Image default
Tips

Tips Ampuh Mencegah Tikus Agar Tidak Masuk Ke Dalam Hunian Anda

Tikus merupakan hewan pengerat yang sering mengganggu ketenangan anda. Pasalnya, hewan pengerat ini seringkali berkeliaran di berbagai tempat dan sangat rentan masuk ke dalam rumah. Hewan ini bahkan dapat lolos dari alat perangkap tikus canggih sehingga mengancam keberadaan anda. Untuk itu, berikut hal yang harus dilakukan agar tikus tidak masuk ke dalam rumah.

Tips Mencegah Tikus Agar Tidak Masuk Ke Dalam Hunian Anda

1. Periksa Gudang Dan Garasi

Hewan pengerat ini sangat menyukai kondisi tempat yang gelap, lembab dan tidak terawat. Tentunya, ruangan rumah seperti gudang dan garasi adalah sasaran hewan ini untuk mengendap dan memasuki hunian anda. Terlebih lagi jika garasi dan gudang yang berada di rumah seringkali digunakan untuk menyimpan barang yang tidak digunakan dan jarang dibutuhkan.

Untuk itu, gudang dan garasi sebaiknya selalu dibersihkan secara berkala. Anda bahkan dapat membuka ruangan ini agar terkena sinar matahari. Selain itu, pastikan ruangan ini selalu mendapatkan pencahayaan yang cukup ketika siang maupun malam hari. Penataan barang yang rapi dan tidak berantakan juga sangat direkomendasikan.

2. Tutup Jalur Masuk Tikus Ke Dalam Rumah

Tikus sebagai hewan kecil seringkali mengendap pada lubang-lubang kecil dan masuk ke dalam rumah. Lazimnya, tubuh tikus yang sangat elastis biasanya menembus pada lubang dengan ukuran sekitar 1 inchi. Untuk itu, anda perlu menyusuri lubang-lubang ini untuk mengantisipasi agar hewan pengerat ini tidak masuk ke dalam rumah.

Jika anda sudah melihat hewan ini memasuki hunian anda, gunakan alat perangkap tikus canggih untuk menangkap hewan ini. Tutuplah berbagai lubang kecil saluran air dengan kawat dan susuri berbagai tempat yang jauh dari pandangan. Tentunya, hal ini dapat membantu anda untuk mencegah hewan lain masuk ke dalam dan membasmi tikus yang sudah terperangkap di dalam rumah.

3. Pangkas Semak Dan Ranting Pohon Di Halaman

Semak dan ranting pohon yang berada di halaman sangat rentan menjadi sarang tikus. Pasalnya, tempat tersebut biasanya akan menjadi mudah kotor dan lembab ketika musim hujan. Hewan pengerat yang merasa kelaparan bahkan akan mengintai rumah anda dan masuk ke dalamnya. Untuk itu, semak dan ranting pohon tersebut sebaiknya segera dibersihkan.

4. Bersihkan Rumah

Selain itu, hewan pengerat ini juga memiliki penciuman tajam untuk mendeteksi sisa makanan yang anda miliki. Remahan dan sisa makanan yang berada di lantai bahkan bisa menjadi sasaran empuk agar hewan ini masuk ke rumah. Untuk itu, anda dapat menggunakan alat perangkap tikus canggih dan selalu membersihkan rumah agar hewan ini tidak membentuk kawanan di dalamnya.

Tikus adalah hewan yang sangat meresahkan. Untuk itu, beberapa ulasan di atas dapat anda lakukan untuk mencegah masuknya hewan pengerat ke dalam rumah. Anda bahkan bisa menggunakan beberapa produk dari cap gajah seperti lem tikus dan perangkap tikus mekanis untuk mengantisipasi serangan hewan ini.

Berita Terkait

4 Cara Tepat Merawat Bayi 1-6 Bulan yang Wajib Diketahui Para Orangtua

Maya Rosfi'ah

Ingin membeli Gitar? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Maya Rosfi'ah

7 Tips Menentukan Pilihan Headphone untuk Kebutuhan Gaming

Maya Rosfi'ah

4 Etika Mencerna Berita dari Media Informasi Indonesia

Maya Rosfi'ah

Bayar Listrik Hingga Top Up Pulsa, Semua Bisa di Aplikasi! 

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 5 Hero Mobile Legends untuk Pemula

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment