Image default
Corona

Tips Mudah & Efektif Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Simak cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah serta tips menggunakannya secara efektif. Untuk mencegah penyebaran virus seperti CoVID 19 adalah dengan rajin mencuci tangan. Tetapi jika sedang bepergian dan tidak menemukan sabun atau tempat untuk mencuci tangan, maka penggunaan hand sanitizer sangat berguna bagi Anda.

Cepatnya penyebaran virus corona, membuat sebagian besar penjual tidak dapat menyetok hand sanitizer dalam jumlah banyak. Solusi yang terbaik untuk Anda adalah membuat hand sanitizer sendiri di rumah. 1. 3/4 Isopropil atau alkohol gosok (kandungan alkohol 99%)

2. 1/4 Gel lidah buaya (untuk membantu menjaga tangan Anda tetap halus dan untuk menangkal kerasnya alkohol) 3. 10 tetes minyak esensial (minyak pohon teh atau minyak lavender, atau perasan lemon) 4. Mangkuk kecil, sendok, dan botol kosong (semprot)

Untuk membuat hand sanitizer yang efektif adalah dengan tetap menggunakan proporsi alkohol 2 : 1 untuk lidah buaya, serta menjaga kandungan alkohol sekitar 60%. 1. Siapkan mangkuk kecil dan sendok, kemudian tuang 10 tetes minyak esensial dan 1/4 gel lidah buaya, aduk hingga rata. 2. Jika sudah tercampur rata, tambahkan 3/4 Isopropil atau alkohol, lalu aduk kembali selama 10 detik.

3. Setelah tercampur rata, siapkan botol semprot plastik yang masih kosong, tuang hand sanitizer racikan Anda ke dalamnya dan tutup hingga rapat. Saat menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer Anda perlu mengoleskannya ke kulit tangan hingga kering dan jika tangan Anda berminyak atau kotor, sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan pembersih tangan secara efektif.

1. Semprotkan atau oleskan hand sanitizer ke telapak tangan. 2. Gosok tangan Anda dengan seksama. Pastikan menutupi seluruh permukaan tangan dan semua jari Anda.

3. Lanjutkan menggosok selama 30 hingga 60 detik atau sampai tangan Anda kering. Diperlukan waktu sekitar 60 detik, dan terkadang lebih lama agar hand sanitizer membunuh sebagian besar virus/kuman. Dikutip dari laman , Senin (16/3/2020) gunakan hand sanitizer hanya jika sabun dan air tidak tersedia dalam situasi tertentu.

Hand sanitizer berbasis alkohol memang dapat dengan cepat mengurangi jumlah kuman di tangan dalam beberapa situasi, namun tidak menghilangkan semua jenis kuman. Sebaliknya, sabun dan air lebih efektif daripada hand sanitizer untuk menghilangkan beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium, Norovirus , dan Clostridium difficile . Meskipun hand sanitizer berbahan dasar alkohol dapat membunuh banyak jenis kuman dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar, kebanyakan orang mungkin tidak menggunakan hand sanitizer dalam kandungan alkohol yang cukup besar atau tidak dapat menyeka sampai tangan kering.

Kapan harus mencuci tangan? 1. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan. 2. Sebelum makan.

3. Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit yang muntah atau diare. 4. Sebelum dan sesudah mengobati luka. 5. Setelah menggunakan toilet.

6. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet. 7. Setelah menyentuh barang, gagang pintu, batuk, atau bersin. 8. Setelah menyentuh binatang, pakan ternak, atau kotoran hewan.

9. Setelah menyentuh sampah.

Berita Terkait

Obat Flu Asal Jepang Diklaim China Efektif Sembuhkan Corona Avigan

Maya Rosfi'ah

Buruh Ingatkan Kewajiban Pengusaha Membayar THR

Maya Rosfi'ah

Cerita Petugas RSUD Kota Tasikmalaya Kerap Ditanya Soal Posisi Jenazah Hingga Buat Peti Mati Khusus

Maya Rosfi'ah

Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Covid-19 Masuk menuju Wilayah Adat AMAN

Maya Rosfi'ah

Jokowi Minta Masyarakat yang Belum Dapatkan Bansos buat Lapor Mengaku Masih Ada Cadangan

Maya Rosfi'ah

Ini Baru Presiden! Sujiwo Tejo Salut Jokowi Resmi Melarang Mudik buat Cegah Penyebaran Covid-19

Maya Rosfi'ah

Ini Sebarannya di 34 Provinsi Total Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kini Mencapai 80.094 Orang

Maya Rosfi'ah

Yuri Jangan Terpaku Persentase Kalau Positif 1 Meninggal Berarti Tingkat Kematian 100 Persen Dong

Maya Rosfi'ah

Ini Kata WHO Hasil Uji Klinis Awal Inggris Sebut Dexamethasone Dapat Obati Pasien Covid-19

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment