juga menjangkiti hampir 14.500 orang diChina, dan membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan keadaan darurat.

Dilansir dari AFP Minggu (2/2/2020), berikut merupakan kebijakan sejumlah negara untuk menangkal virus corona yang mematikan itu. Pada Jumat (31/1/2020), AS mengumumkan larangan sementara bagi warga asing yang punya riwayat bepergian China dalam dua pekan terakhir untuk datang. Sikap tegas itu juga berlaku bagi warga sendiri, di mana mereka diwajibkan melakukan karantina selama 14 hari sejak kembali dari Negeri "Panda".

Australia dan Israel kemudian meniru langkah Washington, dengan mengumumkan larangan bagi warga asing yang sempat bepergian ke China. Setelah itu berbondong bondong Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Mongolia yang juga menerapkan kebijakan serupa. Sejumlah negara yang diketahui mempunyai hubungan perbatasan dengan Negeri "Panda" mengumumkan mereka bakal menutupnya sebagai tindakan pencegahan.

Pada Kamis (30/1/2020), Rusia menyatakan bakal menutup garda terdepannya. Adapun Kazakhstan mengaku bakal menangguhkan bus hingga kereta lintas perbatasan ke China. Mongolia melarang mobil dari dan ke China untuk melintas. Sementara Korea Utara, yang menjadikan Beijing sebagai sekutu utama, melarang turis asing. Di akhir pekan ini, pemerintah Vietnam menerbitkan aturan yang menangguhkan segala penerbangan dari daratan utama China.

Papua Nugini bahkan lebih jauh lagi. Mereka memblokir wilayah udara dan laut mereka dari turis Asia pada Rabu (29/1/2020). Selain itu, negara miskin tersebut juga menutup satu satunya perbatasan dengan Indonesia, yang dikelola pemerintah Papua Barat. Sejumlah negara di dunia dilaporkan untuk sementara menghentikan penerbitan visa bagi warga China sejak virus corona begitu masif menyebar.

Singapura memutuskan menyetop penerbitan segala jenis visa bagi warga Negeri "Panda". Sementara Vietnam baru memutuskan berhenti di visa turis. Di Rusia, Kremlin mengumumkan bahwa kebijakan bebas visa bagi wisatawan China, setelah sebelumnya mereka juga menghentikan izin kerja. Adapun mereka sudah menyetop visa elektronik yang bisa dipakai warga China untuk menyeberang di Timur Jauh maupun kawasan barat Rusia.

Larangan serupa juga diberlakukan otoritas dunia lain. Seperti misalnya di Filipina, Sri Lanka, Malaysia, hingga Mozambik.

Berita Terkait

Tarif dari Rp 8 Jutaan Sekali Terbang Daftar Tiket Pesawat Murah Rute Surabaya-Amsterdam

Maya Rosfi'ah

Mall di Thailand Gunakan Pedal Kaki Buat Operasikan Lift Tak Pakai Tombol

Maya Rosfi'ah

Viral Polisi Buang Cairan Hitam di Laguna Biru Agar Tak jadi Pusat Keramaian Pemburu Foto Instagram

Maya Rosfi'ah

Tradisi Jelang Perayaan Nyepi di Jogja Tawur Agung Kesanga Prambanan

Maya Rosfi'ah

Keunikan Tradisi Kumari, Anak Perempuan yang Dianggap Dewi oleh Masyarakat Nepal

Maya Rosfi'ah

Pulau Misterius di Italia yang Jadi Lokasi Karantina Wabah Virus Pes Panduan Liburan menuju Poveglia

Maya Rosfi'ah

Patung Suro dan Boyo Masih Jadi Daya Pikat Bagi Wisatawan Luar Surabaya

Maya Rosfi'ah

7 Rekomendasi Kuliner Sepanjang Jalur Mudik Pantura, Cobain Lezatnya Empal Gentong

Maya Rosfi'ah

6 Fakta Labuan Bajo yang Bakal Jadi Pilot Project Destinasi New Normal

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment