Image default
Kesehatan

Tips Peregangan Otot Saat Dalam Perjalanan Mudik

Saat melakukan perjalanan mudik Lebaran tubuh akan mudah terasa pegal pegal karena gerakan yang terbatas selama berjam jam di kendaraan. Dr. Angelica Anggunadi, Sp.KO, dokter spesialis kedokteran olahraga menjelaskan rasa pegal tersebut terjadi karena saat berada pada posisi yang cenderung statis, akan membuat aliran darah di tubuh khususnya pada bagian kaki menjadi kurang lancar dan membuat tubuh kita menjadi kaku. Wanita pun memiliki resiko mengalami pegal pegal dibanding laki laki karena faktor hormon testosteron rendah.

Hormon testosteron iniberperan dalam mendukung pembentukan massa otot. “Perempuan juga umumnya tidak memiliki kebiasaan untuk melakukan latihan kekuatan otot, jadi faktor budaya atau perilaku membuat perempuan memiliki kekuatan otot yang lebih rendah dibandingkan dengan laki laki,” ungkap dr. Angelica melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/6/2019). Dr. Angelica pun memberikan tips untuk peregangan otot untuk mengantisipasi pegal pegal saat di perjalanan mudik Lebaran.

Tekanan pada pijatan akan merangsang sensor mekanik di otot yang membuat otot relaks, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar, dan otot pun menjadi lebih lentur. Saat perjalanan mudik sebaiknya sediakan waktu untuk melakukan peregangan otot dengan gerkan gerakan riangan setiap dua jammisalnya dengan memanfaatkan rest area. Bisa juga melakukan gerakan peregangan pada bagian leher, bahu, lengan, dan pinggang dapat dilakukan walaupun dalam posisi duduk di dalam kendaraan.

Saat peregangan tubuh ditahan dalam posisi tertentu di rentang gerak yang maksimal selama 10 hingga 15 hitungan. Ketika melakukan peregangan statis ini, tidak boleh ada hentakan dan untuk mendapatkan efek yang maksimal, tiap gerakan dapat diulang 2 hingga 3 kali. Memberi sensasi panas pada bagian tubuh yang pegal ini bisa dilakukan dengan krim pemberi efek panas atau menempelkan koyo pada bagian yang panas.

Koyo mengandung zat yang memiliki sifat anti radang (metil salisilat) yang membuatnya efektif dalam mengurangi rasa nyeri pada otot.

Berita Terkait

Solusi Bibir Pecah Pecah, Coba Tips Praktisi Kesehatan Andrew Weil MD Ini, Mudah!

Maya Rosfi'ah

10 Hal yang akan Terjadi pada Tubuh Anda jika Rajin Mengkonsumsi Chia Seeds Setiap Hari

Maya Rosfi'ah

Ini Manfaat Kesehatan Makan Bersama Satu Wadah di Atas Daun Pisang Tak Hanya Nikmat

Maya Rosfi'ah

Stres Berkepanjangan Bisa Timbulkan Jerawat pada Wajah 10 Tips Atasi Jerawat dengan Mudah

Maya Rosfi'ah

Makanan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Pemicu Coba Cek Bermasalah dengan Kolesterol

Maya Rosfi'ah

10 Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Kucing Meski Mereka Mengeong Ngeong Meminta

Maya Rosfi'ah

5 Juta Dolar buat Penanganan TB di Akar Rumput Stop TB Partnership Siapkan Dana 2

Maya Rosfi'ah

Sederet Langkah Mudah buat Atasi Rasa Cemas & Stres Menjelang Persalinan

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment