Image default
Travel

Tradisi Jelang Perayaan Nyepi di Jogja Tawur Agung Kesanga Prambanan

Ada beragam upacara menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, salah satunya adalah Tawur Agung Kesanga Prambanan. Candi Prambanan merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat perayaan Tawur Agung Kesanga di Yogyakarta. Upacara ini digelar oleh umat Hindu di Jogja sehari sebelum perayaan Nyepi.

Upacara ini merupakan hasil dari ajaran Tri Hita Karana, menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen. Hubungan tiga elemen tersebut yakni manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Tujuan dari Tawur Agung Kesanga sendiri untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi, yakni saat umat Hindu akan melaksanakan Tapa Brata Penyepian.

Upacara Tawur Agung Kesanga diawali dengan ritual pengambilan air suci dari situs Istana Ratu Boko yang tak jauh dari Candi Prambanan. Biasanya, sekitar pukul 09.00 pagi, umat Hindu memulai perayaan Tawur Agung Kesanga dengan prosesi Mendak Tirta, yakni menjemput air suci. Dalam ritual Mendak Tirta ini, umat Hindu beriringan mengarak berbagai persembahan, umbul umbul, gamelan dan ogoh ogoh ke Candi Dewa Siwa.

Candi Dewa Siwa merupakan candi tertinggi dan terbesar di Prambanan. Sesampainya di Candi Siwa, mereka yang membawa umbul umbul dan persembahan saja yang masuk ke dalam candi. Setalah arak arakan tiba di Candi Dewa prosesi upacara Tawur Agung Kesanga pun dilanjutkan dengan sembahyang dan pertunjukkan tari tarian.

Prosesi Tawur Agung Kesangan diakhiri dengan membagikan air suci kepada umat dengan cara dipercikan. Air suci tersebut dipercaya mampu menyucikan hati dan pikiran umat Hindu sebagai tanda siap melangsungkan Tapa Brata Penyepian pada keesokan harinya. Sesudah upacara Tawur Agung Kesanga masih ada berbagai atraksi yang tidak boleh terlewatkan, yakni festival ogoh ogoh.

Pada tahun ini, upacara Tawur Agung Kesanga diselenggarakan pada 25 Maret 2020 nanti. Bila kamu ingin melihat prosesi sakral ini, sebaiknya mengenakan pakaian yang rapi dan tertutup dan jangan mengganggu proses beribadah.

Berita Terkait

Ada yang Penduduknya Alami Serangan Tidur Misterius 7 Desa Unik di Dunia

Maya Rosfi'ah

Sebelum Liburan menuju Luar Negeri Sebaiknya Bikin Paspor Biasa atau E-Paspor

Maya Rosfi'ah

Ada Peralatan Makan dari Tengkorak Manusia 7 Hal Aneh yang Ditemukan dalam Gua

Maya Rosfi'ah

Niat Pelesir di Indonesia, Warga Singapura Tewas Tenggelam di Laut Bintan

Maya Rosfi'ah

Ada yang Langsungkan Pernikahan hingga ‘Ngamen’ 5 Aksi Tak Biasa Penumpang Indonesia di Pesawat

Maya Rosfi'ah

Tagar #CoretBaliDanToba yang Sempat Trending Topic di Twitter Tuai Kecaman Netizen

Maya Rosfi'ah

Cek Kuota Bagasi Panduan Traveler yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Maya Rosfi'ah

Kisah Sepenggal Tembok Gereja St Paul di Macao Kokoh Berdiri Setelah Disambar Petir

Maya Rosfi'ah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Penumpang saat Pertama Kali Naik Pesawat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment