Image default
Kesehatan

Turunkan Kolestrol Jahat hingga Cegah Alzheimer 4 Manfaat Jamur Hitam bagi Kesehatan

Jamur hitam yang terlihattidak menarik ternyata miliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jamur yang biasa dikenalsebagai jamur kupingbiasanyaberwarna coklat tua atau hitam dan memiliki tekstur kenyal. Bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dijadikan bahan pelengkapan masakan.

Jamur hitam (Auricularia polytricha) adalah jamur liar yang dapat dimakan yang ditemukan terutama di Tiongkok. Jamur hitam juga dikenal sebagai jamur kuping. Dikutip dari boldsky.com , jamu hitam memiliki banyak nilai Gizi.

9,25 g protein 0,73 g lemak 73,01 g karbohidrat

70,1 g serat 159 mg kalsium 5,88 mg zat besi

83 mg magnesium 184 mg fosfor 754 mg potasium

35 mg natrium 1,32 mg seng 0,183 mg tembaga

1,951 mg mangan 43,4 mcg selenium Jamur hitam adalah sumber prebiotik yang baik.

Prebiotik yang baik tersebut sejenis serat yang memberi makan bakteri baik di usus. Hal ini dapat membantu bakteri usus menghasilkan nutrisi guna meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga membantu menjaga keteraturan usus. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medicinal Mushroom, makan jamur hitam baik yang mentah maupun yang dimasak dapat bermanfaat dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medicinal Mushrooms, jamur hitam mengandung antioksidan kuat yang dapat menurunkan kolesterol LDL (buruk) secara signifikan. Dalam jangka tertentujuga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jamur hitam dapat melindungi hati dari zat berbahaya tertentu.

Menurut sebuah penelitian, pencampuran bubuk jamur hitam dengan air membantu membalikkan dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis acetaminophen. Jamur hitam harus dimasak dengan benar untuk membunuh bakteri. Dalam sebuahpenelitian menunjukkan bahwa merebusjamur hitam dapat meningkatkan antioksidan.

Tetapi, untuk wanita hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jamur hitam. Bagi wanita hamil bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jamur hitam. Bahan yang diperlukan:

Sedikit ketumbar Siung bawang putih dicincang Cabai Thailand segar dipotong kecil kecil

Sdm cuka hitam Cina Sdm kecap asin Sdm minyak goreng sayur

Daun bawang cincang Sdm biji wijen panggang Sedikit garam

Rendam jamur kering dalam air hangat selama sekitar 30 menit sampai menjadi lunak. Cuci jamurdengan hati hati di air mengalir. Kemudian rebus jamur yang telah direndam selama 1 hingga 2 menit.

Matikan api dan tambahkan irisan bawang di dalamnya. Pindahkan campuran tersebut ke dalam mangkuk berisi air dingin. Buang airnya dan letakkan di atas piring.

Panaskan minyak ke dalam wajan dan tumis semua bahantersebut selama beberapa menit sampai tercium bau sedap. Tambahkan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam wajan yang sudah berisi jamur. Aduk rata dan sajikan.

Berita Terkait

Apa itu Gas Air Mata? Ini Kandungan, Cara Kerja, serta Penanganan Jika Terkena Gas Air Mata

Maya Rosfi'ah

Berikut Penyebab Pengobatan & Cara Pencegahannya Gejala Apa Itu Hepatitis A

Maya Rosfi'ah

Menkes Terawan Janjikan Kenaikan Kualitas Layanan Iuran BPJS Naik

Maya Rosfi'ah

Kripik Kentang Hingga Minuman Soda 11 Daftra Makanan yang Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Maya Rosfi'ah

Iuran BPJS Kesehatan Naik! Berikut Rincian Perubahan Tarif Tiap Kelas Per 1 Januari 2020 Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Efek Merokok pada Kulit dan Rambut: Mengakibatkan Jerawat hingga Penuaan Dini

Maya Rosfi'ah

Gara Gara Vaping, Gadis 18 Tahun Ini Tak Bisa Lagi Bernapas Tanpa Bantuan Alat Medis

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment